5 Makanan untuk Penderita Vertigo Tanpa Menyebabkan Efek Samping

4 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Penyakit vertigo adalah penyakit yang menyerang bagian kepala, dimana penderitanya bakal merasakan sensasi pusing terus-menerus yang nantinya turut mempengaruhi keseimbangan tubuh. Meskipun vertigo bisa hilang tanpa menggunakan obat, tetapi kamu juga harus mencegah munculnya kembali penyakit ini dengan rutin mengonsumsi makanan untuk penderita vertigo.

Istilah penyakit vertigo seringali merujuk pada kondisi dimana fungsi vestibular pada telinga bagian dalam terganggu, sehingga menyebabkan kemampuan keseimbangan tubuh seseorang menjadi berkurang. Selain itu, vertigo juga bisa muncul karena tekanan darah menurun dan dehidrasi.

Seorang penderita vertigo bakal merasakan beberapa gejala umum seperti mual dan muntah, pendengaran menjadi terganggu, berkeringat, hingga pergerakan bola mata yang abnormal.

Mengenal Jenis Vertigo

Mencegah memang merupakan cara terbaik dan salah satunya dengan rutin mengonsumsi makanan untuk penderita vertigo. Namun itu saja tidak cukup, karena kamu juga harus paham akan penyebab dari jenis-jenis vertigo itu sendiri. Berikut ini penjelasannya:

  • Vertigo Sentral

Vertigo sentral merupakan jenis penyakit vertigo yang kerap terjadi pada bagian sistem saraf pusat, yaitu otak. Penyebab terjadinya sangat beragam, mulai dari cedera di bagian kepala, multiple sclerosis, tumor otak, hingga stroke.

Memang sih bila dibandingkan dengan vertigo periferal, penyakit vertigo sentral lebih jarang terjadi. Namun bakal sangat menyakitkan bila kamu sudah mengalami berbagai gejalanya seperti lemas, gerak mata tidak terkontrol dan gangguan pendengaran dalam jangka waktu lama.

  • Vertigo Periferal

Vertgio periferal adalah jenis vertigo yang paling sering dialami dengan gejala seperti pusing, berkeringat, suara berdenging di telinga, serta mual dan muntah. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan pada bagian dalam telinga, sehingga penderitanya kehilangan kemampuan untuk mengatur keseimbangan tubuh.

Makanan untuk Penderita Vertigo

1. Tuna

Tuna - Makanan untuk Penderita Vertigo Tanpa Menyebabkan Efek Samping

Tuna termasuk dalam rekomendasi makanan untuk penderita vertigo, yang mana didalamnya terdapat kandungan vitamin B6 untuk mengurangi munculnya gejala penyakit ini.

Menurut laman Everyday Health, vitamin B6 sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi sel otak dan sel-sel sistem saraf, serta membantu tubuh memproduksi hormone serotonin.

Kamu bisa mengonsumsi tuna 2 kali dalam seminggu dan tidak boleh lebih dari itu. Karena nyatanya ikan tuna memiliki kandungan merkuri tinggi yang dapat membahayakan sistem saraf.

2. Alpukat

Alpukat - Makanan untuk Penderita Vertigo Tanpa Menyebabkan Efek Samping

Sama halnya dengan tuna, alpukat juga dikenal sebagai makanan untuk penderita vertigo lantaran kandungan vitamin B6 dan lemak tak jenuhnya yang berkhasiat baik bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi alpukat dalam bentuk jus, smoothies, dimakan langsung, atau menjadikannya salad buah.

3. Jahe

Jahe - Makanan untuk Penderita Vertigo Tanpa Menyebabkan Efek Samping

Sudah sejak lama, jahe dikenal sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit, tidak terkecuali vertigo. Ketika penyakit vertigo yang diderita kambuh, segera seduh akar jahe atau jahe bubuk dengan air hangat. Tambahkan pula daun mint atau madu ke dalam air rebusan untuk menghilangkan rasa mual dan memberikan kehangatan untuk tubuh.

4. Pisang

Pisang - Makanan untuk Penderita Vertigo Tanpa Menyebabkan Efek Samping

Selanjutnya makanan untuk penderita vertigo yang dapat kamu konsumsi adalah pisang. Kalium yang terdapat pada pisang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, buah ini juga disebut sebagai makanan penambah energi sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebagai makanan untuk penderita vertigo, kamu dapat mengonsumsi pisang dengan cara dimakan langsung atau menempelkan kulit pisang pada bagian dahui untuk meredakan sakit kepala yang menyerang.

5. Bayam

Bayam - Makanan untuk Penderita Vertigo Tanpa Menyebabkan Efek Samping

Bayam juga termasuk satu diantara rekomendasi makanan untuk penderita vertigo karena kandungannya yang kaya akan vitamin E. Peran vitamin E bagi tubuh manusia antara lain adalah membantu melancarkan peredaran darah, menjaga elastisitas pembuluh darah, serta meredakan pusing akibat penyakit vertigo yang diderita.

(Baca Juga: 15 Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Paling Direkomendasikan)

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Vertigo

1. Makanan yang mengandung garam

Kandungan sodium dalam garang memang dibutuhkan tubuh namun dengan takaran yang pas. Bila lebih dari batas normal, garam tak ubahnya menjadi makanan untuk penderita vertigo yang harus dihindari. Dengan mengonsumsi garam secara berlebihan, menyebabkan fungsi keseimbangan tubuh menjadi berkurang.

Beberapa makanan yang mengandung garam dan harus kamu hindari speerti popcorn, keju, keripik dan makanan kaleng.

2. Makanan dengan kandungan gula tinggi

Boleh-boleh saja sebenarnya mengonsumsi makanan yang mengandung gula, namun untuk penderita vertigo sebaiknya lebih dibatasi karena menurut laman livestrong, makanan yang terlalu banyak mengandung gula dapat menyebabkan fluktuasi volume cairan di telingan meningkat dan memicu munculnya gejala vertigo.

Sebagai alternatif, kamu bisa memgonsumsi makanan untuk penderita vertigo yang berasal dari kacang-kacangan, kentang, dan sayuran.

3. Makanan dan minuman berkafein

Bagi sebagian orang, sehari tanpa menyeruput kopi rasanya tentu tak lengkap. Apalagi kini tren kedai kopi sedang ramai diminati khususnya kalangan remaja hingga dewasa. Namun tahukah kamu dengan mengonsumsi kopi secara berlebih justru memicu munculnya gejala vertigo?

Hal tersebut dikarenakan kandungan kafein yang ada dalam kopi mampu memberikan sensasi dengungan di dalam telinga. Sehingga minuman yang satu ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak, terlebih untuk penderita vertigo.

Tak hanya kopi saja, ada pula makanan untuk penderita vertio yang mengandung kafein dan harus dihindari, seperti cokelat, es krim, kuaci, hingga permen penyegar nafas.

Itulah beberapa pembahasan menarik seputar makanan untuk penderita vertigo beserta jenis makanan lainnya yang harus dihindari. Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan yang benar memang sudah selayaknya dilakukan.

Namun tidak hanya itu saja, kamu pun harus memiliki perlindungan lainnya seperti asuransi kesehatan yang sewaktu-waktu bakal sangat dibutuhkan.

Untuk masalah pengajuan asuransi kesehatannya sendiri, langsung saja kunjungi laman CekAja dan pilih yang sesuai kebutuhanmu. Yuk, tunggu apalagi? Segera akses CekAja.com dan ucapkan selamat tinggal untuk penyakit vertigo!

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri