Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Lima Mitos Tentang Kartu Kredit yang Tidak Boleh Kamu Percaya

by Ariesta on 7 Januari, 2016

mitos kartu kredit _ kartu kredit - CekAja.com

Mungkin ada banyak orang yang menyarankan agar kamu memiliki kartu kredit. Tapi sebelum kamu memilikinya, kamu harus berhati-hati memutuskan apakah kamu membutuhkannya atau tidak. Sebagian orang menganggap kartu kredit sebagai benda berbahaya.

Namun faktanya, kartu kredit juga  bisa berguna. Apalagi jika digunakan secara bijak dengan mengetahui keuntungan-keuntungan yang ditawarkan. Tapi jika kamu kurang berhati-hati, kamu bisa jatuh ke dalam jebakannya. Sebelum memutuskan untuk mengajukan kepemilikan kartu kredit, ketahui dulu lima mitos tentang kartu kredit berikut.

“Aku butuh kartu kredit untuk mendapatkan pinjaman”

Kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan membayar tagihan tepat waktu. Kamu dapat memperoleh pinjaman yang cukup untuk memenuhi syarat mencicil rumah dengan membayar cicilan tepat waktu selama beberapa tahun. Namun kamu juga berpeluang menghancurkan riwayat finansialmu sendiri di mata bank jika tidak membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

“Aku butuh kartu kredit untuk berbelanja online”

Selama kamu punya kartu debit, kamu tidak terlalu membutuhkan kartu kredit untuk melakukan transaksi. Apalagi sekarang ini bank sudah memberikan kemudahan transaksi via m-banking atau internet banking. Faktanya, kartu debitmu bisa melakukan hal-hal yang juga dilakukan oleh kartu kredit. Meskipun berbagai keperluan booking hotel lebih mudah dilakukan dengan kartu kredit, kamu bisa meminjam kartu kredit milik teman atau kerabat dan membayar dengan tunai jika hanya menggunakannya sesekali.

(Baca juga: Mau Ganti Kartu Kredit? Pertimbangkan Dulu Empat Hal Ini)

“Aku butuh kartu kredit untuk emergensi”

Simpanan emergensimu paling tidak harus setara dengan tiga sampai enam bulan biaya hidup sehari-hari. Uang ini akan membantumu bertahan saat tiba-tiba terkena musibah atau kehilangan pekerjaan. Menggunakan kartu kredit untuk dana darurat sama saja menumpuk utang dan membuat keadaanmu makin sulit.

“Aku butuh kartu kredit untuk berhemat saat berbelanja”

Memang banyak merchant yang menawarkan diskon jika berbelanja dengan kartu kredit. Namun sebenarnya merchant tidak menawarkan diskon tanpa alasan. Mereka menawarkan diskon karena tahu banyak orang akan menunda pembayaran setiap bulan. Pada akhirnya diskon yang semestinya didapat hampir sama dengan bunga cicilan yang dibayar.

(Baca juga: Begini Caranya ‘Menjinakkan’ Tagihan Kartu Kreditmu)

“Aku membutuhkan kartu kredit untuk mendapatkan reward”

Ini merupakan permainan berbahaya. Jika kamu cukup bertanggung jawab dengan membayar tagihan penuh setiap bulan, kamu memang berkesempatan mendapatkan reward. Penting untuk diingat bahwa perusahaan kartu kredit menawarkan reward karena mereka menyadari kebanyakan orang tidak akan melunasi kartu kredit mereka secara penuh sebelum jatuh tempo. Semangat mengumpulkan reward bisa membuat kamu ingin belanja terus menerus dan berujung pada utang.

Tapi jangan khawatir, kalau gaya hidupmu memang tidak bisa dipisahkan dari kartu kredit, kamu sangat dianjurkan memilikinya demi kemudahan hidupmu. Ingin tahu kartu kredit apa yang cocok untukmu? Ajukan di sini.

Tentang Penulis