Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Makanan Protein Tinggi yang Baik untuk Tubuh

by Kyla Damasha on 27 Desember, 2019

Makanan protein tinggi memang sangat dibutuhkan oleh manusia guna memenuhi kebutuhan nutrisi dan tentunya membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tidak hanya itu saja, makanan protein tinggi juga sering kali dijadikan sebagai menu diet karena dikenal mampu menurunkan berat badan.

Makanan Protein Tinggi yang Baik untuk Tubuh

Maka dari itu, bagi kamu yang saat ini tengah menjalankan diet sehat dan ingin memiliki berat badan ideal, kira-kira makanan dengan protein tinggi apa saja sih yang baik untuk dikonsumsi?

Makanan Protein Tinggi  yang Baik untuk Tubuh
1. Telur

Telur - Makanan Protein Tinggi yang Baik untuk Tubuh

Tahukan kamu? Ternyata telur merupakan salah satu makanan protein tinggi yang disebut sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia lho. Tidak hanya memiliki kandungan protein yang tinggi semata, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dilansir oleh healthline.com, telur ayam bahkan mengandung kolin yang mampu menjaga kesehatan sistem saraf, hati, dan jantung serta kandungan lutein yang dapat menjaga kesehatan mata.

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa bagian putih di dalam telur ayam merupakan bagian yang memiliki kandungan protein paling tinggi. Namun, untuk kandungan vitamin dan minelar paling banyak justru terdapat di bagian kuningnya. Bagi kamu yang ingin memiliki berat badan ideal, mengkonsumsi telur ayam rebus sebagai menu sarapan setiap hari dapat membuat kamu menjadi kenyang seharian lho. Nah, selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari makanan protein tinggi satu ini yang sangat baik bagi tubuh. Apa sajakah itu?

· Menjaga Kesehatan Mata

Telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan untuk menjaga mata agar tetap sehat, khususnya bagi kamu yang sudah berumur dan tengah mengalami penurunan kemampuan dalam penglihatan. Selain itu, lutein dan zeaxanthin yang paling banyak terkandung di dalam kuning telur juga dapat membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula atau kebutaan yang paling banyak dialami oleh orang yang sudah berumur.

· Untuk Kesehatan Otak

Kandungan kolin yang merupakan zat penting yang sering kali dikelompokan ke dalam vitamin B pada telur dikenal mampu menjaga kesehatan otak karena dibutuhkan untuk membangun membran sel serta membantu dalam memproduksi molekul sinyal dalam otak. Tidak hanya itu saja, kolin juga memiliki peran penting dalam memecah asam amino homosistein yang memiliki keterikatan pada perkembangan penyakit jantung.

·  Menurunkan kadar trigliserida dalam darah

Kandungan lainnya yang terdapat di dalam makanan protein tinggi satu ini adalah asam lemak omega 3 yang mampu menurunkan trigliserida dalam darah. Bagi yang belum tahu, kadar trigliserida yang tinggi dalam darah dikenal mampu meningkatkan risiko dari penyakit jantung, yang tentunya merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Nah, dengan mengkonsumsi setidaknya 5 butir telur selama 3 minggu, kandungan trigliserida di dalam darah bahkan sudah mengalami penurunan hingga mencapai 16 – 18%.

·  Mengandung Asam Amino Penting dalam Jumlah Cukup

Asam amino merupakan sebuah senyawa penyusun protein yang sangat dibutuhkan untuk berbagai bentuk perkembangan sel-sel yang terjadi di dalam tubuh, baik yang bekerja untuk tujuan struktural maupun fungsional. Kandungan protein yang terdapat di dalam telur dapat meningkatkan massa otot serta membantu kerja otot. Satu butil telur besar mengandung setidaknya 6 gram protein yang mana terdiri dari asam amino penting dalam jumlah cukup yang sesuai dengan yang diperlukan oleh tubuh.

(Baca juga: Pentingnya Ikan Salmon untuk Ibu Menyusui)

2. Dada Ayam

Dada Ayam - Makanan Protein Tinggi yang Baik untuk Tubuh

Bagi yang tengah menjalankan diet, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan dada ayam yang sering kali dianjurkan oleh pakar kesehatan untuk dikonsumsi guna mendapatkan berat badan ideal. Pasalnya, dada ayam memang merupakan salah satu makanan protein tinggi yang mengandung rendah kalori namun juga dapat membuat kamu kenyang seharian.

Protein yang terdapat di dalam 1 ons dada ayam rebus tanpa bumbu sangatlah tinggi, yaitu 31 gram per ons. Tidak hanya memiliki kadar garam yang rendah, mengkonsumsi dada ayam juga sangat disarankan untuk mengurangi risiko terkena hipertensi.

Selain itu, dada ayam juga memiliki manfaat lainnya yang sangat baik bagi tubuh, diantaranya adalah:

· Anti-depresan Alami

Dada ayam memiliki kandungan asam amino yang dikenal sebagai triptofan untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Jika kamu tengah merasa tertekan, sedih, ataupun ketegangan, mengkonsumsi dada ayam dipercaya dapat meningkatkan kadar serotonin otak yang membantu untuk memperbaiki mood serta menghilangkan stress.

· Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dada ayam tidak hanya mengandung protein, melainkan juga mineral dan vitamin B yang berfungsi dalam mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti katarak, kelainan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur pencernaan, serta mencegah terjadinya risiko penyakit jantung.

