11 Makanan Paling Enak di Dunia, Ada Rendang dari Indonesia!

Jika membahas soal makanan, memang tidak akan ada habisnya, terlebih jika membahas soal rasa. Kira-kira, dari banyaknya jenis makanan di dunia ini, mana makanan paling enak di dunia ya?

Pasalnya, makanan paling enak di dunia ini, dibuat dengan berbagai macam keunikannya masing-masing. Mulai dari dibuat dengan bahan yang berkualitas, bumbunya yang beragam, cara memasak yang unik, waktu memasak yang dibutuhkan hingga tingkat kesulitan yang harus dilakukan.

Dari keberagam tersebut, terciptalah makanan-makanan enak, dari setiap negara di seluruh dunia. Bahkan, makanan tersebut menjadi ciri khas dari negara asalnya.

Sehingga, banyak orang mengenal makanan tersebut, karena memang menjadi ciri khas, serta asal muasal makanan tersebut tercipta.

Bahkan, beberapa makanan paling enak di dunia ini, juga sudah bisa dinikmati di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, karena kepopulerannya.

Kira-kira apa saja sih, makanan paling enak di dunia? Adakah makanan Indonesia masuk jajaran makanan enak tersebut? Yuk, langsung saja intip informasinya yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

(Baca Juga: Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik)

Makanan Paling Enak di Dunia

1. Rendang – Indonesia

Makanan paling enak di dunia yang pertama ini, memang sangat tidak disangka, dan apa lagi kalau bukan Rendang, dari Indonesia.

Makanan asli Indonesia, tepatnya suku Minang ini, dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia, karena rasanya yang tajam dan nikmat.

Rendang sendiri merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, yang dimasak dengan berbagai macam rempah dan santan.

Daging rendang juga memiliki rasa rempah-rempah, yang sangat meresap sampai ke dalam. Tidak hanya bumbu rempahnya, proses memasaknya pun sampai memakan waktu berjam-jam lamanya.

Tidak hanya orang Indonesia yang mengklaim bahwa rendang adalah makanan terenak. Bahkan, turis dan penduduk luar Indonesia pun, mengakui bahwa rendang sangat enak.

Biasanya, rendang dimakan bersamaan dengan nasi putih hangat, lalapan, dan sambal.

2. Nasi Goreng – Indonesia

Tidak hanya rendang, nasi goreng juga masuk sebagai makanan paling enak di dunia, yang berasal dari Indonesia. Nasi matang yang digoreng ini, menjadi makanan favorit orang Indonesia, karena bisa dimasak dengan berbagai bahan.

Namun, bahan utamanya tetap nasi matang dan rempah. Nasi goreng di Indonesia memiliki banyak varian, sehingga tidak ada ketentuan isi dari nasi goreng itu sendiri.

Varian topping nasi goreng, bisa diisi mulai dari daging sapi, ayam, telur, daging kambing, cumi-cumi, petai, sosis, udang, daun bawang, sawi, kol, juga ikan teri.

Akan lebih mantap, jika nasi goreng disantap dengan telur dadar atau telur ceplok, bawang goreng, acar, dan kerupuk.

Bahkan, mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengakui bahwa makanan ini, merupakan salah satu makanan favoritnya.

3. Paella – Spanyol

Makanan paling enak di dunia yang berikutnya ada paella dari Spanyol. Makanan berupa nasi goreng seafood ala Spanyol ini, memang menjadi makanan khas, yang selalu direkomendasikan orang, untuk dicoba saat melipir ke Spanyol.

Namun, berbeda dengan Indonesia, nasi yang digunakan untuk paella ini, sebelumnya sudah dimasak dengan beberapa bumbu membuatnya berwarna kekuningan dan penuh dengan dedaunan herbal.

Kemudian, nasi ditambahkan dengan beberapa topping seafood, seperti udang, kerang, cumi, dan lobster.

Nah, untuk kamu pecinta seafood, bisa cobain makanan terenak di dunia ini, atau bisa juga buat nasi goreng seafood, namun dengan bumbu dan rempah yang mirip dengan paella.

4. Sushi – Jepang

Tidak hanya di negara asalnya yaitu Jepang, makanan paling enak di dunia selanjutnya ini, juga populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, yakni sushi.

Makanan bernama sushi ini merupakan makanan yang berisi nasi dan ikan, lalu dibalut dengan rumput laut Jepang alias nori.

Tidak hanya berisi ikan, kini sushi memiliki banyak varian isi, mulai dari daging kepiting, udang, ayam, sayur, dan masih banyak lagi.

Agar semakin nikmat, sushi bisa dinikmati dengan kecap asin, bubuk cabai, dan wasabi serta manisan jahe. Jangan lupa, minumnya teh ocha!

5. Poutine – Kanada

Makanan paling enak yang selanjutnya adalah poutine, dari Kanada. Makanan yang terbuat dari kentang ini, jadi mendunia karena rasanya yang lezat.

Adapun, bahan utama kentang, digoreng lalu disiram dengan saus gravy kental, dan ditaburi kubus keju yang gurih.

Saking lezatnya, makanan paling enak di dunia ini, memiliki festival khusus, yakni festival poutine. Tidak hanya itu, makanan ini juga memiliki jam paling disarankan, untuk makan poutine.

Orang Kanada sendiri, menyarankan waktu paling bagus untuk menikmati poutine adalah jam tiga pagi sambil minum bir.

6. Tacos – Meksiko

Siapa di sini yang tidak suka tacos, yakni makanan paling enak di dunia, yang berasal dari Meksiko. Selain enak, makanan ini juga disebut sebagai makanan sehat.

Buat yang belum tahu, tacos sendiri merupakan sebuah roti gepeng berbahan tepung jagung, lalu dimasak hingga matang di pemanggang.

Untuk isiannya, bisa diisi dengan berbagai macam sayuran sehat dan daging. Agar lebih lezat, tacos bisa diberi lumuran saus sambal dancustard.

Karena isinya sehat, maka tacos bisa dijadikan sebagai menu makanan empat sehat yang mudah ditemukan, bahkan dibuat sendiri dengan harganya murah, dan cara makannya sangat praktis.

7. Bulgogi – Korea Selatan

Buat kamu para pecinta drama Korea, pasti tahu makanan paling enak di dunia, yang berasal dari Korea Selatan ini bukan? Ya, bulgogi!

Jika ditelaah lebih dalam, bulgogi secara harfiah, memiliki arti fire meat. Adapun, daging yang digunakan adalah daging sapi, bagian sirloin yang diiris tipis memanjang, lalu dipanggang di atas bara api, hingga matang.

Namun, sebelum dimasak, daging iris tersebut harus melewati proses marinasi dengan bumbu khusus. Bumbu rempah yang digunakan adalah lada hitam, minyak wijen, jahe, saus kedelai, gula, bawang bombay, jamur, dan lain sebagainya.

8. Tom Yum – Thailand

Untuk suka yang berkuah, makanan paling enak di dunia berikutnya ini, pasti orang Indonesia suka. Ya, makanan tersebut adalah Tom Yum, yang berasal dari Thailand.

Terlebih kini tom yum, sedang populer di Indonesia, karena banyak restoran all you can eat, yang menyediakan menu sabu-sabu dengan kuah tom yum.

Jika di Indonesia, tom yum ini, mungkin seperti sayur asam. Karena, makanan ini memiliki cita rasa asam pedas, yang terbuat dari rempah dan bumbu dapur biasa.

Adapun rempah yang digunakan adalah seperti bawang merah, cabai, bawang putih, dan pasta nam prik pao. Bahkan, kini sudah banyak bumbu tom yum instan, yang bisa kamu dapatkan di supermarket.

Nah, untuk isiannya, biasanya ada daging babi, udang, sayuran, aneka jamur, dan masih banyak lagi.

Meski orang Thailand menggunakan daging babi sebagai bahan utama, kamu tetap bisa mencicipinya, dengan mengganti daging babi, dengan daging sapi, aneka seafood, dan lainnya.

Selain kuah bening, makanan asli Thailand ini dikemas dalam dua versi, yakni versi tanpa santan dan versi dengan tambahan santan pada kuahnya. Kamu sendiri lebih suka yang mana?

9. Hummus – Timur Tengah

Makanan paling enak di dunia berikutnya ini, biasa disajikan saat bulan ramadhan, bernama Hummus dari Timur Tengah. Hummus, merupakan saus yang terbuat dari chickpeas, bawang putih, air lemon, dan tahini.

Adapun, bahan-bahan tersebut, dihaluskan jadi satu sampai terbentuk saus pasta kental, yang nantinya akan selalu ada di atas meja, di negara-negara Timur Tengah. Bahkan, hummus ini, menjadi makan side dish wajib, di berbagai negara Timur Tengah.

Apakah kamu hanya memakan saus? Tentu tidak! Hummus, biasanya dimakan bersamaan dengan roti, daging, kacang, dan sayuran.

Menjadi salah satu makanan terenak di dunia, hummus memiliki aroma dan rasa yang khas. Selain itu, bahan utama pembuatan hummus ini, juga bebas dari kandungan hewani.

Sehingga, makanan ini bisa menjadi pilihan menu makanan, untuk para vegetarian dan vegan.

10. Kebab – Turki

Makanan paling enak di dunia yang berikutnya ini, datang dari negara Turki yakni kebab. Jangankan di Turki, di Indonesia kebab sangat populer, bahkan juga jadi makanan favorit.

Selain itu, kebab juga memiliki banyak variasi, seperti doner, iskender, shish kebab cho shish dan lain-lain.

Nah , untuk salah satu kebab yang terkenal di dunia adalah jenis shish kebab. Mengapa? Karena daging yang digunakan kebab jenis ini, diolah dengan cara dipanggang secara perlahan.

Lalu, cara makan kebab ini, biasanya ditemani dengan roti khas yang tipis, dengan isian yang beragam, mulai dari saus, keju, sayuran, serta irisan daging.

11. Peking Duck – China

Terakhir, ada makanan paling enak di dunia, asal China, yakni peking duck, atau bebek peking. Buat yang suka daging bebek, kamu wajib banget cobain menu peking duck, yang kini sudah banyak tersedia di restoran-restoran.

Tidak asal masak, cara pengolahan makanan ini dilakukan dengan sangat hati hati. Bahkan, untuk tingkat kesulitannya bisa dibilang cukup rumit, untuk menghasilkan daging bebek yang sangat lembut, juicy, kulitnya garing dan sama sekali tidak prengus atau amis.

Bukan dengan nasi, biasanya bebek peking disajikan bersama bakwan, bawang, dan saus hoisin. Buat kamu yang nggak suka bebek, dijamin akan langsung doyan, ketika makan peking duck ini.

(Baca Juga: Resep Jajanan Jadul Anak SD)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait makanan paling enak di dunia, dan sebagai orang Indonesia, kita patut bangga, karena salah satu makanan khas kita, masuk dalam jajaran makanan terenak tersebut.

Seperti yang sudah dibahas di atas, jika bicara tentang makanan, memang tidak akan ada habisnya. Termasuk ketika, membicarakan tentang bisnis makanan.

Bisnis makanan, juga menjadi salah satu bisnis yang cukup diminati, dan banyak macamnya. Sehingga, kamu nggak akan kehabisan ide dan pelanggan.

Terlebih, makanan adalah satu hal yang dibutuhkan manusia untuk hidup. Kamu hanya perlu berinovasi, membuat makanan semenarik mungkin, rasa yang unik, kemasan yang praktis, dan pastinya modal usaha yang mumpuni.

Jangan khawatir, jika kamu masih belum memiliki banyak modal usaha, untuk membangun bisnis makananmu. Karena kini kamu bisa mendapatkan tambahan modal, melalui CekAja.com.

Di CekAja.com, kamu bisa mendapatkan banyak pilihan pinjaman kredit tanpa agunan (KTA), dari berbagai perusahaan bank ternama di Indonesia, yang pasti aman dan terpercaya.

Kamu juga bisa membandingkan, mana produk KTA yang lebih cocok dengan kebutuhan, dan kemampuan finansialmu. Cocok banget bukan, buat kamu para pebisnis pemula?

Yuk, tunggu apa lagi? Segara ajukan pinjaman KTA terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.