Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Makin ‘Jadi’, Ini Rahasia Tubuh Atletis Pevita Pearce

by Sindhi Aderianti on 6 December, 2019

Pevita Pearce viral dengan aksi tembak-tembakan dan bela dirinya di iklan terbaru GoPay. Nah yang bikin netizen salah fokus, badan wanita blasteran Inggris ini semakin ‘jadi’. Berotot tapi tetap cantik menawan!

Pevita Pearce

Demi total memerankan tokoh superhero Sri Asih, Pevita Pearce memang dituntut untuk membentuk tubuh yang lebih atletis. Hasilnya sepadan, perut kotak-kotak, biceps dan triceps terbentuk sempurna, otot punggung pun mulai terlihat.

Badan yang berotot dan perut six pack nyatanya tak hanya pantas dimiliki oleh kaum adam. Wanita pun bisa terlihat seksi dengan tubuh seperti itu. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Missouri-Kansas City menunjukkan standar kecantikan sekarang telah berubah. Kini, tubuh yang bugar, kencang, berotot, dan sehat, dinilai lebih menarik.

Biar Punya Badan Kayak Pevita, Ini Rahasianya!

Punya tubuh yang ideal dan berotot, tentu mustahil didapat secara instan. Di beberapa postingan Instagram-nya saja, adik Keenan Pearce ini nampak tak pernah absen nge-gym. Kebiasaan makan pun ia ubah dengan lebih memperbanyak protein.

Start doing, stop wishing! Agar bisa memiliki body goals seperti Pevita Pearce, selengkapnya ikuti cara-cara berikut ini:

1. Atur pola makan

Atur pola makan - Makin Jadi Ini Rahasia Tubuh Atletis Pevita Pearce

Kunci punya badan yang ideal semua berawal dari pola makan. Bahkan menurut beberapa ahli, keberhasilan diet seseorang adalah 80% pola makan dan 20% olahraga. Kombinasi yang seimbang antara dua hal ini amat diperlukan bila seseorang benar-benar serius ingin membentuk tubuhnya jadi lebih atletis.

Agar langsing sekaligus membentuk otot-otot indah, lupakan makanan tinggi gula dan garam. Sebab keduanya memberi pengaruh buruk terhadap metabolisme seseorang. Ganti dengan memperbanyak asupak protein hewani dan nabati. Seperti daging putih, tempe, dan putih telur.

Menurut National Strength and Conditioning Association (NSCA), sebaiknya pasokan protein harian sebanyak 12 hingga 15% dari jumlah kalori harian. Sementara sebanyak 55 hingga 60%, bisa diisi dengan makanan berkarbohidrat dan 25 hingga 30% diisi lemak.

(Baca juga: Diet Jantung Sehat, Ini 8 Cara Menyenangkan untuk Mempraktekannya)
2. Latihan beban

Latihan beban - Makin Jadi Ini Rahasia Tubuh Atletis Pevita Pearce

Selanjutnya, mulai latihan beban. Fokuslah pada kelompok otot-otot besar seperti dada, punggung, dan kaki. Kemudian, tambahkan beberapa latihan lain seperti squat, deadlift, pull up, bench press, dips, serta bent over rows agar pembentukan otot lebih efektif. Selain itu, bantu tubuh untuk membentuk otot dengan mengurangi olahraga kardio. Sebab kardio hanya memfokuskan setiap gerakan untuk membakar kalori saja, bukan membentuk otot.

3. Makan 3 jam sekali

Makan 3 jam sekali - Makin Jadi Ini Rahasia Tubuh Atletis Pevita Pearce

Jangan kaget dulu, cara ini tak akan membuatmu jadi gemuk. Makan tiga jam sekali yang dimaksud khusus untuk mengonsumsi sumber-sumber protein saja. Semakin rutin, maka jumlah protein yang banyak diterima tubuh akan lebih cepat diantarkan ke otot. Kamu bisa membagi waktu makan ke dalam 6 sesi dalam sehari. Namun, pastikan takaran proteinnya minimal sekitar 20 gram/porsi.

4. Minum protein shake

Minum protein shake - Makin Jadi Ini Rahasia Tubuh Atletis Pevita Pearce

Untuk melengkapi serangkaian usaha body building yang kamu lakukan, jangan lupa konsumsi protein shake. Konsumsi maksimal satu gelas shake usai nge-gym. Usahakan shake tersebut mengandung rasio sekitar 40-50 gram karbohidrat dan 20-30 gram protein. Cairan ini ampuh menstabilkan sistem hormonal, memungkinkan regenerasi jaringan, serta menjaga gula darah tetap stabil. Sehingga tubuh atletis pun semakin mungkin didapat.

5. Tidur lebih cepat

Tidur lebih cepat - Makin Jadi Ini Rahasia Tubuh Atletis Pevita Pearce

Metabolisme adalah sistem dalam tubuh yang bertugas mengubah kalori jadi energi. Percuma kalau sudah latihan capek-capek, tapi masih begadang sampai tengah malam. Karena saat tidur, otot pun akan tumbuh dan terbentuk. Oleh karena itu, kamu juga perlu memperbaiki jam dan durasi tidur.

Suatu penelitian yang dilakukan Pennsylvania University kepada 36 orang dewasa selama 5 hari, membuktikan hal tersebut. Mereka diizinkan tidur hanya selama 4 jam tiap malam. Hasilnya, kurang tidur saat malam menyebabkan metabolisme tubuh jadi melambat 50 hingga 60 kalori per hari.

Dikritik Netizen

Fitness menjadi kegiatan rutin Pevita setiap hari. Tak jarang setelah merampungkan sesi latihan, ia mengabadikan foto-foto dirinya yang sudah makin atletis melalui Instagram.

Tangan dan paha kekarnya memancing komentar dari netizen. Banyak tuai pujian, tapi ada pula yang justru mengkritik. Akun berinisial A itu menyatakan kalau tubuh berotot yang dipamerkan Pevita justru tak disukai lawan jenis. Karena menurutnya, laki-laki lebih menyukai tubuh perempuan yang feminim.

Pevita pun memberi balasan menohok dari kritik yang diterima. “Bukan bermaksud apa-apa tetapi apa yang saya lakukan untuk diri sendiri bukan untuk cowok seperti Anda,” pungkasnya.

Iklan GoPay yang mengambil konsep PUBG hanyalah intro, sebelum Pevita beraksi ‘lebih action‘ lagi  sebagai Sri Asih. Film garapan Upi Afianto ini kabarnya akan segera diproduksi pada Maret 2020. Sri Asih sendiri merupakan film kedua dari rangkaian Jagad Sinema Bumilangit Jilid I setelah Gundala.

(Baca juga: Pengantin Zumba Viral, Ini Manfaat Olahraga Dance Tersebut Bagi Tubuh)

Jika Gundala memiliki kekuatan dari petir, Sri tak kalah hebat dari itu. Tubuhnya bisa membesar dan memperbanyak diri, bahkan setara kuat dengan 250 pria. Pantas saja Pevita harus latihan membentuk tubuh sampai atletis dan berotot!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.