Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Lima Tempat Wisata Lebaran Paling Padat di Jakarta

by Ariesta on 6 Juli, 2016

Saat libur lebaran, jalanan di Jakarta memang cenderung sepi karena mobil-mobil pribadi beralih memadati tol-tol luar kota untuk mudik.

Tapi sesungguhnya Jakarta tidak pernah sepi, karena kepadatan jalanan ibu kota berpindah ke berbagai tempat wisata. Ya, seperti sebuah tradisi, di hari Lebaran penduduk asli Jakarta atau mereka yang tidak mudik akan membawa buah hati mereka rekreasi.

Jakarta sebagai ibu kota Republik Indonesia menawarkan banyak sekali wahana outdoor maupun indoor yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Namun lima tempat wisata berikut yang terbilang paling padat saat libur lebaran.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Ancol-1

Taman rekreasi yang memiliki luas wilayah 80 hektar mencakup garis pantai ini bisa dibilang sebagai taman rekreasi terbesar di Indonesia. Pengunjung dikenakan Rp25.000/orang untuk masuk pintu gerbang, dan ada tambahan Rp20.000 jika membawa mobil serta Rp15.000 untuk motor.

Tiket tersebut dapat digunakan untuk main di wilayah pantai. Sedangkan untuk memasuki wahana lainnya kamu diharuskan merogoh kocek cukup mahal karena hari libur.

(Baca juga: 4 Waterpark yang Harus Dikunjungi Saat Liburan Long Weekend)

Tiket masuk Dufan dihargai Rp450.000, Ocean Dream Samudera Rp160.000, Atlantis Water Adventure Rp160.000, SeaWorld Rp160.000, dan Eco Park tergantung dari wahana yang dinaiki.

2. Monumen Nasional (Monas)

MonaS

Sebagai ikon Kota Jakarta, Monas memang pasti dipadati turis saat  musim libur lebaran. Dengan tinggi 132 meter, Monas didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Belanda.

Monumen kebanggaan warga Jakarta ini  dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan yang diarsiteki oleh Friedrich Silaban dan R.M. Soedarsono. Puncaknya dilapisi emas murni sedangkan badannya dibangun dari marmer Italia.

(Baca juga: 5 Aplikasi Android yang Harus Kamu Install Kalau Ingin Mudik Tahun 2016)

Di bagian dasar terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia yang berisi diorama perjalanan Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Tiketnya cukup terjangkau yakni Rp20.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk menuju melihat pemandangan Jakarta di puncak dikenakan biaya tambahan Rp7.500 untuk dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak.

3. Taman Margasatwa Ragunan

ragunan

Destinasi selanjutnya yang selalu ramai dikunjungi selama libur lebaran adalah kebun binatang Ragunan. Kebun binatang yang berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini mengoleksi sekitar 295 spesies dan 4.040 spesimen.

Di sini kamu bisa melihat hewan endemik negara lain seperti gorila Afrika dan hewan dilindungi lainnya seperti orangutan, tapir Sumatera, dan komodo. Salah satu kekhasan kebun binatang Rahunan adalah Pusat Primata Schmutzer yang bertujuan sebagai pusat penelitian dan pendidikan.

(Baca juga: Tips Nyaman Buat Perjalanan Mudik Jarak Jauh Gunakan Mobil Sendiri)

Tiket masuk Ragunan sangat terjangkau, yakni Rp4.000 untuk orang dewas dan Rp3.000 untuk anak-anak. Kamu bisa berkeliling naik wahana dan satwa, seperti kuda tunggang, onta tunggang, kereta keliling, sepeda ganda, hingga menonton pentas satwa. Tetapi tentu saja untuk menikmatinya dikenai biaya tambahan.

4. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII

Keliling Indonesia dalam satu hari memang cocok sebagai motto Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Destinasi wisata yang berada di Jakarta Timur ini memang menyajikan Indonesia dalam bentuk mini. Dibangun di area seluas 150 hektar, pengunjung diajak keliling Indonesia lewat anjungan rumah-rumah daerah yang berisi serba-serbi kebudayaan setiap provinsi di Indonesia.

Di kompleks TMII juga terdapat berbagai museum yang syarat akan edukasi seperti Museum Indonesia, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Telekomunikasi, Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia, Pusat Peragaan IPTEK, dan  Museum Minyak dan Gas Bumi (GAWITRA), dan lain-lain.

Nikmati juga sensasi menonton dengan teknologi canggih di teater IMAX Keong Emas. Mau seru-seruan di wahana air? Kamu bisa mengunjungi Water Park Snow Bay yang berada di dalam kawasan ini.

Tiket masuk TMII hanya Rp10.000/orang. Namun untuk menaiki setiap wahana dan memasuki museum akan dikenai biaya tambahan.

5. Kota Tua Jakarta

KOTA TUA

Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia adalah sebuah wilayah seluas 1,3 kilometer yang dulunya merupakan pusat pemerintahan Batavia. Tahun 1972, Gubernur Jakarta, Ali Sadikin mengeluarkan dekrit yang resmi menjadikan Kota Tua sebagai situs warisan. Keputusan gubernur ini ditujukan untuk melindungi sejarah arsitektur kota atau setidaknya bangunan yang masih tersisa di sana.

Meski dekrit Gubernur dikeluarkan, Kota Tua tetap terabaikan. Bahkan hingga kini banyak bangunan yang runtuh tidak terawat. Kabarnya kondisi tersebut akibat kepemilikan bangunan yang tidak jelas.

(Baca juga: Tempat Wisata Murah di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi)

Meski demikian Kota Tua tetap ramai dikunjungi, terutama bagi pengunjung yang ingin merasakan nuansa tempo dulu. Selain bisa memasuki bangunan antik yang kini sudah dijadikan museum, kamu juga bisa mencicipi jajanan khas Jakarta seperti kerak telor dan es selendang mayang.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami