Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Lima Tips Menggunakan Kartu Kredit untuk Membiayai Pernikahan

by Ariesta on 19 Oktober, 2016

Memiliki kartu kredit masih menakutkan bagi sebagian orang karena kekhawatiran terjerat utang. Namun jika kamu bijak dan paham cara menggunakannya, kartu kredit bisa sangat membantu dalam persoalan finansial. Termasuk saat kamu kurang dana untuk membeli perlengkapan pernikahan.

Namun agar tidak jadi beban di kemudian hari, kamu harus tahu rambu-rambu dalam menggunakan kartu kredit untuk biaya pernikahan. Berikut tipsnya.

Jangan gunakan untuk transaksi besar

Meksipun kamu punya kartu kredit Platinum yang limitnya puluhan juta, sebaiknya jangan digunakan untuk membayar gedung. Jika biaya sewa gedung mencapai Rp10 juta-Rp30 juta, bayangkan berapa bunga yang harus kamu tanggung jika terlambat melunasi. Begitu juga dengan katering yang biasanya memakan biaya paling besar dari anggaran.

Tidak masalah menggunakan kartu kredit untuk membayar uang muka, misalnya Rp5 juta. Tapi sebaiknya kamu memang sudah menyiapkan dana untuk membayar pelunasannya. Hal ini agar pengeluaran tetap sesuai dengan kemampuan dan bujet.

(Baca juga: Cara Kreatif Kumpulkan Uang Bersama Pasangan untuk Biaya Pernikahan)

Bisa digunakan untuk membeli cincin pernikahan

Sebenarnya, kalau tidak sanggup menyewa gedung kamu bisa menyelenggarakan pesta pernikahan di rumah. Atau, kalau masih tetap ingin di gedung, masih banyak lho gedung murah yang pembayarannya bisa langsung kamu lunasi. Namun kesibukan memilih gedung dan vendor seringkali membuat calon pengantin melupakan hal yang tergolong penting yakni menyiapkan cincin pernikahan!

Tidak salah menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan satu ini. Cek apakah kartu kreditmu bekerja sama dengan toko perhiasan untuk mendapatkan cicilan 0% atau bahkan diskon. Kunjungi juga pameran pernikahan karena biasanya di sana vendor perhiasan menggelar pameran dengan dengan kerja sama dengan bank. Tips paling penting, jangan memaksakan membeli emas atau paladium kalau bujet kurang. Cincin perak juga tidak kalah cantik kok.

Gunakan diskon dan promo kartu kredit

Tidak hanya toko perhiasan yang sering bekerja sama dengan penerbit kartu kredit. Desainer, dan gedung (terutama yang berada di hotel) pun sering memberikan keistimewaan bagi pemilik kartu kredit tertentu.

Untuk seserahan seperti pakaian, sepatu, makeup, dan perawatan tubuh, tinggal cek brand mana yang memberikan diskon untuk kartu kredit yang kamu miliki. Dibandingkan membayar tunai, justru menggunakan kartu kredit untuk keperluan ini bisa membuatmu hemat lebih banyak.

Manfaatkan reward untuk tiket pesawat dan hotel bulan madu 

Setelah lelah mengurus pesta pernikahan, momen bulan madu adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh pengantin baru. Jangan sampai kamu gagal bulan madu karena semua dana sudah dihabiskan untuk pesta pernikahan. Kamu dan pasangan bisa tetap bulan madu dengan menukar poin reward kartu kredit dengan airmiles untuk mendapatkan tiket pesawat gratis.

Kalau tidak punya jatah cuti untuk berlibur ke tempat yang jauh, menginap di hotel-hotel terdekat di kotamu bisa jadi alternatif. Jangan lupa cek hotel apa saja yang menawarkan diskon khusus bagi pengguna kartu kredit.

Pastikan kamu membayar tagihan

Terakhir dan paling penting, jangan lupa membayar tagihan. Dengan menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi, berarti kamu sudah mengerti bahwa ada biaya-biaya lain yang harus dibayar seperti uang materai, asuransi utang, dan tentu saja bunga.

(Baca juga: Tips Memilih Vendor Pernikahan untuk Wujudkan Pernikahan Impian)

Oleh karenanya, buat target pelunasan sehingga kamu bisa menghitung perkiraan bunga yang harus dibayar. Usahakan untuk melunasi tagihan tidak lebih dari enam bulan. Ingat kebutuhan kamu ke depan masih banyak seperti membeli rumah atau kendaraan impian sebagai penganti baru bisa tetap terwujud tanpa diganggu oleh utang lain.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja bahkan cashback hingga 25% setiap transaksi? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis