Makanan Korea yang Populer di Indonesia, dari Kimchi hingga Tteokbokki

Makanan Korea yang populer di Indonesia kian meningkat seiring dengan bertambahnya penggemar. Bahkan, gak sedikit pula pebisnis yang membuka gerai kuliner Korea di berbagai wilayah di Tanah Air.

Makanan Korea yang Populer di Indonesia, dari Kimchi hingga Tteokbokki

Demam Korea di Indonesia telah ada sejak beberapa tahun lalu. Tak hanya menyoal musik, drama, makeup, maupun fesyennya. Kuliner dari Negeri Ginseng ini pun kerap diincar oleh penggemar.

Bahkan, tak jarang orang-orang yang sebelumnya tidak memahami dunia per Korea-an turut mencicipinya. Yang paling umum dan pastinya sudah pernah kamu dengar adalah kimchi.

Namun, makanan Korea yang populer di Indonesia enggak hanya kimchi saja kok. Dan berikut ini, informasi lebih lengkapnya mengenai makanan Korea yang popouler di Indonesia.

Deretan Makanan Korea yang Populer di Indonesia

1. Kimchi

Kimchi - Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Mau tahu resep langsing ala orang Korea? Ya, konsumsi kimchi jawabannya. Makanan tradisional ini sering banget lho muncul di drama maupun variety show seperti Run BTS.

Kimchi sendiri adalah asinan sayur yang terbuat dari sawi putih, lobak, kol, ataupun timun, dan difermentasikan, lalu diberi campuran bumbu bawang putih serta jahe khas Korea.

Kimchi termasuk makanan rendah kalori. Bahkan, tak sedikit dari selebriti ternama Korea yang mengonsumsi kimchi sebagai menu dietnya.

Tidak hanya terkenal di negara asalnya, kimchi ini termasuk salah satu makanan Korea yang populer di Indonesia lho. Banyak restoran yang menghidangkan menu kimchi, di mana pelanggan dapat mengonsumsinya sebagai makanan pendamping.

Nah, selain untuk diet nih, konsumsi kimchi juga rupanya bermanfaat untuk melencarkan sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, sampai menurukan risiko kanker.

(Baca Juga: Ini Dia 11 Menu Rahasia Starbuck, Pernah Coba?)

2. Kimbap

Kimbap - Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Kimbap ini adalah sushi ala Korea. Bentuknya serupa dengan sushi Jepang, yang mana makanan tersebut dibuat dari olahan nasi, rumput laut kering, dan diisi dengan sayuran maupun daging.

Menurut orang Korea, arti kata kimbap atau gimbap berasal dari kata ‘gim’ yang artinya rumput laut, dan ‘bap’ beras.

Penamaannya sendiri masih berkaitan dengan tradisi masyarakat di sana, yang gemar menyantap nasi yang dibungkus nori atau rumput laut kering.

Di negera asalnya, Kimbap dijadikan sebagai bekal makanan untuk piknik. Makanan Korea yang populer di Indonesia ini juga menggunakan minyak wijen untuk menambah cita rasanya.

3. Ramyeon pedas

Ramyeon pedas - Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Sudah rahasia umum kalau orang Korea doyan makanan pedas. Salah satu makanannya yang sering dikonsumsi adalah ramyeon

Ramyeon adalah salah satu makanan Korea yang populer di Indonesia. Kebanyakan ramyeon disajikan dalam bentuk kuah dan dimakan langsung dari pancinya.

Cara penyajian ramyeon dengan panci bergagang dua memang adalah tradisi orang Korea.

Mereka juga sangat mementingkan proses memasak ramyeon, di mana bumbu harus dimasukkan terlebih dulu agar kuah dari mienya terasa lezat.

4. Jajangmyeon

Jajangmyeon - Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Selain ramyeon, ada pula jajangmyeon yang termasuk makanan Korea yang populer di Indonesia.

Makanan ini terbuat dari mie yang disajikan dengan saus pasta kacang kedelai hitam bercita rasa asin.

Uniknya, di Korea sendiri, jajangmyeon identik dengan makanan khusus untuk para “jomblo”. Soalnya, di sana terdapat tiga perayaan yaitu Valentine, White Day, dan Black Day.

Kalau Valentine dan White day disimbolkan sebagai hari kasih sayang, Black Day justru adalah hari dimana orang-orang merayakan kesendirian dan kesedihannya.

Di hari tersebut, mereka yang masih lajang akan berbusana serba hitam dan menyantap jajangmyeon.

Bisa dibilang, jajangmyeon adalah makanan identik Korea yang serupa dengan kimchi.

5. Bibimbap

Bibimbap - Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Makanan Korea yang populer di Indonesia lainnya adalah bibimbap. Bibimbap disajikan dengan sayur, daging, telur mata sapi setengah matang, kimchi, saus gochujang, dan nasi.

Sebelum dimakan, biasanya nasi diaduk bersama dengan seluruh lauk, agar menjadi satu dan cita rasanya lebih keluar.

Konon, cikal bakal lahirnya bibimbap karena, kebiasaan petani lokal di Korea yang selalu melewatkan waktu makan akibat terlalu giat bekerja.

Alhasil, ketika para petani makan bersama, mereka akan mencampur semua bekal yang dibawa dan disantap berbarengan.

Penyajian bibimbap di Korea biasanya mesti dalam kondisi panas, sehingga cita rasanya jauh lebih lezat.

Maka dari itu, masyarakat di sana bakal langsung menyantap bibimbap setelah makanan tersebut dikeluarkan dari microwave.

Tapi, ada pula yang menghidangkan bibimbap menggunakan alas makan berbentuk bundar dan terbuat dari batu panas, guna menjaga suhu bibimbap agar tetap hangat.

6. Bulgogi

Bulgogi - Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Bulgogi adalah salah satu olahan daging lezat khas Korea yang sudah diakui dunia. Konon, bulgogi sendiri telah ada sejak zaman Dinasti Goguryeo, kira-kira tahun 37 SM hingga 668 SM.

Di masa dulu, bulgogi hanya bisa dikonsumsi oleh kalangan ningrat saja, tidak seperti sekarang.

Bulgogi disajikan dengan isian berupa irisan bagian sirloin atau tenderloin yang dipanggang, dan dibaluri kecap wijen, lada hitam, serta bawang bombay.

Biasanya, orang Korea akan memakan bulgogi dengan tambahan kimchi, cabai, dan selada, lalu digulung kemudian dimakan tanpa nasi.

(Baca Juga: 6 Makanan Favorit Milenial, Berapa Nilai Gizinya?)

7. Korean garlic bread

Korean garlic bread - Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Kalau makanan Korea yang populer di Indonesia ini memang masih tergolong baru.

Roti yang dibalur mentega dengan isian keju serta taburan bawang putih ini, termasuk street food yang banyak ditemukan di Stasiun Gangnam, Seoul.

Di Korea, garlic cheese bread biasanya dijual seharga 3.900 won atau kira-kira sekitar Rp47 ribu. Kudapan ini termasuk yang tinggi kalori, sehingga kurang cocok dikonsumsi bagi yang tengah diet.

8. Odeng

Odeng - Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Kalau kamu sudah menonton drama Start-Up, berarti enggak akan asing lagi dengan makanan Korea yang populer di Indonesia, yang satu ini.

Odeng termasuk street food yang diolah menggunakan daging ikan, yang dicampur dengan tepung beras, gula, arak beras, dan garam.

Odeng disajikan dengan kuah bening hangat. Teksturnya gurih dan empuk, dimana biasanya orang Korea memakan odeng saat musim dingin tiba.

9. Yangnyeom

Yangnyeom - Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Kalau makanan yang satu ini sih hampir selalu muncul di drama Korea. Yangnyoem adalah ayam goreng pedas khas Negeri Ginseng yang dihidangkan dengan baluran wijen diatasnya.

Makanan ini juga sangat terkenal di Indonesia, bahkan dijadijakn teman ngemil saat kongko bersama.

10. Tteokbokki

Tteokbokki - Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Makanan Korea yang populer di Indonesia ini pasti sudah enggak asing lagi bagi kamu, bukan?

Tteokbokki adalah camilan yang terbuat dari tepung beras lalu dimasak dan disajikan dengan baluran saus gochujang yang pedas manis.

Tteokbokki sendiri sudah ada sejak zaman dinasti Joseon lho. Dimana dulu, makanan ini dijadikan hidangan khas Istana. Isiannya terdiri dari telur rebus, daun bawang, wortel, cabai merah, dan taburan wijen.

Selain sebagai cemilan, nyatanya tteokbikki juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya sebagai penambah energi, menjaga metabolisme tubuh, serta melindungi tubuh dari radikal bebas.

Nah, itu dia beberapa makanan Korea yang populer di Indonesia. Beberapa diantaranya ternyata punya manfaat baik ya untuk tubuh.

Kalau kamu hobi jajan nih, jangan lupa untuk menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksinya.

Pasalnya, dengan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan diskon ataupun cashback dari restoran-restoran Korea yang mungkin menjadi merchant bank tertentu.

Apabila belum punya kartu kredit, kamu bisa kok mengajukannya terlebih dulu di CekAja.com.

Bukan hanya mengajukan, kamu pun dapat membandingkan dulu produknya yang sesuai gaya hidup dan kondisi finansialmu.

Yuk, tunggu apalagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik versimu di CekAja.com, dan nikmati jutaan promonya untuk kulineran.