Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Makanan Penghilang Rasa Lelah

by Rafly Aditia on 8 May, 2016

makanan sehat - CekAja.com

Makanan menjadi sumber energi yang paling penting bagi manusia. Selain itu, mengonsumsi makanan juga merupakan hal yang harus dilakukan oleh manusia untuk mempertahankan hidup. Apalagi saat kamu bekerja keras, tentu tubuh akan terasa lelah karena energi digunakan untuk berpikir dan beraktifitas.

Terkadang saat kamu mengalami kelelahan hebat, tanggung jawab dan pekerjaan sudah menunggu di hari esok. Maka, kamu perlu mempersiapkan tubuh untuk kembali fit dan tetap bugar. Caranya? Gampang kok, cukup konsumsi 5 makanan penghilang rasa lelah berikut ini :

Semangka

Mengonsumsi semangka ternyata bisa menghilangkan rasa lelah yang cukup berat. Menurut Journal Nutrition semangka bisa mengganti cairan yang hilang  ketika volume air dalam tubuh berkurang 1,5 persen.

Dengan kandungan air yang mencapai 90 persen, semangka jadi buah yang tepat saat seseorang mengalami kelelahan dan dehidrasi. Selain itu, rasa manis juga dapat membuat kamu merasa lebih berenergi setelah mengonsumsi buah segar yang satu ini.

Daging Ayam

Daging ayam terutama bagian dada memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Karena itu, daging ayam dapat menghilangkan rasa sakit dan lelah pada otot saat kamu selesai berolahraga atau bekerja keras. Selain itu, dengan kandungan protein yang tinggi serta kadar lemak yang rendah, mengonsumsi daging ayam dipercaya bisa membuat pembentukan tubuh atletis dengan cepat.

Oatmeal

Mungkin bagi kebanyakan orang Indonesia, mengonsumsi oatmeal masih merupakan hal yang asing. Padahal, oatmeal merupakan salah satu sumber karbohidrat yang lebih baik dibandingkan dengan nasi putih.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Lyssie dan Tammy Lakatos, pakar diet dari New York City, kandungan glikogen dalam oatmeal berfungsi sebagai sumber bahan bakar otak dan otot.

Tentunya ini berdampak pada tubuh yang merasa lebih berenergi saat mengonsumsi oatmeal. Rasa lelang bakalan cepat hilang dengan mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks yang satu ini.

(Baca juga: Tujuh Dosa yang Sering Dilakukan di Tempat Kerja)

Bayam

Kamu ingat film kartun “Popeye”? Tokoh kartun tersebut selalu bertambah kuat setiap mengonsumsi bayam. Ternyata, hal itu benar adanya. Sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan vitamin C tinggi yang membantu melawan radikel bebas, selain itu kandungan air yang tinggi, protein dan serat membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan bersemangat.

Tahu

Kabar gembira bagi kamu para pecinta tahu! Ternyata makanan yang diolah dari kedelai ini bermanfaat untuk mengencangkat kulit yang kendur. Hal ini berdampak positif terhadap penampilan seseorang. Ketika mengalami rasa lelah, orang cenderung mengalami keriput atau kerutan halus pada tubuh.

Dengan mengonsumsi tahu, kerutan tersebut bisa hilang sehingga rasa lelah tidak tampak secara fisik karena kamu terlihat lebih bugar dan awet muda.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami