Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Lima Negara yang Terkenal Ramah Wisata Halal

by Miftahul Khoer on 29 November, 2019

Bagi masyarakat yang beragama muslim saat berjalan-jalan ke luar negeri, pasti akan sangat memperhatikan makanan yang akan disantap terkait kehalalannya. Selain itu, kemudahan untuk mencari tempat ibadah juga menjadi salah satu pertimbangan utama.

kaya berkat traveling - CekAja.com

Tidak seperti Indonesia, banyak negara-negara pemilik objek wisata yang indah tetapi tidak cukup menyediakan tempat ibadah bagi pemeluk agama Islam.

Namun ternyata, saat ini sudah banyak negara-negara nonmuslim yang perhatian dengan pengembangan wisata halal, baik dari sisi makanan ataupun ketersediaan tempat ibadah. Tujuannya demi menarik minat kunjungan traveler muslim dari seluruh dunia, terutama dari negara-negara muslim terbesar seperti Indonesia, Malaysia, dan juga Timur Tengah.

Berikut ini beberapa negara nonmuslim yang ramah untuk dikunjungi oleh traveler muslim:

1. Jepang

Jepang - Lima Negara yang Terkenal Ramah Wisata Halal

Negeri Matahari Terbit, tengah digemari untuk dikunjungi oleh banyak wisatawan, tidak terkecuali umat muslim. Saat ini, Jepang juga semakin ramah untuk wisatawan muslim karena pemerintahnya terus berupaya untuk bisa menarik kunjungan wisatawan muslim dari seluruh dunia. 

Saat ini di Jepang, setidaknya ada lebih dari 60 masjid antara lain Masjid Camii Tokyo yang menjadi tempat pernikahan Syahrini dan Rheino Barrack. Masjid ini dibangun tahun 1930 dan menjadi salah satu dari masjid tertua di Jepang bersama Masjid Nagoya tahun 1931 dan Masjid Kobe tahun 1935.

(Baca juga: Rekomendasi Wisata Halal di Jepang, Ada Masjid Camii Tempat ‘Syahreino’ Menikah)

Selain itu, di bandara-bandara utama juga sudah tersedia area salat dengan tanda dan fasilitas yang memadai. Di kamar-kamar hotel juga sudah tersedia penanda arah kiblat. Dengan adanya fasilitas ibadah yang memadai membuat Jepang semakin ramah untuk dikunjungi wisatawan muslim.

Dalam mencari makan pun wisatawan muslim kini bisa dengan mudah menemukan makanan halal karena banyak restoran yang bersertifikat halal. Kota yang menjadi destinasi utama untuk wisata muslim antara lain Tokyo, Kobe, Kyoto, dan Osaka.

2. Thailand

Thailand - Lima Negara yang Terkenal Ramah Wisata Halal

Thailand semakin gencar mengembangkan wisata yang ramah untuk muslim dan menjual lebih banyak produknya ke pemeluk agama Islam. Negara berpenduduk mayoritas Buddha tersebut memiliki salah satu destinasi halal terkenal yakni hotel bintang lima Al Meroz di Bangkok yang sangat diminati wisatawan muslim dunia karena memiliki dekorasi Islami.

Hotel ini juga tidak menjual alkohol dan juga ada alokasi waktu tertentu untuk penggunaan kolam renang dan gym bagi tamu pria dan wanita. Selain hotel tersebut, Thailand juga memiliki 160 produk berlabel halal selama 15 tahun terakhir.

3. Jerman

Jerman - Lima Negara yang Terkenal Ramah Wisata Halal

Jerman merupakan salah satu negara Eropa yang terbuka dengan keberagaman termasuk bagi umat Islam. Di Jerman juga terdapat banyak masjid, kuliner halal, dan keindahan kota sebagai magnet bagi wisatawan muslim untuk berkunjung.

Saat ini, Jerman juga memiliki 206 masjid dan sekitar 2.600 rumah ibadah untuk muslim, salah satunya Zentralmoschee Köln atau Masjid Raya Cologne di negara bagian Nordrhein-Westfalen.

Jerman juga memiliki berbagai jenis restoran halal ala Timur Tengah dan Asia Selatan serta restoran khusus vegetarian. Tiga kota di Jerman yang paling ramah bagi muslim adalah Düsseldorf, Bad Godesberg, dan Munich.

4. Perancis

Perancis - Lima Negara yang Terkenal Ramah Wisata Halal

Perancis menjadi tujuan utama bagi wisatawan muslim dengan berada di urutan keenam dari 130 tujuan wisata muslim paling populer.

Perancis memiliki hubungan sejarah yang panjang dengan Islam dan telah menjadi tempat tinggal bagi masyarakat multikultural dengan jumlah komunitas Muslim yang terbesar di Eropa antara lain Belleville, Goutte-d’Or, Champigny, dan Nanterre.

(Baca juga: INTERVIEW: Wisata Halal dan Ragam Jurus untuk Menarik Turis Indonesia ke Jepang)

Perancis memiliki masjid tertua yakni Masjid Grande Paris yang dibangun setelah perang dunia pertama dan mulai dibangun tahun 1922 hingga 15 Juli 1926 untuk menghormati 100 ribu pejuang Muslim yang gugur untuk Perancis.

5. Inggris

Inggris - Lima Negara yang Terkenal Ramah Wisata Halal

Inggris adalah salah satu negara yang menggalakkan pengembangan wisata halal dengan slogan ‘Visit My Mosque’ untuk menarik minat wisatawan muslim dari berbagai negara.

Pemerintah Inggris juga telah melakukan perbaikan dan perluasan arena sejumlah masjid yang ada. Sejak 1990 hingga saat ini telah ada 452 masjid di negara tersebut.

Selain itu, wisatawan muslim juga bisa dengan mudah menemukan makanan halal dan restoran dengan sertifikasi halal di setiap sudut kota sehingga semakin menarik untuk dikunjungi.

Dari kelima negara tersebut, manakah yang kamu ingin kunjungi? Jangan lupa lindungi diri dan keluarga tersayang dengan asuransi perjalanan sebelum bepergian ya.

Gunakan juga kartu kredit PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, untuk memesan hotel dan tiket pesawat demi mendapatkan tarif promo yang murah. Cari, bandingkan, dan ajukan kartu kredit BRI sesuai kebutuhan kamu lewat CekAja.com sekarang juga! 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.