Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Lima Tips Pakai Kartu Kredit Bebas Utang

by hanna on 26 Oktober, 2015

Anda mungkin sudah tahu, fungsi kartu kartu kredit adalah memudahkan setiap transaksi pembayaran.

Hanya serahkan kartu dengan limit yang cukup untuk melakukan pembayaran, maka barang belanjaan pun langsung bisa dibawa pulang.

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda wajib selalu ingat bahwa ada bunga di setiap tagihan yang tidak bisa dibayarkan.

Karena itu, jangan hanya terlena kemudahannya, Anda akhirnya mengukir selembar tagihan kartu kredit yang membengkak, tidak bisa dibayar dengan penuh, dan bunga menjadi teman setiap tagihan yang datang.

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalaminya, maka satu-satunya jalan adalah membuat rencana selesaikan utang kartu kredit tersebut.

Bagi yang belum, berikut adalah beberapa cara agar Anda bisa menggunakan kartu kredit tapi bebas bunga? Berikut adalah caranya:

Besarnya limit adalah besarnya utang

Ketika menggunakan kartu kredit, Anda seperti dipinjamkan uang sejumlah nilai pembelanjaan Anda oleh penerbit kartu. Anda wajib selalu ingat itu. Jadi, berapapun besarnya limit yang Anda miliki, maka jumlah tersebut adalah utang yang mesti dibayar ketika Anda memakainya.

Bayar meski sekadar biaya materai

Ada sebuah cerita bahwa seseorang harus masuk dalam daftar kreditur yang menunggak ketika diperiksa di BI checking, hanya karena tunggakan sejumlah biaya materai yang tidak terbayarkan pada tagihan kartu kreditnya.

Tidak mesti dibuktikan kebenaran cerita tersebut. Namun, sudah tidak bisa ditawar lagi, setiap tagihan yang datang pada kartu kredit Anda wajib dibayarkan hingga lunas.

Walaupun tagihan tersebut merupakan cicilan kecil atau sekadar biaya materai.

(Baca juga: Lima Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Terbebas dari Utang)

Limit bukan uang tambahan

Berapa limit kartu kredit yang Anda miliki saat ini? Rp3 juta, Rp5 juta, Rp10 juta, atau bahkan lebih dari Rp80 juta?

Apakah limit itu harus selalu dibelanjakan dan dihabiskan setiap bulannya? Jawabannya adalah tidak.

Lagi-lagi, fungsi kartu kredit adalah alat bantu pembayaran, agar Anda tidak perlu membawa uang tunai.

Jadi, jangan menganggap kartu kredit adalah sejumlah uang tambahan yang bisa dipakai tanpa ada perencanaan.

(Baca juga: 5 Tips Agar Bebas Jeratan Utang Saat Kredit Rumah)

Ingat tanggal jatuh tempo

Poin ini terkait dengan usaha pelunasan setiap tagihan yang datang. BUkan sekadar membayar, namun Anda mesti memperhatikan tanggal jatuh tempo yang dimiliki setiap tagihan.

Kenapa? Sebab tanggal itu merupakan batas akhir waktu pembayaran yang wajib dilakukan bila tidak ingin terkena biaya keterlambatan yang akan dikenakan pada tagihan selanjutnya.

Pastikan bila Anda selalu lunasi tagihan kartu kredit sesuai jumlah yang tertagih. Sebab, bagian yang tidak terbayar akan mulai dikenakan bunga per bulan yang berlaku pada jatuh tempo setelahnya.

Selalu manfaatkan keuntungan yang ditawarkan

Sebagai pengguna kartu kredit, tentunya Anda sudah tahu bahwa demi memanjkan konsumennya hampir tiap bulan banyak penawaran promo kartu kredit. Maka manfaatkanlah agar Anda bisa menikmati keuntungan berbelanja lebih hemat.

Tentang Penulis

hanna

Social media writer, coffee lover, twenty-something.