Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Lima Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas Tiba!

by Gito on 10 Desember, 2019

Tanggal 12 Desember 2019, bakal kembali digelar Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Saat yang ditunggu-tunggu oleh para shopaholic itu akan dibanjiri oleh banyak promo menarik dari berbagai e-commerce dan marketplace.

Sehingga tak aneh jika setiap tahunnya jumlah transaksi dalam Harbolnas selalu melambung signifikan. Untuk tahun ini, target total transaksi dipatok di angka Rp7,8 triliun.

Jumlah itu meningkat 14,70% dari target tahun lalu sebesar Rp6,8 triliun. Gelaran yang diprakarsai oleh Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) itu bakal diramaikan oleh 300 peserta atau toko online. Produk yang dijual juga sangat beragam, mulai dari fashion branded, otomotif, produk kesehatan, produk kecantikan, gadget dan banyak lagi yang bisa membuat kamu tergiur.

 Melalui Harbolnas juga, penjualan produk lokal mengalami lonjakan yang signifikan. Mengacu pada data Lembaga riset AC Nielsen, sekitar 46% barang yang terjual selama Harbolnas merupakan produk lokal.

Untuk mendapatkan produk lokal dengan harga terbaik, idEA menyediakan slot khusus, yakni pada tanggal 11 Desember 2019. Di situ kamu bisa menemukan ragam produk dalam negeri beserta hasil bumi dan produk-produk pertanian juga perikanan.

Sabar dulu, sebelum mulai berbelanja, bekali dulu pengetahuanmu. Jangan sampai gegara nafsu tinggi, tetapi ternyata diskon yang kamu dapatkan abal-abal. idEA sendiri juga sudah memperketat pengawasan untuk para peserta.

(Baca juga: Sambut Harbolnas 12.12 di CekAja.com)

Nah, berikut lima tips hemat untuk kamu yang ingin belanja murah meriah saat Harbolnas. Simak yuk!

1. Manfaatkan poin reward kartu kredit

Kamu yang hobi belanja menggunakan kartu kredit pasti sudah memiliki poin reward yang menumpuk. Nah ini kesempatan buat kamu untuk menukarkan poin tersebut menjadi voucher diskon tambahan.

Ya, selama kamu belanja menggunakan kartu kredit, biasanya untuk nominal Rp50 ribu keatas, kamu mendapatkan poin reward. Nah poin tersebut jika semakin banyak dikumpulkan, maka semakin besar pula voucher diskon yang bisa kamu gunakan. Jadi lebih murah di hari yang paling murah.

2. Gunakan kupon diskon

Setiap platform e-commerce biasanya menyediakan kupon diskon untuk menarik pelanggannya. Kamu harus memasukkan kupon tersebut saat melakukan transaksi.

Diskon harga yang bisa diberikan oleh perusahaan e-commerce saat Harbolnas mencapai 90%. Dengan adanya kupon diskon dan juga poin reward belanja kamu dijamin menjadi lebih hemat.

Kupon diskon tersebut umumnya berupa kode dalam beberapa huruf, kamu bisa masukkan kode tersebut ketika check out pada kolom “voucher”, baru lakukan pembayaran dengan metode yang kamu inginkan.

3. Beli di satu seller untuk hemat ongkir

Jika kamu sudah menemukan barang incaran di satu toko, cari juga barang lain yang kamu inginkan di toko yang sama. Hal itu perlu dilakukan agar kamu bisa mendapatkan ongkos kirim yang lebih murah.

Karena jika kamu membeli barang yang tersebar di beberapa toko, maka kamu harus menanggung ongkos kirim dari setiap toko yang kamu masuki.  

4. Berburu tengah malam

Untuk mendapatkan penawaran harga terbaik, kamu bisa memulainya saat promo pertama kali diluncurkan. Yakni saat tanggal 12 Desember, dini hari.

Biasanya saat itu flash deal atau flash sale baru saja dibuka. Kamu tentu tidak mau melewatkan penawaran menarik untuk barang kesukaan kamu kan? Biasanya barang yang masuk flash deal adalah barang elektronik atau gadget dengan jumlah terbatas. Jadi jangan sampai kehabisan!

5. Lihat reputasi toko

Hal ini perlu kamu lakukan saat pertama kali akan berbelanja. Perhatikan rating dan juga review dari toko tersebut. Maklum, meskipun sistem keamanan dari penyelenggara Harbolnas juga sudaha tergolong canggih, tetapi kamu tetap perlu melakukan langkah preventif agar kamu tidak kecewa.

(Baca juga: Hal-Hal Tentang Harbolnas yang Perlu Anda Tahu)

Ulasan yang jujur dari pembeli serta tinggi rendahnya rating pada toko tersebut, otomatis akan membantu kamu membuat keputusan untuk membeli barang tersebut atau tidak. Hindari toko yang sudah lama tidak aktif, karena akan sedikit diragukan keberadaannya sekarang.

Bagaimanapun, yang terpenting adalah kamu bisa mengendalikan nafsu belanja mu. Pilih barang yang memang sesuai dengan kebutuhan, jangan hanya tergiur karena harganya yang miring tetapi ternyata tidak berguna untukmu.

Kalau belum punya kartu kredit untuk belanja jangan sedih. Kamu bisa akses CekAja.com dan temukan produk kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu di Harbolnas tahun ini.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit