Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Makanan Tahan Lama yang Bisa Diandalkan Saat Social Distancing

by Anes Saputra on 19 Maret, 2020

Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di Indonesia. Pemerintah memberikan imbuan agar masyarakat menjauhi kerumunan, belajar di rumah, bekerja dari rumah, dan usahakan untuk melakukan social distancing atau karantina mandiri (self-quarantine) bagi mereka yang berstatus orang dalam pengawasan (ODP).

belanja bulanan hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Saat kamu memutuskan untuk melakukan self-quarantine artinya kamu tidak boleh meninggalkan rumah atau apartemen tempat tinggalmu sampai waktu yang dirasa cukup dan kondisi aman.

Nah, mengingat kamu tidak boleh melakukan interaksi dengan orang lain dan tidak bisa keluar rumah meski hanya beberapa menit, kamu tentu butuh persiapan. 

Salah satu persiapan paling utama adalah terkait persediaan makanan. Biar kamu tidak perlu keluar rumah atau pergi ke pasar dan supermarket lagi, kamu harus sudah menyediakan stok yang cukup untuk setidaknya untuk persediaan makan selama 14 hari. 

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang bukan hanya bernutrisi tapi juga awet dan cocok untuk dijadikan sebagai persediaan tanpa khawatir akan segera busuk. Bahan ini juga cukup mudah diolah. 

  1. Beras

Beras - Makanan Tahan Lama yang Bisa Diandalkan Saat Social Distancing

Yang pertama dan utama adalah beras putih. Ini wajib banget ada. Jangan sampai kamu terlalu fokus dengan sayur, buah, atau bahan lainnya tapi melupakan yang paling pokok yakni beras. 

Pastikan persediaan beras kamu cukup untuk makan setidaknya selama 14 hari. Kamu tidak usah khawatir untuk membeli beras dalam jumlah agak banyak. Beras putih akan baik-baik saja bahkan penelitian sempat mengklaim bahwa beras putih bisa disimpan sampai 30 tahun. 

Mungkin ada yang bertanya, apakah beras merah bisa menggantikan beras putih supaya lebih sehat? Sebenarnya dari segi ketahanan, beras merah lebih mudah tengik. 

  1. Buah Kering

Buah Kering - Makanan Tahan Lama yang Bisa Diandalkan Saat Social Distancing

Jika kamu tidak bisa menyimpan banyak buah segar, tidak perlu khawatir. Serat buah yang kamu butuhkan setiap harinya bisa dipenuhi dengan cara lain. Silakan menyimpan buah kering sebagai alternatifnya. Dua rekomendasi buah kering yang cukup mudah didapatkan dan juga awet adalah kurma dan kismis. 

Jika kamu menyimpannya dalam suhu ruangan, kurma masih akan tetap enak dimakan meski sudah disimpan selama 1 hingga 2 bulan. Kalau kamu menyimpannya di kulkas akan bertahan lebih lama lagi loh sampai dua tahunan. 

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan - Makanan Tahan Lama yang Bisa Diandalkan Saat Social Distancing

Indonesia punya banyak jenis kacang yang mudah dan tahan lama untuk disimpan. Misalnya saja kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang lainnya. Bahan-bahan tersebut bisa kamu olah menjadi berbagai macam masakan agar kamu tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. 

(Baca juga: Mengenal Apa Itu Social Distance agar Tidak Jadi Korban Corona)

Sekadar informasi tambahan, kacang kering yang disimpan secara rapat masih akan memiliki kualitas bagus setelah 1 hingga 2 tahun penyimpanan. Tidak heran jika kacang kering sering masuk dalam daftar makanan yang wajib distok untuk menghadapi bencana. 

  1. Telur

Telur - Makanan Tahan Lama yang Bisa Diandalkan Saat Social Distancing

Bukankah telur merupakan bahan yang kurang tahan lama? Sebenarnya jika masa karantina yang kamu lakukan hanya sekitar 14 hari, telur masih bisa masuk dalam daftar bahan makanan yang wajib kamu miliki. 

Telur terbukti mampu bertahan maksimal tiga minggu jika disimpan dengan benar menggunakan karton yang biasa digunakan untuk meletakkan telur. Bahan makanan ini tentu akan sangat berguna dalam masa karantina mengingat ini adalah bahan makanan yang cukup bisa diandalkan. 

Kamu bisa membuat berbagai macam olahan hanya dengan bahan dasar telur. Cara mengolahnya juga tidak rumit. Jika kamu terlalu malas untuk membuat memasak, tinggal bikin telur goreng saja sudah cukup enak untuk disantap. 

  1. Sereal

Sereal - Makanan Tahan Lama yang Bisa Diandalkan Saat Social Distancing

Bahan makanan lain yang sederhana, mudah diolah, dan tahan lama adalah sereal. Ada satu tips nih dalam membeli sereal. Usahakan untuk memilih multigrain yah supaya kandungan seratnya lebih tinggi. 

Takut nanti sereal akan mudah melempem dan akhirnya malah tidak bisa dimakan? Solusinya adalah beli sereal dengan kemasan kecil yang memang khusus untuk sekali penyajian. 

  1. Granola Bar

Granola Bar - Makanan Tahan Lama yang Bisa Diandalkan Saat Social Distancing

Pasti akan bosan kalau hanya di rumah tanpa nyemil. Untuk itu kamu bisa membeli beberapa granola bar yang bisa kamu jadikan camilan sehat. Daya tahannya juga sudah tentu lama. 

Selain itu, granola bar juga biasanya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Itu artinya kamu akan cepat merasa lebih kenyang tanpa banyak menyantap makanan. 

  1. Sup Kemasan

Sup Kemasan - Makanan Tahan Lama yang Bisa Diandalkan Saat Social Distancing

Yang terakhir adalah sup kemasan. Ini adalah makanan yang sudah tentu bisa disimpan dalam waktu lama dan bisa diandalkan untuk kondisi darurat. Sup kemasan yang masih utuh atau belum dibuka bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Untuk lebih meyakinkan lagi, kamu bisa cek tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. 

Hanya saja kamu harus siap menerima kalau rasa dari sup kemasan mungkin tidak seenak keliatannya. Kamu juga tidak bisa membandingkannya dengan sup atau sayur segar yang dimasak dari bahan segar. 

Kamu bisa menambah bahan makanan lainnya tapi pastikan kamu sudah tahu daya tahannya. Pilihlah bahan makanan yang daya tahannya lama dan akan tetap berkualitas meski tidak langsung dikonsumsi. Jangan impulsive juga ya. 

Kalau tanggal gajian masih jauh, tetapi stok makanan di rumah sudah menipis. Tidak ada salahnya mengajukan pinjaman online kepada perusahaan peer to peer (P2P) lending yang resmi dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Segera lunasi utang tersebut di kesempatan pertama setelah kamu gajian.

(Baca juga: Cara Pinjam Dana Cepat Lewat Cairin.id yang Aman dan Terdaftar OJK)

Salah satu perusahaan P2P lending yang aman dan terdaftar di OJK adalah PT Idana Solusi Sejahtera, pemegang bendera Cairin. Perusahaan tersebut  telah mengantongi izin dari OJK Nomor S-216/NB.213/2019, yang membuat layanan P2P nya aman untuk digunakan.

Cairin sendiri tidak menuntut persyaratan yang neko-neko bagi kamu yang membutuhkan pinjaman dana cepat.

Kamu hanya perlu menyiapkan KTP yang nantinya bakal kamu foto untuk di-upload di aplikasi Cairin. Selain itu, agar bisa mengajukan pinjaman, kamu hanya dipersyaratkan berusia minimal 20 tahun yang memiliki rekening pribadi serta memiliki pekerjaan atau penghasilan.

Selanjutnya ikuti empat langkah sederhana agar pengajuan pinjamanmu dapat diproses dan dikabulkan pihak Cairin. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Unduh dan install aplikasi Cairin di smartphone kamu;
  2. Isi dan lengkapi data pribadimu sebagaimana yang diminta aplikasi;
  3. Tunggu proses verifikasi dari pihak Cairin;
  4. Saat verifikasi selesai, pinjaman akan dicairkan melalui nomor rekening yang kamu daftarkan.

Semakin lengkap dan jelas informasi yang kamu bagikan, tentu akan semakin besar kesempatan untuk lolos verifikasi dan semakin cepat pinjamanmu cair. Ajukan pinjaman online Cairin melalui CekAja.com, sekarang juga!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke