Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Lima Kondisi Finansial yang Bisa Bikin Momen Valentine Berantakan

by Ariesta on 12 Februari, 2016

Valentine seharusnya menjadi momen menyenangkan antara kamu dan pasangan. Bagi wanita, bayangannya disertai dengan karangan bunga, dinner romantis, atau ucapan manis. Sedangkan kaum prianya mengharapkan cokelat atau hadiah spesial.

Tapi bagaimana jika momen yang indah tersebut malah bisa jadi hancur berantakan. Malah jadi bertengkar dan akhirnya putus dengan si Dia! Percaya atau tidak, penyebabnya bisa karena kondisi finansial yang tidak memungkinkan. Mau tahu apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Hadiah yang tidak sebanding

Memberi hadiah seharusnya memang tanpa pamrih alias tidak mengharapkan balasan. Memang sebaiknya jangan melihat nilai sebuah hadiah dari harganya. Tapi kalau kamu membelikan pacarmu sebuah jam tangan bermerk sedangkan dia membelikanmu sebuah kemeja seharga Rp 100.000 yang didiskon 50%, pasti dahimu akan berkerut bukan?

Meskipun pada kenyataannya dia sedang bokek, setidaknya di pikiranmu pasti terselip kalau baginya kamu tidak begitu spesial  buatnya. Atau dia memang tidak mau mengeluarkan uang karena pelit. Apapun alasannya, hadiah yang tidak sebanding ini membuat momen Valentine tidak seindah bayangan.

Mengajak patungan saat dinner

Jika saat kencan biasa seperti nonton bioskop, pihak pria sah-sah saja meminta pacarnya untuk patungan. Tapi saat dinner Valentine, rasanya kurang etis kalau pria meminta bill dibayar berdua. Kesan dinner romantis bisa runtuh kala pacarmu menagih uang. Sikap ini jelas bisa membuat kamu yang wanita jadi sebal.

(Baca juga: Jelang Valentine, Empat Bisnis Ini Bisa Hasilkan Banyak Uang)

Minta diraktir saat dinner

Akan tetapi, mengajak patungan masih jauh lebih baik daripada minta dibayarin! Coba bayangkan, sedang asyi-asyiknya makan, tiba-tiba pacarmu bilang kalau dompetnya ketinggalan. Kalau memang pacarmu tipe yang ceroboh dan sering lupa, kamu masih bisa maklum. Tapi kalau alasan pura-pura ketinggalan dompet sudah jadi hobinya, wah siapa yang tidak dibikin kesal.

Gaji habis dipakai bayar cicilan

Wanita pada umumnya lebih peduli dengan momen-momen spesial seperti tanggal anniversary, ulang tahun, Valentine, dan lainnya. Tak jarang, wanita akan memikirkan dan menyediakan hadiah dari jauh-jauh hari.  Uang untuk membeli hadiah pun sudah dianggarkan, berbeda dengan pria yang cenderung cuek.

Sikap cuek ini menjadi bencana ketika gaji bulanan sudah habis dipakai bayar cicilan. Jangankan untuk mengajak dinner romantis, untuk membeli hadiah sederhana saja tidak mampu. Buat para pria, jangan heran kalau pacarmu tiba-tiba ngambek tanpa sebab. Soalnya dia sudah membayangkan momen Valentine spesial, tapi kamu sama sekali tidak memikirkan dia karena nggak punya uang.

(Baca juga: Trik Irit Gunakan Keuntungan Kartu Kredit untuk Rayakan Valentine)

Kartu kredit decline

Restoran, hadiah, bunga, cokelat, semua sudah disiapkan demi membuat si dia senang. Namun ternyata sebuah insiden terjadi. Saat hendak membayar tagihan makan malam, kartu kreditmu decline karena over limit!

Momen ini pastinya sangat memalukan untuk kalian berdua. Apalagi jika kamu tidak mengantongi uang tunai dan tidak membawa kartu debit. Kalau jadinya pacarmu yang terpaksa membayat, siap-siap menghadapi reaksinya yang kecut seharian.

Tentang Penulis