Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Lima Pebisnis Sukses yang Berawal dari Usaha Kecil

by Ariesta on 18 September, 2016

Jeff Bezos_investasi - CekAja.com

Bagi banyak orang, sukses tidak bisa diraih dalam semalam. Butuh kerja keras dan kesungguhan untuk menjadi orang berhasil. Begitu juga dengan sederetan tokoh berikut ini.

Mereka memulai dari usaha kecil, namun kini bisnisnya berkembang dan menjadikan mereka kaya raya. Yuk, petik pelajaran dari lima pebisnis sukses berikut.

Reza Nurhilman

reza-nurhilman-pengusaha-keripik-maicih

Pada tahun 2008, Reza Nurhilman diajak oleh seorang temannya ke daerah Cimahi dan mencicipi keripik buatan seorang nenek. Saat itu keripik pedas memang banyak ditemui di warung-warung dengan harga murah. Lewat perkenalannya dengan sang nenek, Reza mendapat ide berbisnis keripik. Lahirlah keripik Maicih yang memiliki level pedas dari 1-10.

Di puncak kesuksesan bisnisnya, ia bisa memproduksi 2.000 bungkus keripik dan selalu habis. Ia yang berasal dari keluarga kurang mampu tak menyangka jika bisnisnya bakal sesukses ini. Bagaimana tidak, dalam sehari saja dia bisa menghasilkan Rp22 juta dan dalam sebulan bisa mencapai Rp7 miliar. Berawal dari usaha kecil, Reza yang akrab disapa Axl ini sudah mengantongi uang miliaran saat masih berusia 20-an. (Baca juga: Mengenal Jenis Kredit Pinjaman UKM Sebagai Modal Usaha)

Richard Branson

sir-richard-branson

Branson mulai tertarik dengan bisnis sejak remaja. Di usia 16 tahun, dia membuat majalah lokal. Tak disangka, majalahnya disukai banyak orang. Dia kemudian mencoba mendirikan toko Virgin Records (yang kemudian berubah nama menjadi Virgin Megastores) di tahun 1972. Nama Virgin merupakan saran salah satu karyawan Branson karena pada saat itu mereka benar-benar amatir di bidang bisnis.

Setelah mendapat banyak uang, ia lalu melebarkan sayap ke perusahaan rekaman yang dinamai Virgin Records. Bisnis tersebut mendulang sukses sehingga Branson mencoba peruntungannya dengan mendirikan Virgin Atlantic, sebuah perusahaan penerbangan. Pria asal Inggris ini menjadi miliarder di usia 41 tahun dengan kekayaan yang kini mencapai US$4,9 miliar.

Chairul Tanjung

Indonesia's Para Group Chairman Chairul Tanjung speaks during Forbes Global CEO Conference in Kuala Lumpur September 13, 2011. REUTERS/Bazuki Muhammad (MALAYSIA - Tags: BUSINESS SOCIETY WEALTH)

Nama Chairul Tanjung pasti tidak asing lagi. Sejak kecil, hidupnya susah karena usaha ayahnya bangkrut. Untuk menyambung hidup, keluarganya pun menjual rumah dan pindah ke daerah Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. Naluri bisnisnya mulai terasah saat dia membuka usaha foto kopi di bawah tangga kampus UI.

Saat itu CT memang berhasil masuk ke Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Namun orangtuanya kesulitan membayar uang kuliah. Untuk mengakali kekurangan biaya, CT juga berjualan buku kuliah stensilan dan kaos. Dia juga pernah mendirikan toko peralatan kedokteran namun bangkrut. Kini perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources.

Bob Sadino

bob-sadino-sunaryo-haryo-bayu

Bob Sadino memang berasal dari keluarga kaya. Tapi dia juga pernah mengalami jatuh bangun. Bob pernah menjadi kuli bangunan dengan upah harian Rp100. Saat sedang depresi itulah salah seorang temannya menyarankan bisnis telur ayam negeri. Saat itu, telur ayam kampung memang mendominasi pasar di Indonesia. Masyarakat Indonesia belum tahu tentang telur ayam negeri.

Pria kelahiran 1933 ini kemudian menjajakan telur ayam negeri dari rumah ke rumah. Karena telur ayam negeri belum populer, pembelinya kebanyakan ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, serta beberapa orang Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri. Berawal dari  bisnis telur, usaha Bob berkembang menjadi peternakan dan supermarket makanan organik bernama Kemchick.

Jeff Bezos

Jeff Bezos, chief executive officer of Amazon.com Inc., introduces the Kindle Fire HD tablets at a news conference in Santa Monica, California, U.S., on Thursday, Sept. 6, 2012. Amazon.com Inc. is updating its line of Kindle e-readers and tablets in a bid to stoke consumer demand as Google Inc. and Microsoft Corp. join the crowded market of machines challenging Apple Inc.?s iPad. Photographer: Patrick Fallon/Bloomberg via Getty Images

Bezos memulai bisnisnya dari sebuah garasi. Bersama beberapa karyawan, dia mulai mengembangkan perangkat lunak. Mereka memperluas operasinya ke sebuah rumah dua kamar tidur sampai lahirnya Amazon.com pada 16 Juli 1995. (Baca juga: Mengintip 4 Peluang Usaha Terbaru Beromzet Ratusan Juta Rupiah)

Tak disangkan startup yang dibangunnya cepat meraih sukses. Tanpa promosi, Amazon berhasil menjual buku ke seluruh Amerika dan 45 negara berbeda hanya dalam 30 hari peluncuran. Dua bulan kemudian, Amazon meraih keuntungan US$20.000 hanya dalam seminggu. Kini Amazon.com yang dimulai di garasi dikenal sebagai e-commerce terbesar di Amerika. Pada awal tahun 2016, Bezos memiliki kekayaan yang diestimasi lebih dari US$ 59,2 miliar dan menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

Tertarik menjadi pengusaha seperti para miliarder di atas? Ajukan pinjaman segala kebutuhan untuk mendanai usahamu di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami