Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Makanan Khas yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh Mudik Lebaran

by Surtan Siahaan on 9 Juli, 2016

Indonesia adalah negeri yang kaya akan makanan-makanan enak. Karena itu, kebiasaan untuk membawa makanan sebagai buah tangan sudah menjadi tradisi bagi orang yang sedang berlibur ke daerah tertentu. Karena sudah musim mudik, tentu banyak yang sudah bersiap-siap untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.

Tapi, jangan lupa membawa oleh-oleh sekembalinya kamu kembali dari mudik. Buat yang berminat untuk mencari makanan sebagai buah tangan, berikut sejumlah ide yang bisa kamu pertimbangkan:

Widget TRV Insurance

Cirebon

Dari Cirebon ada banyak makanan dan minuman yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Untuk minuman, kurang afdal rasanya bila tidak membaa sirup cap Tjampolay. Rasa pisang susu adalah produk paling laris dari minuman khas kota udang satu ini.

Untuk makanan, ikan pari asap adalah salah satu oleh-oleh pupuler dari Cirebon. Bahan makanan satu ini sudah diolah sehingga dijamin tahan lama. Di Cirebon masyarakat biasanya mengolah pari dengan bumbu cabai ijo. (Baca juga: Tips Setting Mobil Buat Mudik Lebaran)

Bogor

Asinan adalah makanan yang sangat identik dengan Bogor. Bagi teman atau famili yang senang mengudap asinan, pasti senang jika kamu membawa oleh-oleh makanan satu ini. Asinan Bogor sendiri terdiri dari asinan buah dan asinan sayur.

Nah, kalau kamu tertarik membawa makanan ini sebagai oleh-oleh mudik, ada satu tempat yang direkomendasi yakni asinan bogor Gedung Dalam di daerah Sukasari Kota Bogor.

Brebes

Kamu yang mudik menggunakan kendaraan pribadi atau bus ke Jawa Tengah sebaiknya tidak melewatkan berburu oleh-oleh di Kota Brebes. Di kota yang ramai dilewati pemudik jalur Pantura ini ada dua hal yang wajib kamu beli yakni telur asin dan bawang merah. Selain harganya yang relatif murah, telur asin dan bawang merah di Brebes juga terkenal enak.

Yogyakarta

Bagi kamu yang mudik ke Yogyakarta, oleh-oleh makanan asal Yogyakarta cuma Bakpia lho. Ada banyak alternatif makanan lain yang tidak kalah lezatnya. Bila kamu ingin membawa oleh-oleh untuk anak muda, ada alternatif cokelat Monggo.

Cokelat khas Yogyakarta ini tdak kalah enak dibandingkan cokelat buatan Eropa. Oleh-oleh lainnya kamu bisa beli Geplak. Makanan manis berbahan ketan yang warna warni ini merupakan makanan khas yang biasa disajikan warga Yogyakarta di hari Lebaran.

Malang

Kota berhawa sejuk ini juga gudangnya makanan. Jadi sangat tepat bila membawa makanan sebagai buah tangan untuk saudara atau temanmu. Selain rasanya yang legit makanan ini juga tahan lama. Salah satu makanan yang direkomendasikan sebagai oleh-oleh adalah Pia Malang.

Makanan satu ini mirip dengan Bakpia Yogyakarta namun teksturnya lebih kering. Kalau tertarik, ada satu merek yang terkenal di Malang yakni Pia Cap Mangkok. Pia malang punya berbagai variasi rasa mulai dari kacang ijo, cokelat, keju bahkan kopi dan durian. (Baca juga: 5 Tips Beli Oleh-oleh Murah Ketika Mudik Lebaran)

Lampung

Tidak sedikit warga Lampung yang merantau ke Jawa. Sekarang adalah waktu yang pas untuk pulangh kampung. Nah, saat kembali ke kota tempat kamu bekerja, ada banyak makanan yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh.

Di Lampung ada dua yang paling yterkenal yakni Kopi Lampung dan Keripik Cokelat. Meski murah meriah, keduanya merupakan makanan khas Lampung yang digemari banyak orang. Jadi sudah pasti teman atau saudara yang diberikan oleh-oleh akan senang.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami