Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Lupakan yang Konvensional, Ini Zamannya Angpao Digital

by Gito on 25 Januari, 2019

Kurang dari satu bulan, libur nasional untuk memperingati Tahun Baru China akan  berlangsung. Ritual keagamaan yang ditunggu setiap tahunnya oleh masyarakat Tionghoa itu bakal dirayakan secara gegap gempita dan meriah.

Seperti halnya hari besar keagamaan lain, perayaan Imlek juga ikut memberi berkah sektor ritel. Hal itu ditandai dengan meningkatnya penjualan toko-toko di pusat perbelanjaan.

Untuk meningkatkan semangat masyarakat Tionghoa berbelanja, para pengelola pusat perbelanjaan pun berlomba menghias tempat usahanya dengan ornamen hiasan berwarna merah.

Mulai dari ditampilkan barongsai berwarna merah, kartu ucapan bertemakan imlek dengan basis warna merah dan pernak – pernik lainnya yang juga berwarna merah.

Selain itu, ada satu hal yang juga tidak dapat dilepaskan dengan perayaan Imlek, yakni angpao. Ya, dalam terjemahan langsung, ang berarti merah dan pao adalah amplop, yang  artinya adalah amplop merah.

Pemberian angpao sendiri merupakan tradisi yang selalu ditunggu oleh kaum muda. Karena biasanya didalam angpao terisi beberapa lembar uang untuk diberikan kepada mereka yang belum menikah.

Oh ya, dalam kebudayaan Tionghoa, pemberian angpao tidak hanya dilakukan saat Imlek tiba, saat perayaan pernikahan dan juga momen kebahagiaan lainnya juga tersedia angpao untuk dibagikan.

(Baca juga: Agar Pengeluaran Tidak Membengkak Saat Imlek, Atur Uang dengan Cara Ini)

Digitalisasi Angpao

Seiring dengan perkembangan teknologi dan juga gaya hidup, pola pemberian angpao juga mengalami transformasi. Meskipun tidak menggerus budaya intinya, pemberian angpao dewasa ini sudah berubah menjadi digital.

Angpao elektronik sudah marak digunakan di negeri tirai bambu, China sejak beberapa tahun lalu. Salah satu platform penyedia layanan angpao digital adalah WeChat.

Aplikasi besutan Tencent Holdings itu mulai memasarkan angpao digital melalui WeChatPay sejak 2014 lalu. Pada awalnya, WeChatPay menerima lebih dari 16 juta angpao digital.

Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 2017 lalu jumlahnya naik signifikan ke angka 14,2 miliar. Angka yang fantastis itu didorong oleh 600 juta pengguna yang tersebar di 15 negara.

Angpao digital sendiri merupakan electronic wallet (e-wallet) yang bisa digunakan untuk menerima dan mengirim uang secara digital tanpa melalui rekening bank.

Penyedia layanan dompet digital lainnya, Alipay dari Ant Financial milik Alibaba Holding Group sudah lebih dulu menyediakan layanan e-wallet, bahkan penggunanya diklaim sudah mencapai 520 juta orang.

Penggunaan Alipay dalam transaksi digital memang patut diacungi jempol, pasalnya Alipay dapat menggandeng banyak Lembaga keuangan, termasuk didalamnya Visa dan mastercard.

Dalam salah satu fiturnya, bahkan Alipay dapat menghubungkan akun e-walletnya dengan rekening bank tanpa harus menaruh dana terlebih dahulu.

(Baca juga: Berencana Wisata ke Kelenteng Saat Imlek? Ini Hal yang Harus Diperhatikan)

e-Wallet di Indonesia

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Di negeri tercinta ini perkembangan bisnis layanan dompet digital juga sudah mulai kentara.

Hal itu tercermin dari mulai bermunculannya layanan dompet digital seperti Dana, Gopay, Grabpay, T-Cash, Buka Dompet dan masih banyak lagi nama dompet digital hasil karya anak negeri yang saat ini berseliweran di play store maupun apps store.

Bahkan untuk mengakuisisi dan menambah konsumer, banyak sekali promo yang dapat dimanfaatkan jika Anda memilki salah satu dari beberapa akun dompet digital tersebut.

Mulai dari promo makanan di restoran, pembelian gawai hingga pembelian baju di pusat perbelanjaan ternama. Teranyar, salah satu anak usaha bank pelat merah, PT BRI Agroniaga Tbk dikabarkan juga akan menyediakan layanan dompet digital.

Direktur Utama BRI Agroniaga Agus Noorsanto mengatakan saat ini perusahaan tengah mengembangkan layanan itu untuk para pekerja kebun. BRI Agroniaga membidik sektor perkebunan dan pertanian sebagai destinasi penyaluran kreditnya.

Nah berikut adalah beberapa aplikasi dompet digital di Indonesia, simak yuk!

Gopay

Anak usaha dari PT Gojek Indonesia itu sudah berhasil menciptakan lesscash society melalui promo yang ditawarkannya. Ya, mayoritas dari pengguna layanan antar jemput ojek daring, Gojek pasti memiliki akun gopay dan secara aktif menggunakannya.

Pasalnya melalui Gopay tarif untuk setiap perjalanan menggunakan Gojek menjadi lebih murah. Belum lagi ditambah dengan adanya diskon-diskon tarif yang tentunya akan lebih memanjakan penggunanya.

Belum lama ini Gopay juga gencar memberikan promo di banyak merchat premium. Seperti Buy 1 Get 1 untuk pembelian snack di pusat perbelanjaan, atau diskon hingga 50% untuk pembelian produk minuman di pusat perbelanjaan di Jakarta.

Dengan Gopay Anda juga bisa menggunakannya untuk membeli tiket bioskop dan juga  layanan hiburan lainnya.

Untuk perayaan Imlek, Anda yang  memiliki akun Gopay juga bisa membelanjakan dananya di pusat perbelanjaan. Tinggal cek promo yang ada, dan gunakan layanan tersebut.

(Baca juga: 7 Kuliner Khas Imlek dan Simbol di Baliknya)

Dana

Platform yang mengklaim dibuat di Indonesia, oleh orang Indonesia dan untuk orang Indonesia itu memiliki keunikan tersendiri. Ya, Dompet digital ini sudah terintegrasi dengan Sistem Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil), sehingga proses pendaftaran dan juga verifikasi akun terjadi sangat cepat, bahkan bisa dalam hitungan detik.

Saat ini Dana menggunakan konsep Open Platform yang terhubung dengan layanan transaksi digital lain seperti TIX.ID, Ramayana, BBM dan KFC.

T-Cash

Dompet digital milik salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel itu juga banyak bekerja sama dengan merchant untuk memanjakan penggunanya.

Jika dulu Anda harus membayar segala sesuatu dengan uang tunai ataupun kartu ATM, melalui T-Cash anda cukup membawa ponsel.

Anda juga bisa berbagi uang tanpa harus menggunakan rekening bank. Pergeseran pola transaksi yang terjadi di masyarakat merubah tatanan yang selama ini terbentuk.

Ya, melalui dompet digital, Anda tidak perlu lagi memegang uang ataupun melakukan tawar menawar untuk membeli barang yang Anda inginkan.

Untuk melakukan top-up T-Cash juga sangatlah mudah, Anda bisa mengisinya di minimarket ataupun mesin ATM dan kantor cabang Grapari terdekat.

Tentang Penulis

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami