Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Rekomendasi Makanan Anjing Terbaik, Harga, dan Cara Memilihnya

by Vera Khairifah on 6 Januari, 2020

Bagi kamu yang memiliki hewan perliharaan seperti anjing, perawatan yang baik tentu sangat dibutuhkan. Kamu juga harus teliti dalam memilih makanan anjing terbaik agar nutrisi anjing terpenuhi.

Rekomendasi Makanan Anjing Terbaik, Harga, dan Cara Memilihnya

Kebutuhan Nutrisi Anjing

Makanan sangat berperan besar dalam pertumbuhan dan kecerdasan otak anjing. Sama seperti makhlk hidup lainnya, anjing membutuhkan sejumlah nutrisi bagi tubuhnya. Di antaranya sebagai berikut:

Yakni yang menjadi sumber energi, pencegah dehidrasi, meningkatkan kinerja organ pencernaan, serta mampermudah pengangkutan nutrisi ke seluruh tubu.

zat yang menjadi sumber energi utama dan sumber kalori yang penting untuk beraktifitas.

Sangat berperan dalam membangun jaringan tubuh yang rusak, regenerasi sel baru, membuat bulu anjing menjadi lebih lebat, dan mengkoordinasikan fungsi sel dengan organ tubuh.

Dibutuhkan untuk memperlancar metabolisme, dan berfungsi membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi anjing kesayanganmu.

Bermanfaat untuk kinerja otak yang lebih optimal sehingga lebih cerdas. Juga, untuk fokus mata anjing yang lebih baik, menjaga kesehatan kulit dan bulu.

Jenis Makanan Anjing Terbaik

Nah, makanan anjing terbaik juga memiliki berbagai jenis yang tersedia. Berikut penjelasannya:

Daging Asli

Daging asli adalah makanan anjing terbaik yang sudah umum diketahui banyak orang. Jenis makanan konvensional ini paling mudah didapatkan karena tak butuh pengolahan khusus, dan tersedia di pasar.

Anjing merupakan hewan yang karnivor yang mana lebih menyukai daging (dari jenis daging apa saja). Namun, biasanya anjing diberi makan daging sapi. Jika dirasa terlalu mahal atau terbatasnya ketersediaan daging sapi, kamu bisa memberikan daging ayam atau domba.

Daging asli bisa diberikan secara utuh dalam kondisi mentah, maupun yang sudah dimasak. Tergantung dengan selera anjing peliharaanmu.

Dry food

Yang kedua, ada jenis makanan anjing terbaik berupa dry food atau makanan kering. Dry food untuk anjing berbentuk seperti sereal kotak. Kamu bisa meletakkannya di mangkok makanan anjing.

Karena sifatnya yang kering, dry food cenderung tahan lebih lama walaupun kemasannya sudah dibuka atau berada di suhu ruang dalam mangkok yang terbuka.

Penyimpanan pun akan lebih mudah, serta harganya terbilang terjangkau, tak terlalu mahal.

Makanan Anjing Basah

Kalau makanan anjing yang satu ini dikenal dengan rasanya yang lebih enak. Wajar saja, sebab makanan anjing basah memiliki tekstur daging cincang alami, lengkap dengan kandungan air dan lemak yang pas. Ini adalah makanan siap saji, sehingga praktis dan bisa langsung dituang ke wadah makanan.

Dengan rasa yang enak, makanan anjing basah dipercaya mampu meningkatkan selera makan anjing. Untuk anjing tua maupun sedang sakit, ini efektif untuk menggugah nafsu makannya.

Meskipun begitu, makanan anjing basah harganya lebih mahal dan tekturnya berpotensi menimbulkan karang gigi. Kamu perlu memilih jenis makanan basah yang tepat, sebab sekarang sudah ada beberapa makanan basah yang mudah dicerna (tidak merusak gigi).

Cara Memilih Makanan Anjing

Untuk memilih makanan anjing terbaik, perhatikan dulu apakah anjing milikmu memiliki alergi pada jenis daging tertentu. Pastikan makanan anjing terbaik pilihanmu mengandung protein hewani yang dibutuhkan anjing.

Sebab pada dasarnya anjing adalah hewan karnivora, yang menjadikan daging sebagai makanan utama. Meskipun memang anjing juga masih bisa memakan sayuran maupun buah-buahan.

Jadi, pilih makanan anjing terbaik yang berisi daging sapi, daging domba ataupun daging ayam. Banyak orang yang merekomendasikan makanan anjing dengan daging domba sebagai yang terbaik. Karena dipercaya mampu membuat bulu anjing menjadi lebih lebat.

Makanan anjing buatan pabrik seperti dry food dan makanan basah juga lebih direkomendasikan dibandingkan memberikan daging asli. Karena takarannya pas dan sudah pasti mengandung semua nutrisi seimbang.

Namun, kandungan pengawet kimia juga mesti diwaspadai. Jadi, jangan terlalu sering memberikan makanan anjing instan. Berikan selingan daging asli juga, ya.

Harga tak bisa menjadi jaminan untuk menjadi makanan anjing terbaik. Semuanya tergantung dengan kandungan nutrisi dan penyesuaian makanan dengan alergi dan selera setiap anjing.

(Baca Juga: Jenis Anjing Termahal di Dunia Beserta Biaya Perawatan yang Dibutuhkan)
Rekomendasi Makanan Anjing Terbaik

Makanan anjing dijual dengan harga yang variatif. Tergantung dengan berat bersih dan kemasannya. Untuk harga per kilo, dimulai sekitar Rp 36 ribu. Sedangkan harga termahalnya bisa di harga Rp 800 sampai Rp 900 ribu-an per karung kecil 10 kilogram. Berikut rekomendasinya:

1. Royal Canin Sensitive Skin Care

Makanan anjing dewasa asal Perancis yang cukup terkenal dan memiliki banyak varian. Salah satunya Royal Canin Sensitive Skin Care yang cocok untuk anjing dengan kulit yang sensitif dan bulu yang kering dan kurang lebat.

Harga per kilo dari dry food ini sekitar Rp 100 ribu-an.

2. Pedigree Adult & Vegetables Flavour

Merk “Pedigree” juga banyak dijual di pasaran. Makanan anjing basah ini mengandung minyak nabati yang merupakan sumber asam linoleate yang baik untuk menyehatkan kulit dan bulu. Sumber serat juga bermanfaat untuk pencernaan. Harga produk makanan anjing terbaik ini Rp 23 ribu per 500 gram.

3. Zssential Multi-Source Protein

Dry food ini sangat kaya akan protein. Terbuat dari campuran daging ikan, bebek, dan domba, serta sayuran yang mengandung protein nabati lengkap. Lemak yang terkandung di dalam makanan anjing terbaik ini adalah jenis lemak tak jenuh, sehingga baik untuk tubuh anjing.

4. Horizon Complete All Life Stages

Makanan anjing terbaik ini juga masih dalam kategori dry food. Mengandung banyak protein nabati dari berbagai biji-bijian yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

Selain itu, ada campuran daging ayam, gandum, barley atau jelai, gandum hitam, lemak ayam, dan minyak salmon yang baik untuk menjaga berat badan anjing.

Jika anjing peliharaanmu mengalami kelebihan berat badan dan ingin diet sehat, makanan anjing terbaik ini sangat direkomendasikan.

5. Alpo

Makanan anjing dengan merk dagang “Alpo” memiliki banyak jenis yang tersedia, mulai dari dry food maupun makanan basah.

Yang paling direkomendasikan adalah Purina Alpo Prime Cuts with Beef in Gravy yang merupakan makanan anjing basah kalengan dengan potongan daging yang besar. Harga per kalengnya yakni sekitar Rp 22 ribu untuk satu porsi sekali makan.

6. Equilibrio

Ini termasuk ke dalam makanan anjing dengan kandungan sehat. Terdapat berbagai zat yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi, serta memperlancar proses metabolism. Harganya juga cukup murah untuk produk impor, yakni Rp 140 ribu per 2 kilogram.

7. Kennel’s Favourite with Wild

Kennel’s Favourite with Wild memiliki daging yang juicy. Terdiri dari perpaduan daging sapi, rusa, domba, kelinci dan bebek. Terdapat pula banyak vitamin dan mineral, serta keunggulannya yakni tanpa bahan pengawet.

Kemasan makanan anjing terbaik ini adalah kaleng. Harganya sekitar Rp 20 ribu per kaleng untuk satu kali makan.

Makanan anjing bisa kamu dapatkan dengan metode pembayaran kartu kredit yang mudah. Cek dan bandingkan produk kartu kredit sesuai kebutuhanmu di CekAja sekarang!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast