Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Lima Negara yang Sebaiknya Gak Dikunjungi Awal 2020

by Miftahul Khoer on 9 Januari, 2020

Banyak negara sedang mengalami situasi politik dan keamanan yang tidak menentu, bahkan menjurus pada situasi berbahaya bagi keamanan.

cara membuat paspor

Pada awal tahun 2020 ini beragam berita mengenai panasnya situasi akibat konflik di berbagai penjuru dunia sedang hangat dan ramai diperbincangkan. Berikut ini adalah negara-negara yang sebaiknya tidak dikunjungi dulu untuk sementara waktu demi menjaga keamanan dan keselamatan diri:

Iran dan Irak - Lima Negara yang Sebaiknya Gak Dikunjungi Awal 2020
source: koranyogya.com

Iran saat ini sedang ramai diperbincangkan setelah Jenderal tertinggi Qassem Soleimani dibunuh menggunakan bom dari drone yang dilakukan pasukan Amerika Serikat (AS) atas komando Presiden Donald Trump.

Negara tersebut sudah melakukan serangan balasan terhadap pangkalan militer AS di Irak yang berdasarkan laporan televisi negara tersebut telah menewaskan sedikitnya 80 tentara.

Sementara Irak juga sedang dalam kondisi rawan karena pembunuhan Jenderal Iran oleh AS dilakukan di negara tersebut. Iran juga telah melancarkan serangan terhadap pasukan AS yang berada di Irak. Bahkan tidak menutup kemungkinan negara tersebut akan menjadi medan pertempuran antara Iran dan AS.

Amerika Serikat - Lima Negara yang Sebaiknya Gak Dikunjungi Awal 2020
source: his-travel.co.id

Ada baiknya untuk menghindari untuk berkunjung ke AS dalam waktu dekat ini karena kondisi keamanan yang tidak stabil akibat konflik yang dipicu AS yang telah membunuh Jenderal tertinggi Iran.

Bahkan saat ini ramai mengemuka opini akan terjadi perang dunia ketiga dan AS juga bisa menjadi sasaran serang dari Iran untuk menuntut balas atas kematian jenderalnya tersebut.

Aksi untuk rasa masyarakat yang menentang aksi Presiden Trump terhadap Iran juga sedang marak terjadi yang mengharapkan agar tidak ada bentrokan bersenjata ataupun perang antara kedua negara.

Kolombia - Lima Negara yang Sebaiknya Gak Dikunjungi Awal 2020
source: kuoni.co.uk

Kolombia juga menjadi salah satu negara yang tidak ramah untuk dikunjungi, terlebih lagi untuk berwisata.

Di negara yang terletak di kawasan Amerika Latin itu ada gerombolan bersenjata yang sangat meresahkan keamanan dan kenyamanan masyarakatnya, termasuk juga para pendatang.

(Baca juga: Koper Traveling Termahal Untuk Keliling Dunia)

Penculikan, perampokan, dan perdagangan narkoba serta tindak pidana lain menjadi hal yang lazim terjadi di kota-kota besar seperti Bogota.

  • Venezuela
Venezuela - Lima Negara yang Sebaiknya Gak Dikunjungi Awal 2020
source: orangesmile.com

Negara telenovela asal banyak wanita cantik karena sering memenangi ajang kontes ratu sejagad tersebut memang memiliki keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi.

Namun, kondisi kemanan di negara tersebut sedang tidak stabil setelah Presiden Nicolas Maduro digulingkan oleh tokoh oposisi Juan Guaido yang mengaku mendapat dukungan militer untuk penggulingan kekuasaan tersebut.

Aksi ambil alih kekuasaan tersebut terjadi setelah sebelumnya terjadi krisis ekonomi di Venezuela yang menyebabkan tingginya inflasi sehingga harga-harga barang kebutuhan termasuk makanan pokok menjadi naik tidak terkendali dan tidak terjangkau masyarakat.

Demonstrasi juga marak terjadi di negara tersebut yang juga sedang mengalami kekurangan pasokan makanan, air, listrik, dan kebutuhan pokok lainnya sehingga aksi kriminalitas menjadi marak terjadi.

  • Hong Kong
Hong Kong - Lima Negara yang Sebaiknya Gak Dikunjungi Awal 2020
source: nomadicmatt.com

Hong Kong diguncang demonstrasi besar-besaran pada pertengahan tahun 2019 yang berkepanjangan hingga penghujung tahun dan bahkan situasi pada saat ini juga belum kunjung kondusif.

Demonstrasi yang terjadi di wilayah yang merupakan bagian dari Republik Rakyat China tersebut disebabkan oleh Pemimpin Eksekutif Hong Kong Carrie Lim memperkenalkan rancangan undang-undang (RUU) tentang ekstradisi yang akan memberikan kuasa pada Hong Kong untuk menahan orang yang berada di sana baik warga negara setempat ataupun asing untuk kemudian dikirim dan diadili di China.

Masyarakat Hong Kong menganggap RUU tersebut sebagai masalah besar karena akan membatasi kebebasan berpendapat yang selama ini menjadi pembeda antara Hong Kong dengan China.

Meskipun kini pembahasan mengenai RUU ekstradisi tersebut telah dibatalkan, namun demonstrasi masyarakat masih terus berlangsung karena pembatalan dianggap terlambat dan dilakukan pada saat situasi sudah semakin memanas. Masyarakat menganggap Carrie Lim bertindak di bawah perintah dari Beijing.

(Baca juga: Hobi Traveling, Tapi Banyak Milenial Belum Tahu Manfaat Asuransi Perjalanan)

Bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia meskipun juga memiliki masalah dan dinamika yang berbeda, namun kondisi situasi keamanan khususnya di sejumlah kota besar masih relatif terkendali.

Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak sekali destinasi wisata baik berbasiskan wisata alam, kuliner, budaya, hingga wisata religi sehingga pada saat kondisi keamanan global sedang memanas, kita masih bisa berlibur di dalam negeri dengan aman.

Kemana pun kamu akan bepergian, jangan lupa untuk lindungi diri dan keluarga dengan asuransi perjalan yang bisa kamu pilih lewat CekAja.com ya.

Widget TRV Insurance

 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.