10 Mainan Edukasi untuk Anak Terfavorit yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak

7 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Mainan edukasi untuk anak, biasanya memang sengaja diberikan pada usia emas, yakni sekitar usia 0-5 tahun. Adapun dalam masa emas tersebut, anak akan lebih cepat menangkap hal-hal yang bersifat edukatif, sehingga mainan edukasi juga bisa meningkatkan kecerdasan otak anak.

Meski mainan edukasi untuk anak ini terbilang aman, namun peran orang tua sangat dibutuhkan, untuk tetap membimbing.

Malah, peran orang tua di sini, sangat disarankan terlebih untuk memilihkan jenis mainan edukasi, yang paling tepat untuk anaknya.

Pasalnya, orang tua pasti lebih tahu, mainan apa yang paling tepat untuk si kecil. Kesukaan si kecil juga bisa terlihat dari minat bakatnya sejak dini, dan orang tua bisa membantu mengembangkannya lewat mainan.

Seperti yang diketahui, bahwa di pasaran sendiri banyak sekali jenis mainan anak-anak, yang diperjual belikan.

Namun, orang tua jangan sampai salah beli mainan, karena beberapa mainan justru bisa membahayakan, alias tidak aman. Sebut saja seperti pistol berpeluru, jelly berbahan kimia, hingga yang memiliki ketajaman.

Jadi, pastikan orang tua membelikan mainan edukasi untuk anak, yang bisa meningkatkan kecerdasan otak, sekaligus yang paling difavoritkan anak-anak.

Manfaat Mainan Edukasi untuk Anak

Sebelum mengetahui rekomendasi mainan edukasi untuk anak, yuk intip dulu manfaat yang bisa didapatkan si kecil, dari mainan edukasi ini.

  • Melatih kemampuan motorik dan sensorik anak
  • Melatih konsentrasi
  • Meningkatkan kreativitas dan daya pikir anak
  • Menumbuhkan rasa percaya diri
  • Mengenalkan konsep sebab akibat
  • Menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman
  • Memperkenalkan warna, bentuk, angka, suara dan lain-lain
  • Melatih kemampuan verbal dan bahasa anak
  • Bisa menciptakan situasi bermain sambil belajar
  • Memberi stimulus dalam pembentukan perilaku
  • Sebagai media pembelajaran anak sekaligus mengembangkan minat bakat anak

(Baca Juga: Ide Permainan Montessori Agar Anak Tidak Bosan di Rumah)

10 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak

1. Mainan Montessori Berhitung – Mathematical Intelligence Stick

Mainan edukasi untuk anak yang pertama adalah mathematical intelligence stick. Mainan yang satu ini, sangat baik untuk melatih sensor motorik, sekaligus belajar mengenal pengetahuan matematika seperti penjumlahan, dan bentuk.

Nah, dengan mainan ini, si kecil bisa melatih pola pikirnya, menjadi lebih kritis dan sistematis.

Tidak hanya itu, anak juga jadi mampu untuk mengidentifikasi urutan prioritas dan pemecahan masalah,

Nah, dengan mainan ini orang tua bisa mengenalkan angka, penjumlahan, hingga pengurangan dalam matematika sejak dini, menjadi lebih mudah.

Mainan ini terdiri dari stik kayu warna-warni, beserta beberapa simbol matematika. Selain penjumlahan, anak juga bisa belajar menghafal jumlah, misalnya dari 1-10.

2. Bongkar Pasang – Lego Classic Large Creative Brick Box

Mainan edukasi untuk anak yang selanjutnya adalah mainan bongkar pasang, yang bisa dibeli dengan merk Lego.

Sudah sangat terkenal, sebagai mainan bongkar pasang, brand yang berasal dari Denmark ini, bisa digunakan untuk membuat banyak sekali kreasi.

Terdiri dari 790 bricks, membuat anak bebas berkreasi dan berimajinasi, mulai dari membuat bangunan, kendaraan, robot dan lain-lain.

Mainan bongkar pasang dari Lego ini, juga terdapat enam roba serta delapan pintu dan jendela.

Dengan mainan ini, sensor motoriknya juga bisa terlatih dengan baik. Mainan bongkar pasang merk Lego juga terbilang awet dan tidak mudah rusak!

3. Papan Gambar – Funny Toys Studio Easel Drawing Board

Buat si kecil yang sudah berkreasi dengan cara menggambar, mainan edukasi untuk anak berupa papan gambar ini, bisa jadi solusi.

Mainan edukasi dari Funny Toys Studio Easel Drawing Board ini, bukan hanya papan gambar biasa loh.

Papan yang terbuat dari besi ini, bisa berfungsi sebagai tempat untuk meletakan angka-angka dan huruf-huruf bermagnet.

Papan ini juga terdapat meja, yang berfungsi sebagai wadah penyimpanan angka-angka dan huruf-huruf. Sehingga, tidak akan membuat rumah berantakan.

Papan gambar ini, juga dilengkapi dengan enam spidol warna berserta penghapusnya.

4. Nobie Toy – Balok Bangun Ekono

Mainan edukasi untuk anak yang sederhana, namun tak kalah memberikan pembelajaran adalah mainan bongkar pasang, balok bangunan.

Jadi, mainan bongkar pasang balok ini, hanya dikhususkan untuk membuat kreasi bangunan.

Terdiri dari 21 keping kayu berbentuk geometri, mulai dari persegi panjang, kubus, segitiga, tabung dan lainnya, membuat anak bebas berkreasi, membangun istana sesuai imajinasinya.

Anak, bisa menyusun bentuk bangun ruang, yang bisa dibentuk menyerupai rumah, kastil, hingga terowongan.

Selain untuk anak sendiri, mainan edukasi ini juga cocok digunakan sebagai hadiah, untuk anak kerabat yang jua berada di usia emas.

5. Kartu Edukasi – Puzzlo What Color

Bermain puzzle memang seru, tapi kalau bermain puzzle sambil belajar mengenal warna, pasti lebih seru!

Nah, dengan mainan edukasi untuk anak, berbentuk kartu edukasi ini, membuat anak bisa seru bermain sambil belajar.

Kartu edukasi dari Puzzlo ini misalnya, yang merupakan sebuah permainan kartu edukasi berbentuk lingkaran, yang dilengkapi dengan warna-warna yang cantik.

Biasanya, puzzle dimainkan untuk merangkai sebuah gambar, tapi tidak dengan Puzzlo. Mainan puzzle warna ini, bisa menjadi kegiatan mengasyikan dengan cara menebak warna.

Bahan kertas yang digunakan juga sangat bagus, yakni karton tebal yang bisa bertahan cukup lama.

Tebak-tebakan warna yang ada pada mainan Puzzlo ini, terdiri dari kosakata dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Keping Puzzlo ini terdiri dari 15 warna yang berbeda, dan mampu membuat suasana belajar menjadi lebih asyik dan produktif.

6. Mainan Dapur-dapuran – Tomindo Mini Kitchen

Mainan edukasi untuk anak, juga bisa menggunakan mainan dapur-dapuran berikut ini. Tidak hanya anak perempuan, mainan dapur-dapuran juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki.

Pasalnya, minat atau hobi memasak yang merupakan profesi koki, tidak hanya dimiliki oleh anak perempuan saja, tapi juga anak laki-laki.

Dengan mainan dapur-dapuran ini, membuat anak, bermain dengan imajinasinya. Selain itu, membantu mereka mengenal alat masak hingga bahan-bahan memasak.

7. Mainan Dokter-dokteran – 3Doodler

Sama halnya profesi koki, profesi dokter juga bisa diminati oleh anak perempuan maupun laki-laki. Sehingga, mainan edukasi untuk anak berupa mainan dokter-dokteran, juga bisa mengasah imajinasi anak.

Mereka bisa mulai mempelajari, apa arti pekerjaan seorang dokter. Belajar berkomunikasi dengan “pasien”, mengenal alat-alat kesehatan seperti stetoskop, suntikan, gunting bedah, termometer dan lainnya.

Mainan dokter-dokteran dari 3Doodler ini juga memiliki material yang kuat, warna yang menarik, terlebih bentuk wadahnya yang berupa kursi, menjadi mainan anak tetap rapi.

8. Mainan Gerobak Jualan – Sweet Shop Luxury Candy Cart

Mainan edukasi untuk anak yang tidak kalah mengasyikkan adalah mainan gerobak jualan. Ada banyak jenis mainan gerobak jualan di pasaran, salah satu gerobak permen yang satu ini.

Bukan sekadar profesi, berwirausaha juga patut diajarkan kepada anak, sejak dini. Bagaimana, cara menjajakan barang dagangan, bagaimana cara berkomunikasi dengan “pelanggan”, hingga merangkai barang dagangan dengan rapi, agar dilirik pembeli.

Nah, mainan gerobak permen dari Sweet Shop Luxury Candy Cart ini, juga sangat totalitas sebagai properti di area bermain anak.

Pasalnya, gerobak permen ini bisa berjalan atau didorong dan bisa dibongkar pasang. Aneka permen, kue, dan es krim nya juga bisa menyala dan mengeluarkan musik.

9. Boneka Tangan – Muppet SNI – ORI Seri O 40 cm

Siapa bilang boneka merupakan mainan anak perempuan saja? Pasalnya, boneka tangan Muppet SNI ini, juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki, sekaligus menjadi mainan edukasi untuk anak, yang bagus.

Boneka tangan ini, bagus dijadikan mainan edukasi, karena bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitas, mengenalkan bermacam emosi, mengasah motorik, mengajarkan etika, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi.

Boneka tangan ini, bisa digerakan oleh tangan si kecil, dengan ukuran sekitar 40 cm. Mulut boneka tangan juga bisa gerakan seperti membuka tutup mulut, seolah sedang berbicara.

Boneka tangan ini, juga cocok digunakan orang tua ketika sedang menceritakan dongeng legendaris, agar semakin seru.

10. Keyboard Mini – Canto Electronic Keyboard

Mainan edukasi untuk anak yang terakhir adalah mainan keyboard mini. Mainan ini bisa digunakan untuk mengenalkan anak pada nada dan musik sedari dini.

Meski hanya mainan, namun keyboard ini bisa mengeluarkan nada piano pada umumnya, dan dimainkan layaknya keyboard sungguhan.

Tidak hanya bisa mengeluarkan nada, beberapa tombol juga dilengkapi dengan suara musik dan 8 jenis rhythm.

Keyboard mini dari Canto ini, bisa hidup menggunakan 3 baterai AA, sebagai sumber dayanya ini juga dilengkapi dengan mic.

Dengan keyboard mini, si kecil bisa belajar nada sambil bermain musik dan bernyanyi.

Bahkan, banyak orang tua yang sengaja mengenalkan mainan keyboard ini, sebelum mereka belajar piano secara serius.

(Baca Juga: 7 Perlengkapan untuk MPASI Ini Wajib Mama Miliki!)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait rekomendasi mainan edukasi untuk anak, yang aman dan bisa meningkatkan kecerdasan otak.

Tak perlu bingung atau menunggu dihadiahi mainan oleh kerabat, kamu sebagai orang tua juga bisa kok beli mainan edukasi sendiri.

Terlebih, mainan edukasi untuk anak, sudah banyak tersedia di berbagai toko mainan offline, maupun online, yang pastinya dengan harga bersaing.

Kamu bisa memilih mainan anak yang berkualitas, dengan harga terbaik. Nah, jika kamu lebih hemat, bisa menggunakan kartu kredit, sebagai sistem pembayarannya.

Beli Mainan Edukasi Anak Pakai Kartu Kredit dari CekAja.com!

Dengan kartu kredit, kamu bisa membeli dan sekaligus mendapatkan berbagai promo menarik.

Mulai dari diskon, cashback, hingga cicilan no persen! Yakin, nggak mau dapat promo kartu kredit yang menarik ini? Yuk, pakai kartu kreditmu untuk belanja!

Kalau belum punya, CekAja.com bisa bantu memilihkan kartu kredit terbaik untuk kamu dan bisa dengan mudah, mengajukan kartu kredit secara online.

CekAja.com juga menyediakan banyak kartu kredit terbaik, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Selain itu, kamu juga dengan mudah membandingkan produk kartu kredit yang satu dengan kartu kredit yang lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan mainan edukasi untuk anak terbaik!