Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Liverpool VS Manchester United, Inilah Fakta Menariknya

by Maria Nofianti on 17 Januari, 2020

Sepakbola hingga saat ini masih menjadi satu olahraga yang nggak ada matinya, dan selalu menjadi idola semua lapisan masyarakat. Dan ini tak hanya berlaku di Indonesia saja, bahkan dunia pun mengakuinya. Kehadiran pertandingan pertandingan besar dunia, bahkan seolah menjadi satu ajang pesta rakyat yang tak boleh dilewatkan.

liverpool vs manchester united liga inggris

Kelahiran bintang bintang sepakbola dunia pun selalu menjadi sorotan semua lapisan masyarakat, baik anak anak, maupun dewasa. Ya, sepakbola selalu dinanti dan disambut dengan gegap gempita. Tak hanya piala dunia, liga liga internasional pun selalu menjadi ajang bergengsi yang menjadi favorit masyarakat.

Menariknya lagi, selalu saja ada drama di balik suksesnya tim tim besar dalam dunia sepakbola. Mulai dari permusuhan abadi dan persaingan antar tim, hingga drama jual beli pemain mereka.

Seperti Liverpool vs Manchester United, Juventus vs AC Milan, dan dI Indonesia mungkin seperti Persib vs Persija. Namun drama semacam ini sepertinya memang hal wajar dan membuat setiap pertandingan mereka menggemaskan.

Pertandingan Terkini

Nah, bagi kalian penggemar bola, liga Inggris pekan ini akan ada pertandingan besar Liverpool vs Manchester United yang akan berlangsung pada hari Minggu, 19 Januari 2020 di Anfield. Pertandingan ini sering disamakan dengan pertandingan El Clasico di Spanyol atau Derby della Madoninna yang berada di Italia.

Para pemain, penggemar, dan media seringkali menganggap pertandingan antara kedua klub sebagai persaingan terbesar mereka, bahkan di atas kompetisi derby lokal mereka sendiri dengan Everton dan Manchester City.

Kedua klub adalah tim Inggris yang paling sukses di kompetisi domestik, Eropa dan seluruh dunia; dan di antara mereka, mereka telah memenangkan 38 gelar liga, 9 Piala Eropa, 4 Piala UEFA, 1 Piala Pemenang UEFA, 5 Piala Super UEFA, 19 Piala FA, 13 Piala Liga, 2 Piala Dunia Klub FIFA, 1 Piala Antarbenua, dan 36 FA Perisai Komunitas. Sangat sukses dan menakjubkan bagaimana prestasi mereka yang memang sudah diakui dunia.

Terakhir kedua tim unggulan ini bertemu terakhir pada Oktober 2019 dan pada saat itu yang menjadi tuan rumahnya adalah Manchester United dengan skor akhir imbang 1-1. Pertandingan Liverpool vs Manchester United ini diprediksikan akan menjadi pertandingan yang sengit dimana Manchester United sangat berambisi untuk memutuskan rantai rekor belum terkalahkan selama 22 pertandingan di musim ini.

Namun sayangnya Manchester United harus menelan pil pahit lantaran top scorer mereka Marcus Rashford mengalami cedera meskipun menang atas Wolverhampton.

(Baca Juga: 3 Negara Ini Sukses Ubah Kotanya Jadi Surga Pejalan Kaki)

Saat ini Striker Manchester United diragukan untuk ikut dalam pertandingan melawan Liverpool setelah cedera punggung yang dialaminya pada 15 Januari lalu.

Saat itu Marcus Rashford masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-64 menggantikan Daniel James, tetapi kemudian pada menit ke-80 digantikan Jesse Lingard masuk menggantikannya.

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mengatakan keputusannya untuk memainkan Marcus Rashford “menjadi bumerang” setelah striker itu keluar karena mengalami cedera punggung. Rashford, digantikan pada menit ke-80 setelah ia berada di lapangan selama 16 menit ketika United mengalahkan Wolves 1-0 dalam putaran ketiga Piala FA. Pemain internasional Inggris itu telah mencetak 22 gol untuk klub dan negara musim ini.

Solskjaer, yang timnya bermain di Liga Premier, Liverpool, Minggu, mengatakan Rashford “tidak bisa berlari”.

Namun terlepas dari apapun itu pertandingan Liverpool vs Manchester United nanti pasti akan sangat ditunggu-tunggu fans setianya. Sebelum kita membahas yang lain ada baiknya kamu tahu beberapa fakta menarik tentang sejarah pertemuan Liverpool vs Manchester United ini.

Manchester United Dibabat Habis Pada Pertandingan Pertama Kali Melawan Liverpool

Dalam pertandingan kompetitif pertama mereka melawan Liverpool yang diselenggarakan di Anfield Manchester United (dikenal sebagai Newton Heath pada saat itu) kalah 7-1.

Pada tanggal 12 Oktober 1895, Thomas Bradshaw, Frank Becton dan Fred Geary semua mencetak gol ganda untuk The Reds. Sementara Jimmy Ross menambahkan yang lain, ketika Joe Cassidy mencetak gol hiburan untuk Newton Heath.

Pertemuan Liverpool vs Manchester United

Tim Liverpool, Manchester United, bermain sejauh ini dalam 51 pertandingan. Liverpool memenangkan 18 pertandingan langsung.

Manchester United memenangkan 24 pertandingan. 9 pertandingan berakhir imbang. Rata-rata dalam pertandingan langsung kedua tim mencetak 2,37 gol per Pertandingan.

Kisah dua kota

Persaingan antara dua klub paling sukses di Inggris dikenal dan didokumentasikan dari sudut pandang sepakbola, tetapi asal usul permusuhan itu ada di luar di dunia nyata. Persaingan adalah salah satu yang ada selama masa industri karena kedua kota (Liverpool dan Manchester) bersaing satu sama lain untuk supremasi Barat Utara. Manchester terkenal dengan kekuatan manufakturnya sedangkan Liverpool terkenal dengan portalnya.

Persaingan semakin intensif setelah pembangunan Kanal Kapal Manchester karena hal ini memungkinkan pedagang untuk memotong pelabuhan Liverpool dan mengangkut barang langsung ke Manchester. Hal ini menyebabkan hilangnya pekerjaan di pelabuhan Merseyside karena penurunan iuran untuk pedagang Liverpool dan menciptakan keresahan di antara warga.

Selain itu, kedua kota ini terkenal karena menghasilkan beberapa artis terbaik Inggris yang mendunia, misalnya The Beatles dari Liverpool dan Stone Roses dari Manchester. Hal ini sering menimbulkan perselisihan mengenai kota mana yang merupakan ibukota musikal dunia ini. Selain itu ada klub sepak bola lain dari kedua kota, keberhasilan Liverpool dan Manchester United, ditambah dengan aspek non-sepakbola mengintensifkan persaingan selama bertahun-tahun.

Tidak ada transfer langsung selama 51 tahun

Dalam beberapa tahun terakhir kita telah melihat transfer langsung pemain antara klub-klub saingan terbesar di beberapa liga top yang berada di benua Eropa.

Kita telah melihat para pemain pindah dari satu klub sepakbola ke klub lainnya, kita juga telah melihat para pemain mewakili Real Madrid dan Barcelona, ​​tetapi sudah 51 tahun dan terus bertambah, sejak terakhir kali seorang pemain melakukan transfer langsung antara Liverpool dan Manchester United.

Ya, selama 51 tahun itu tidak terjadi! Pemain terakhir yang melakukan transfer langsung adalah Phil Chisnall pada tahun 1964 ketika ia pindah dari Manchester United ke Liverpool. Sepertinya kedua tim memang melanggengkan “permusuhan” agar tetap menjadi bumbu dalam pertandingan. Karena diakui atau tidak, hal itu pun berpengaruh pada penonton dan penggemar masing- masing tim.

Namun ada pemain yang bermain untuk kedua belah pihak dalam beberapa tahun terakhir, tetapi hanya setelah mewakili klub lain. Salah satu contoh kasus tersebut termasuk Paul Ince, Peter Beardsley dan yang terbaru Michael Owen.

Pada 2007, ada tawaran dari Liverpool untuk merekrut Gabriel Heinze dari United, tetapi United menolak untuk mengizinkan pemain itu bergabung dengan rival terbesar mereka.

United mengumumkan bahwa Heinze hanya akan diizinkan untuk bergabung dengan klub asing jika ia ingin pergi dan pemain tersebut mengumumkan keinginannya untuk bermain untuk Liverpool. Ini tidak cocok dengan penggemar Manchester United dan pemain akhirnya dijual ke Real Madrid.

Jumlah trofi

Debat yang sangat umum yang muncul antara dua set penggemar adalah tentang klub mana yang lebih sukses secara keseluruhan. Jelas Manchester United memiliki lebih banyak gelar liga, sementara Liverpool memiliki lebih banyak piala Eropa, tetapi ada kebingungan yang terus-menerus mengenai gelar keseluruhan yang dimenangkan. Kontroversi ini muncul karena kebingungan mengenai piala mana yang harus dihitung.

Menurut situs FIFA, piala yang dimenangkan untuk memenangkan liga, Piala FA, Piala Liga, Liga Champions, Liga Eropa, Piala Interkontinental, Piala Pemenang Piala Eropa, Piala Super UEFA, Piala Dunia Klub FIFA dan Piala Intercontinental dimasukkan ke dalam Akun. Karena tidak ada ukuran pasti, kedua klub dapat dengan bangga mengklaim sebagai klub Inggris yang paling sukses.

Tidak pernah saling berhadapan di Eropa

Persaingan Liverpool vs Manchester United adalah satu dengan akar yang dalam dan itulah sebabnya tim-tim ini telah bermain 192 kali dalam pertandingan kompetitif, tetapi yang luar biasa semua pertandingan ini adalah pertandingan domestik.

Ini cukup luar biasa mengingat fakta bahwa kedua klub ini tetap di Liga Champions setidaknya hingga 2010. Liverpool, Manchester United, Chelsea dan Arsenal adalah klub reguler di kompetisi Eropa.

Selama era Liga Champions saja, Liverpool bermain imbang melawan Arsenal di perempat final 2008 dan melawan Chelsea dalam tiga babak semifinal, satu perempat final, dan satu kali di babak grup (10 pertandingan keseluruhan).

United disisi lain, bermain Arsenal di semifinal kembali pada 2009, dan Chelsea di final pada 2008 dan perempat final pada 2011. Meskipun merupakan dua klub Inggris terbaik dalam kompetisi, mengejutkan bahwa mereka tidak pernah bermain masing-masing di Liga Champions atau kompetisi non-domestik sebagai fakta.

(Baca Juga: Tren Fashion Pria 2020: Simpel Namun Tetap Memikat)

Pada pertandingan Liverpool vs Manchester United kali ini Liverpool berada di urutan pertama klasemen sedangkan Manchester di urutan ke lima. Dengan 22 pertandingan selama musim ini Liverpool telah mengantongi 61 point dan belum mengalami kekalahan. Sedangkan Manchester United sendiri berhasil membawa kemenangan dalam laga melawan Wolverhampton dan akan melaju ke putaran keempat.

Kabar baik bagi Manchester United bahwa Eric Bailly telah berhasil memulihkan dirinya setelah 6 bulan absen dalam pertandingan. Sedangkan Liverpool mengharapkan pulihnya Joel Matip dan Fabinho Tavares untuk melawan Setan Merah akhir pekan ini. Jadi menurut kalian siapa yang akan memenangkan big match ini? Jangan lupa saksikan di tanggal 19 Januari 2020 ini.

Untuk menyaksikannya, kita bisa melakukan streaming, menggunakan fasilitas tv kabel atau tv berlangganan, dan juga menonton di saluran tv nasional. Ya, tv nasional seperti TVRI akhir akhir ini sering menayangkan pertandingan- pertandingan liga internasional. Ini tentu saja akan lebih memudahkan pecinta bola dalam menikmati pertandingan.

Namun yang sangat disayangkan adalah apabila TVRI mulai kehilangan sinyal dan tak menampilkan apapun. Karena memang beberapa hari ini TVRI kehilangan sinyal dan penonton tak bisa menyaksikan pertandingan sepakbola internasional. Semoga saja untuk pertandingan Liverpool vs Manchester United ini TVRI dapat menayangkannya dengan lancar.

Agar penikmat sepakbola terpuaskan menyaksikan pertandingan 2 tim yang menjadi rival abadi ini.

Tentang Penulis