Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Lupa Nomor Rekening? Ini 5 Cara Termudah Cek Nomor Rekening BCA

by Estrin Vanadianti Lestari on 23 Oktober, 2019

Dari sekian banyak nasabah bank, sebagian diantaranya mungkin sering lupa nomor rekening BCA-nya. Bahkan, ada yang memang sengaja untuk tidak menghapalkannya, karena dianggap terlalu panjang dan bisa dilihat lewat buku tabungan.

Akan tetapi bagaimana ketika buku tabungan hilang, sehingga kamu benar-benar lupa dan tidak tahu nomor rekeningmu sendiri? Tidak perlu khawatir, karena setidaknya ada 5 cara untuk mengecek nomor rekening BCA, bahkan dikala lupa dan malas membuka buku tabungan.

Dalam setiap aktivitas transaksi bank, nomor rekening akan selalu dibutuhkan. Jadi lebih baik jika kamu sebisa mungkin menyiapkannya terlebih dulu sebelum melakukan transaksi.

Dengan mengetahui cara cek nomor rekening bank BCA, kamu jadi tidak perlu repot mencari buku tabungan yang pada umumnya sulit ditemukan. Ukurannya yang kecil akan membuat buku tabungan mudah terselip jika kamu tidak rapi meletakannya.

Memang sepenting itukah untuk mengetahui nomor rekening sendiri? Ya, nomor rekening bank merupakan nomor yang berisi informasi personal kamu sebagai nasabah bank. Nomor rekening bank juga termasuk sebuah nomor bersifat pribadi yang wajib diketahui sang pemilik.

Didalam deretan angka tersebut tersimpan informasi dan data tentang kamu si pemilik rekening. Itu mengapa nomor rekening tidak boleh disebarluaskan untuk alasan yang tidak jelas.

Nomor Rekening Harus Dirahasiakan

Bank selaku lembaga keuangan juga terikat peraturan tentang kerahasiaan data nasabah. Disitu bank tidak diperbolehkan memberikan informasi tentang nomor rekening, kepemilikan rekening dan data apapun terkait rekening nasabah kepada orang yang bukan pemilik resminya.

Hal tersebut terangkum dalam pasal 40 ayat 1 UU Perbankan. Tetapi ada juga kondisi pengecualian dimana bank bisa membuka data nasabah kepada penegak hukum sepanjang sudah mendapatkan putusan pengadilan.

Untuk kepentingan perpajakan, bank juga berhak membuka data nasabahnya. Selain itu, bank juga bisa memberikan pengecualian untuk kondisi nasabah meninggal dunia, penyelesaian piutang yang sudah diserahkan ke Panitia Urusan Piutang Negara dan juga untuk nasabah yag sudah memberikan kuasanya kepada pihak lain.

Saking pentingnya nomor rekening, karena menyangkut juga tentang keamanan dana kamu dan juga data pribadi lainnya, berikut merupakan 5 cara cek nomor rekening BCA kamu sendiri. Yuk cek!

(Baca juga: Cara Cek Nomor Telkomsel Simpati Buat Kamu yang Gampang Lupa)
1. Cara cek nomor rekening BCA yang ada di buku tabungan

Cara cek nomor rekening BCA yang pertama dan paling mudah adalah dengan melihatnya di buku tabungan. Cara ini adalah cara paling sederhana dan paling umum dilakukan, karena kamu hanya tinggal melihat nomor rekeningmu sendiri di bagian sampul dalam buku.

Di sebelah pojok kiri atas, akan terlihat nama lengkapmu, tanggal pembuatan rekening dan cabang BCA tempat kamu membuat rekening, nomor rekening, hingga tanda tanganmu.

Karena tidak semua orang akan membawa buku tabungan kemana-mana, disarankan untuk menghapal nomor rekeningmu sendiri. Apalagi jika buku tabunganmu hilang atau lupa menaruhnya, kamu jadi akan sulit untuk mengetahui berapa nomor rekeningmu disaat membutuhkannya.

2. Cara cek nomor rekening BCA melalui Halo BCA

Untuk cara cek nomor rekening BCA yang kedua adalah dengan menghubungi Halo BCA. Terlebih dikala lupa, menelepon langsung ke pihak bank adalah salah satu cara paling praktis.

Kamu hanya tinggal menghubungi nomor 1500 888. Di tahapan ini kamu juga perlu melakukan verifikasi berupa nomor kartu atm BCA dan data verifikasi lainnya.

Saat menjawab pertanyaan untuk memverifikasi data, pastikan kamu menjawab semua pertanyaan dengan benar. Karena jika salah, pihak call center akan menolak untuk memberikan data.

3. Cara cek nomor rekening BCA melalui kantor cabang

Cara cek nomor rekening BCA selanjutnya adalah dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat. Cara ini biasanya dilakukan karena buku tabungan yang dimiliki hilang atau rusak.

Kamu juga hanya tinggal datang dan membawa kartu atm BCA dan KTP ke kantor cabang terdekat BCA. Sama seperti jika kamu menelepon via Halo BCA, ketika kamu datang ke kantor cabang pun harus melalui proses verifikasi.

Tetapi sebelum itu kamu juga harus membuat surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat. Karena hal itu akan menjadi dasar bagi bank untuk menduplikasi buku tabungan kamu yang hilang ataupun rusak.

4. Cara cek nomor rekening BCA melalui M-BCA

Cara cek nomor rekening BCA berikutnya adalah melalui M-BCA atau mobile banking BCA. Jika kamu telah memiliki salah satu rekening BCA, kamu juga bisa mendaftar mobile banking agar kegiatan transaksimu bisa lebih mudah dan praktis.

Tidak hanya mempermudah kegiatan transaksi, dengan M-BCA kamu juga bisa mengetahui nomor rekening BCA-mu sendiri lewat ponsel.

Caranya, kamu hanya tinggal masuk ke aplikasi M-BCA yang ada di ponselmu. Lalu masuk ke M-Info, pilih menu info saldo, lalu tinggal lihat nomor rekening di sebelah kiri nominal saldo kamu.

(Baca juga: Investasi Pasar Modal: Pembukaan Rekening Efek Bakal Lebih Sederhana)
5. Cara cek nomor rekening BCA melalui Internet Banking BCA

Selain M-BCA, kamu jug abisa mengecek nomor rekening lewat internet banking BCA. Namun, sebelumnya kamu juga harus mendaftarkan rekeningmu untuk bisa mengakses internet banking BCA.

Jika sudah terdaftar di internet banking BCA, begini cara cek nomor rekening BCA:

  • Pastikan komputer atau ponselmu terhubung internet.
  • Masuk ke situs https://ibank.klikbca.com
  • Masukan Nama dan PIN
  • Pilih menu Informasi Rekening
  • Pilih Informasi Saldo
  • Di sana kamu akan menemukan informasi mengenai nomor rekeningmu sendiri.

Demikian 5 cara cek nomor rekening BCA yang bisa kamu lakukan dikala lupa. Dari lima cara di atas, tentunya kamu tidak bisa mengetahui nomor rekening BCA atas nama orang lain.

Selain memiliki rekening tahapan BCA, lengkapi juga kebutuhan fasilitas finansialmu dengan mengajukan berbagai jenis produk kartu kredit di CekAja.com, dengan mudah secara online. Cari dan temukan produk kartu kredi yang cocok untukmu.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami