Lokasi Charger Mobil Listrik Di Tol Trans Jawa Bertambah dan Siap Digunakan

Menempuh perjalanan jauh kini tak jadi soal, ada beberapa lokasi charger mobil listrik di tol Trans Jawa yang bisa membantu pengguna mobil listrik menambah daya. Jadi, perjalanan dengan mobil listrik semakin aman dan nyaman ya.

Sebelum memutuskan membeli mobil listrik, mungkin sempat terlintas di pikiran kita, bagaimana jika di tengah perjalanan listrik habis? Tentu saja hal itu akan menjadi masalah tersendiri, karena menjumpai lokasi charger mobil listrik tak semudah menjumpai SPBU.

Tapi, jangan jadikan hal itu sebagai hambatan untuk menunda memiliki mobil listrik. Karena dengan menggunakan mobil listrik kita akan ikut andil mengurangi polusi serta menghemat bahan bakar yang tak dapat diperbaharui.

Bersyukur, karena teknologi yang semakin canggih telah merambah ke industri otomotif. Jika tahun-tahun sebelumnya kita hanya tahu mobil dengan bahan bakar minyak, sekarang ada mobil dengan bahan bakar listrik.

Mobil listrik digadang-gadang lebih hemat dan lebih ramah lingkungan. Pilihan mobil listrik juga bisa dipakai untuk bepergian jarak jauh, bahkan untuk mudik loh.

(Baca Juga: Mobil Berikut Mendapatkan Diskon PPnBM Terbanyak Loh)

Ya, meski pemerintah melarang masyarakat untuk mudik tapi silaturahmi tetap harus dijalankan. Untuk bepergian jauh mobil listrik perlu dicharge. Nah kali ini buat yang mau mudik pakai mobil listrik harus tahu lokasi charger mobil listrik di tol Trans Jawa.

Jadi tak perlu khawatir mobil listrik tiba-tiba mogok di jalan. Yuk simak terus artikel lokasi charger mobil listrik di tol Trans Jawa ini sampai akhir ya!

Lokasi Charger Mobil Listrik Di Tol Trans Jawa

Jika mobil berbahan bakar minyak mengisi bahan bakarnya di SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum, maka mobil listrik juga mempunyai semacam “SPBU” juga. Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau sering disebut SPKLU ini didirikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Lokasi pengisian baterai listrik ini berada di rest area mengingat ini dibangun di sepanjang jalur tol. Pembangunan SPKLU ini dikelola oleh anak perusahaan PT Jasa Marga Related Business (JMRB) yang bekerjasama dengan PT PLN untuk pembangunan sarana dan infrastruktur. 

Adanya SPKLU di rest area juga memiliki tujuan untuk mendorong penerapan Perpres No. 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.

Jadi dengan JMRB menyiapkan sarana untuk pengisian mobil listrik nantinya masyarakat tidak ragu lagi untuk menggunakan mobil listrik.

4 SPKLU Baru Siap Beroperasi

Nah lokasi charger mobil listrik di tol Trans Jawa dibangun atas dasar itu adalah jalur utama untuk menuju ibukota di pulau Jawa ini. Jadi sepanjang tol Trans Jawa mulai dari Jakarta sampai Surabaya lokasi charger mobil listrik ini sudah ada 4 buah.

Dimana saja sih lokasi charger mobil listrik di tol Trans Jawa ini? mereka antara lain:

  • Rest Area Km 207 A Palikanci, Jawa Barat
  • Rest Area 379 Batang, Jawa Tengah
  • Rest Area Km 519 A Sragen (arah Surabaya), Jawa Tengah
  • Rest Area Km 519 B Sragen (arah Jakarta), Jawa Tengah

Adanya 4 lokasi charger mobil listrik di tol Trans Jawa ini nantinya akan memberikan rasa nyaman bagi pengguna mobil listrik dalam mengakomodir pengisian bahan bakar listrik. JMRB juga akan menambah satu SPKLU di rest area Km 389 B ruas tol Batang, Semarang. 

Selama tahun ini PLN akan menargetkan sebanyak 67 unit SPKLU yang nantinya akan tersebar di seluruh rest area di Indonesia. Pada prinsipnya pengisian bahan bakar listrik ini berbeda dengan pengisian bahan bakar minyak.

Mobil listrik bisa discharge di rumah yang nantinya pengisisan ini akan terhubung dengan aplikasi Charge.IN PLN. Dengan aplikasi ini nantinya bisa dipantau bagaimana kondisi saat pengisiannya. 

Rencana SPKLU Di Tol Trans Sumatra Juga Siap Dibangun

Selain lokasi charger mobil listrik di tol Trans Jawa ini, SPKLU juga dibangun di tol Trans Sumatera loh. Rencananya akan ada 4 SPKLU yang akan beroperasi tapi untuk sekarang hanya satu yang baru beroperasi yakni di Rest Area Tol Bakauheni-Terbanggi KM 20 B.

Jadi nanti kalau stasiun pengisian ini semakin banyak diharapkan pula pengguna mobil listrik juga makin bertambah.

Nah kalau sudah tahu lokasi charger mobil listrik di tol Trans Jawa kita juga harus tahu bagaimana cara mengisi mobil listrik. Seperti yang sudah disebutkan kalau ada aplikasi yang terafiliasi dengan PLN yaitu Charge.IN untuk kita unduh lalu isi data diri kita.

Selanjutnya kita aktivasi untuk dompet digital LinkAja. Jika kita sudah berada di salah satu lokasi charge mobil listrik di tol Trans Jawa tinggal ikuti instruksi yang ada untuk mengisi dan lakukan pembayaran sesuai harga yang tertera.

Nah gampang banget kan mengisi kembali mobil listrik kita. Jadi, lokasi charge mobil listrik di tol Trans Jawa ini diharapkan sangat membantu terutama pada saat mudik lebaran nanti.

Karena sekarang ada banyak orang yang mempunyai mobil listrik maka kemungkinan untuk mudik di saat lebaran sangat besar. Setidaknya di Indonesia ada 7 jenis mobil listrik yang dipasarkan dengan harga paling murah Rp 600 jutaan.

(Baca Juga: Beli Mobil Murah Tanpa Pajak Mulai Bulan Depan)

Mulai dari Hyundai Kona Listrik (Rp 674,8 juta) dengan jarak tempuh 289 Km sampai yang paling mahal Tesla Model X 75D (Rp 1,2 M) dengan jarak tempuh 355 km. 

Lokasi charger mobil listrik di tol Trans Jawa ini menjadi titik awal pembangunan SPKLU yang ditargetkan 2400 di tahun 2025. Dengan banyaknya lokasi pengisian untuk mobil listrik ini kembali Pemerintah berharap masyarakat tidak ragu untuk mengganti mobilnya dengan mobil berbasis listrik yang diklaim ramah lingkungan dan lebih irit.

Ini akan sangat pas apalagi untuk perjalanan jauh seperti mudik. Jadi sudah siap mudik pakai mobil listrik kan?

Dan yang terpenting, jangan lupa untuk melengkapi mobil listrikmu dengan asuransi kendaraan terbaik. Karena asuransi saat ini sangat dibutuhkan oleh kendaraan.

Tujuan utama asuransi kendaraan jelas, agar kendaraan kita lebih terjamin keamanan dan perawatannya jika terjadi hal buruk menimpa, dan pastinya lagi, menjaga kondisi keuangan kita agar tidak oleng dan tetap stabil.

Karena kita tahu, meskipun kita sudah hati-hati dalam berkendara atau merawat mobil, tapi orang lain belum tentu kan. Maka, pilihlah asuransi kendaraan terbaik melalui CekAja.com.

CekAja.com menyediakan pilihan asuransi kendaraan terbaik yang sangat bermanfaat. Selain itu, kita juga dapat mendaftarnya melalui proses online yang cepat dan aman.

Jadi, tak perlu ragu lagi. Dapatkan asuransi kendaraan terbaik melalui CekAja.com.