Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Lima Trik Berhemat Saat Menghabiskan Waktu di Bandara

by JTO on 20 Oktober, 2015

Bandara dapat dikatakan sebagai tempat paling mudah bagi seseorang untuk menghabiskan uang mereka. Apalagi ketika mereka harus menghabiskan banyak waktu di sana karena sedang transit ke pesawat berikutnya atau mungkin harus menanti masalah dengan pesawat yang Anda tumpangi selesai sehingga waktu boarding tertunda cukup lama.

Buku bacaan, makanan ringan, minuman, bahkan pemutar lagu ataupun sebuah memo kecil bisa jadi sudah masuk dalam tas Anda ketika sedang berkeliling bandara mencoba membunuh kebosanan. Tidak ada yang salah dengan hal itu. Namun, ketika jadi Anda menghitung ulang bisa sudah ada ratusan ribu sampai jutaan rupiah habis untuk belanjaan yang bisa dibilang lebih karena dorongan impulsif itu. Ini tentu tidak baik untuk Anda yang memang cukup sering bepergian menggunakan pesawat terbang. Untuk itu ada setidaknya lima hal yang bisa Anda lakukan untuk mulai berhemat ketika sedang menanti di bandara.

Membawa bekal sendiri serta menyiapkan botol minuman sendiri

Daripada mendapatkan makanan yang lebih mahal, Anda sangat bisa membawa sendiri makanan kesukaan Anda sebelum tiba di bandara. Bisa dengan membuatnya sendiri atau membeli di restoran favorit Anda yang dilewati ketika sedang berangkat ke bandara. Yang perlu diingat, Anda harus menghindari membawa cairan termasuk minuman. Lebih baik membawa botol kosong yang bisa diisi ulang. Biasanya beberapa bandara di negara tertentu, salah satunya Amerika Serikat, memiliki aturan ketat terkait masalah membawa cairan.

Mencoba memaksimalkan manfaat tambahan kartu kredit

Anda bisa memeriksa kembali apakah kartu kredit yang Anda miliki cukup bersahabat untuk mendapatkan ‘gratisan’ di bandara. Orang yang sering traveling biasanya memiliki kartu kredit yang memberikan bonus poin airmiles. Poin ini tidak hanya bisa ditukarkan dengan potongan harga tiket pesawat, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan fasilitas gratisan sesuai dengan ketentuan yang diberikan bank penerbit serta pengelola penyedia fasilitas itu. Misalnya adalah Anda bisa mendapatkan fasilitas ruang tunggu VIP dari maskapai tertentu setelah menukarkan sejumlah poin airmiles tertentu. Atau, bisa dengan mendapatkan camilan dan minuman gratis.

Menjadi seorang mystery shopper

Dengan menjadi mystery shopper, Anda memang sudah memiliki misi untuk memberikan evaluasi layanan pelanggan di toko-toko yang terdapat di bandara. Kadang, sulit mendapatkan orang yang dapat melakukan hal itu di bandara. Cukup dengan mendaftar terlebih dahulu sebelumnya. Dengan melakukan ini, Anda justru bisa mendapatkan uang tambahan yang akan menjadi tambahan bujet perjalanan Anda juga.

Memanfaatkan pembayaran dengan menggunakan kupon

Banyak jaringan restoran atau toko yang membuka gerai cabangnya di bandara. Sayangnya, tak sedikit yang memberikan harga lebih mahal karena perbedaan pajak yang cukup besar. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan kupon. Yang perlu diperhatikan, Anda harus juga memperhitungkan gerai mana saja yang menerima pembayaran menggunaan kupo,

Menyiapkan hiburan favorit

Bandara memang pasti sudah menyediakan pilihan bacaan, permainan untuk anak, atau hal lain yang dapat menjadi teman pembunuh waktu. Namun, lagi-lagi hargarnya tidak bisa dikompromi untuk Anda yang sedang ingin berhemat. Daripada membeli, tidak ada salahnya untuk membawa barang-barang tersebut dari rumah.

 

Sumber artikel

 

 

Temukan kartu kredit dengan promo poin airmiles paling menguntungkan hanya di sini


Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.