· Meningkatkan Metabolisme

Dada ayam mengandung vitamin B6 yang dapat mendorong reaksi dan enzim seluler metabolik. Dalam arti ialah bahwa seseorang yang mengkonsumsi dada ayam akan menjaga kesehatan pembuluh darah mereka. Dada ayam juga akan menjaga tingkat energi kamu agar tetap tinggi serta meningkatkan metabolisme agar tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

3. Greek Yogurt

Greek Yogurt - Makanan Protein Tinggi yang Baik untuk Tubuh

Sebenarnya tidak hanya greek yogurt melainkan yogurt pada umumnya memang mengandung protein yang cukup banyak. Namun dilansir oleh majalah Prevention, greek yogurt justru merupakan jenis yogurt yang paling baik untuk kesehatan tubuh. Mengapa? Karena greek yogurt itu sendiri mengandung 2 kali lebih banyak protein dibandingkan jenis-jenis yogurt lainnya.

Tidak hanya itu, greek yogurt juga mengandung bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan pencernaan serta mengurangi perut buncit. Meskipun greek yogurt sangat sehat, tetapi kamu tetap harus berhati-hati pada bahan yang terkandung di dalamnya. Pastikan bahwa greek yogurt yang kamu konsumsi tidak ditambahkan oleh zat aditif buatan ataupun gula tambahan yang membuat yogurt tersebut menjadi tidak sehat. Selain itu, greek yogurt juga memiliki manfaat-manfaat lainnya yang dilansir oleh hellosehat.com, yaitu seperti:

· Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Greek yogurt memiliki kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik untuk membantu dalam meningkatkan pertumbuhan bakter baik lainnya di dalam usus, sehingga hal tersebut juga bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi sakit perut dan diare. Tidak hanya itu, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa probiotik juga dapat mempengaruhi kondisi otak lho, mulai dari mencegah otak untuk memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan kesedihan, hingga memberbaiki pikiran mengenai hal-hal baik.

· Memperkuat Tulang

Manfaat lainnya dari makanan protein tinggi satu ini yaitu memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis bagi yang sudah berumur. Hal tersebut dikarenakan greek yogurt mengandung kalsium yang cukup tinggi dan menjadi kunci untuk membangun serta mempertahankan fungsi otot dan tulang agar tetap sehat.

· Rendah Karbohidrat

Greek yogurt mengandung gula yang lebih rendah dibandingkan jenis yogurt lainnya, sehingga hal tersebut juga membuat kandungan karbohidrat di dalamnya menjadi lebih sedikit pula. Maka dari itu, greek yogurt sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang tengah menjalani diet rendah karbohidrat.

· Kaya akan Vitamin B-12

Meski memiliki kandungan gula yang rendah, greek yogurt tetap memberikan vitamin dan mineral yang cukup bagi tubuh, salah satunya seperti vitamin B-12. Hal tersebut dikarenakan satu porsi greek yogurt bisa memenuhi hingga 21% kebutuhan vitamin B-12 harian kamu. Dalam hal ini, vitamin B-12 berperan dalam pembentukan sel darah merah, menunjang fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mengkonsumsi greek yogurt jika sedang menghindari mengkonsumsi ikan, daging, ataupun telur.

4. Keju Mozarella

Keju Mozarella - Makanan Protein Tinggi yang Baik untuk Tubuh

Siapa disini yang gemar mengkonsumsi keju? Bagi sebagian orang, hadirnya keju memang bisa dijadikan sebagai penyedap untuk beberapa jenis hidangan. Nah, bagi kamu yang senang mengkonsumsi keju, maka berbahagialah bahwa ternyata keju mozarella masuk ke dalam salah satu jajaran makanan protein tinggi yang disarankan untuk kamu konsumsi lho.

Makanan protein tinggi khas Italia yang biasanya terbuat dari susu sapi atau kerbau ini mengandung sekitar 26 gram protein per ons. Tidah hanya itu saja, keju mozarella juga mengandung probiotik yang tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, makan protein tinggi satu ini juga memiliki manfaat lainnya bagi tubuh lho, diantaranya seperti:

· Mencegah Serangan Migrain

Kandungan vitamin B2 atau riboflavin bisa membantu dalam mencegah terjadinya serangan migrain. Keju mozarella juga baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya anemia. Makanan protein tinggi satu ini juga terbukti memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah penyakit infeksi.

· Menurunkan Berat Badan

Seng merupakan mineral vital yang terdapat di dalam keju mozarella yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit serta meningkatkan jumlah sel darah putih. Kandungan ini juga bisa membantu fungsi kelenjar prostat dengan baik serta membantu dalam menurunkan berat badan berlebih.

· Mengendalikan Kolesterol

Keju mozarella mengandung vitamin B3 atau niacin yang memiliki peran penting dalam merubah melak menjadi energi yang sesuai dalam tubuh manusia. Selain itu, niacin itu sendiri juga dapat membantu dalam mengendalikan kolesterol serta mencegah timbulnya penyakit seperti diabetes dan arthritis.

(Baca juga: Makanan Penambah Darah Paling Ampuh)

Belum memiliki asuransi kesehatan yang bisa menjamin kebutuhan akan masa depan kamu? Yuk ajukan di CekAja dengan biaya premi murah dan terjangkau!

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda