Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Mana Lebih Murah, TIKI, JNE, POS, Atau Wahana?

by Rafly Aditia on 19 April, 2016

Saat ini, masyarakat Indonesia sudah semakin akrab dengan aktivitas jual beli online. Karena itu pula, perusahaan logistik yang menawarkan jasa pengiriman barang terus bertambah dari waktu ke waktu.

Bagi pengguna jasa logistik,  kali ini tim CekAja.com menyajikan perbandingan harga layanan kurir terbesar yang ada di Indonesia dengan contoh kasus pengiriman dari Jakarta ke Kota Bandung. Kamu pun dapat memilih layanan kurir yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kantong. Berikut perbandingannya:

JNE, Rp 10 ribu

Layanan kurir yang paling populer dalam dunia jual beli online, JNE menjadi primadona banyak orang. Dengan harga murah serta pelayanan yang memuaskan para pelanggannya, JNE memiliki beberapa macam dan kategori pengiriman barang.

Salah satu yang termurah adalah paket Oke. Untuk pengiriman dari Jakarta ke Bandung, kamu bisa menggunakan paket Oke milik JNE seharga Rp 10 ribu per satu kilogram dengan estimasi pengiriman barang sekitar 2-3 hari kerja.

(Baca juga: 5 Camilan Sehat yang Bisa Kamu Nikmati Sambil Kerja di Kantor)

POS Indonesia, Rp 15 ribu

POS Indonesia merupakan layanan kurir BUMN yang didirikan sejak 26 Agustus 1746. Memiliki kantor pusat di Bandung, Jawa Barat, Pos Indonesia terkenal dengan logo burung berwarna oranye. Kalau kamu mau kirim surat dari Jakarta ke Bandung, bisa menggunakan paket Surat Kilat Khusus seharga Rp 15 ribu dengan estimasi waktu sampai maksimal 4 hari kerja.

Tiki, Rp 8 ribu

Tiki merupakan jasa kurir yang namanya sangat terkenal di Indonesia. Tiki memiliki reputasi yang cukup baik dengan mengutamakan pelayanan dan harga yang bersahabat untuk para pelanggannya.

Buat para mahasiswa yang suka jual beli online, paket Economi Service dari Tiki cocok untuk kalian. Dari Jakarta ke Bandung, harga paket Economi Service hanya Rp 8 ribu dengan estimasi waktu pengiriman maksimal 7 hari kerja.

(Baca juga: Bagaimana Kehidupan Anak-Anak Miliarder Dunia?)

Wahana, Rp 6 ribu

Muncul sebagai kompetitor baru dari perusahaan logistik atau layanan antar barang yang sudah bercokol lebih dulu, Wahana tidak main-main. Dengan armada sebanyak 250 truk, 60 kantor operasional, 300 agen tretail, serta 1.200 karyawan yang berpengalaman membuat Wahana menjadi salah satu pilihan jika ingin melakukan pengiriman barang.

Jika menggunakan layanan service normal, harga pengiriman paket dari Jakarta ke Bandung per kilogramnya hanya senilai Rp 6 ribu. Wahana memastikan barang akan sampai dalam waktu 3 hari.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.