10 Manfaat Air Bekas Cucian Beras untuk Kesehatan, Kecantikan, & Kesuburan Tanaman

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Tahukan kamu, bahwa ada banyak manfaat air bekas cucian beras, untuk kesehatan, kecantikan, dan juga kesuburan tanaman? Jadi, jika kamu sedang mencuci beras, disarankan jangan langsung buang airnya ya! Yuk, intip ulasan lengkapnya di sini!

Meski hal ini sedikit asing, apalagi buat kamu yang jarang masak nasi, namun hal ini perlu kamu tahu!

Bahwa, manfaat air bekas cucian beras, yang berwarna keruh ini, ternyata bisa digunakan untuk banyak kegiatan, yang berhubungan dengan kesehatan tubuh, kecantikan, dan kesuburan tanaman.

Seperti namanya, air bekas cucian beras sendiri, adalah air yang diperoleh dari proses perendaman pencucian beras. Bahkan, air beras yang telah dimasak, juga sangat bermanfaat!

Untuk air cucian beras yang sudah “matang”, biasanya disebut sebagai air tajin. Ayo, yang masa kecilnya doyan minum air tajin, mana suaranya?

Sudah Lama Digunakan Selama Ratusan Tahun di Negara-negara Asia

Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara Asia lainnya juga telah menggunakan air beras, sebagai pengobatan alternatif dan juga kecantikan, sejak berabad-abad lalu.

Mereka percaya, bahwa manfaat air bekas cucian beras, memiliki kandungan vitamin dan mineral, yang baik untuk tubuh.

(Baca Juga: Rekomendasi Beras Terbaik Asli Indonesia)

Kandungan Air Bekas Cucian Beras

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B6
  • Asam Amino
  • Gamma Oryzanol
  • Kaya Antioksidan
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Serat
  • Lemak esensial
  • Mangan

Manfaat Air Bekas Cucian Beras

1. Mencerahkan Kulit Wajah dan Tubuh

Manfaat air bekas cucian beras yang pertama adalah untuk mencerahkan kulit wajah dan tubuh.

Pasalnya, air bekas cucian beras yang keruh seperti susu, mengandung gammaoyzanol, sehingga bisa membuat kulit wajah dan tubuh, menjadi tampak lebih cerah.

Bahkan, hingga saat ini banyak produk kecantikan, atau perawatan kulit, yang menggunakan ekstrak air bekas cucian beras, sebagai bahan tambahan.

Sebut saja seperti sabun, toner, handbody, sheet mask, krim masker, dan lain-lain.

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat air bekas cucian beras berikutnya adalah mengatasi jerawat. Selain bisa mencerahkan, pati yang terkandung di air beras, disebut mampu mengatasi jerawat membandel.

Bahkan, banyak yang mempercayai bahwa air cucian beras, bermanfaat sebagai obat alami, untuk mengatasi masalah kulit seperti eksim atopik.

3. Memudarkan Bekas Luka

Masalah kulit lainnya, selain jerawat hingga eksim, juga bisa diatasi menggunakan air bekas cucian beras loh.

Manfaat air bekas cucian beras, ternyata juga bisa membuat bekas luka, cepat memudar. Pasalnya, kandungan oryzanol dan pitera, dipercaya mampu menyembuhkan luka.

Selain dua kandungan tersebut, kandungan proteinnya juga bisa membuat kulit mencegah kekurangan air, sehingga kulit senantiasa lebih lembab.

4. Mengatasi Kulit Iritasi

Kulit kamu sensitif dan mudah iritasi? Manfaat air bekas cucian beras, juga bisa digunakan untuk kulit kamu yang sensitif dan mudah iritasi loh.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa air bekas cucian beras, bisa bantu menyembuhkan eksim.

Nah, iritasi seperti ruam pada kulit juga bisa diatasi dengan air beras ini. Kamu, bisa langsung oleskan air beras, pada kulit yang iritasi.

Air beras, akan menenangkan secara alami, dan perlahan iritasi kulit akan membaik.

5. Mencegah Penuaan Dini

Masalah kulit yang juga sering dialami, dan dibenci khususnya wanita adalah, munculnya garis halus dan kerutan.

Hal tersebut, tentu saja menjadi sebuah tanda-tanda penuaan dini. Nah, agar kamu tidak mengalami hal tersebut, manfaat air bekas cucian beras, bisa bantu kamu atasi masalah tersebut.

Hal tersebut dikarenakan, air beras mengandung inositol dan ferulic acid, yang membantu menyamarkan garis halus dan kerutan, yang muncul secara dini.

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat air bekas cucian beras yang bikin wajah selalu segar adalah, bisa mengatasi kulit berminyak.

Seperti yang diketahui, bahwa kulit berminyak, membuat wajah terlihat kusam dan tidak segar.

Nah, air bekas cucian beras ini, bisa membantu mengatasi kelebihan minyak di wajah.

Caranya mengaplikasikannya juga sangat mudah. Kamu cukup mencuci muka dengan air beras, secara rutin. Nah, air beras tersebut akan membantu mengatasi minyak berlebih, yang diproduksi oleh kulit wajah.

7. Memudarkan Flek Hitam

Manfaat air bekas cucian beras, yang jarang diketahui adalah mampu membantu memudarkan flek hitam.

Percuma bukan, kulitmu cerah tapi banyak flek hitamnya? Jadi, untuk mengatasinya kamu bisa gunakan air beras ini.

Hal tersebut dikarenakan, air bekas cucian beras memiliki kandungan oryzanol, yang bermanfaat untuk memudarkan flek hitam atau bekas jerawat.

8. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Tidak hanya untuk kulit, manfaat air bekas cucian beras yang selanjutnya, juga bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan rambut.

Air bekas cucian beras, dipercaya bisa membuat rambut lebih bercahaya, tumbuh subur dan kuat, menghilangkan ketombe, menghilangkan kutu, mengatasi rambut kusam hingga bercabang.

Pasalnya, air beras kandungan, yang bisa menyeimbangkan pH kulit kepala. Jadi, jangan takut rambutnya jadi lepek dan bau yah!

9. Sebagai Makanan Menjelang Waktu MPASI

Tidak hanya digunakan di luar tubuh, manfaat air bekas cucian beras ini, juga bermanfaat bagi kesehatan dari dalam. Ya, itu artinya, air bekas cucian beras bisa dimasak dan dikonsumsi.

Biasanya, air bekas cucian beras bisa berguna untuk si kecil, menjelang waktu MPASI. Jadi, nggak hanya bergunakan untuk orang dewasa.

Bahkan, sejak zaman dulu banyak orangtua yang memberi anaknya dengan air cucian beras, jelang waktu pemberian makanan pendamping ASI (MPASI).

Namun, kita sebaiknya jangan menggunakan air ini sebagai pengganti MPASI itu sendiri karena tidak steril dan memang tidak diperuntukkan untuk bayi.

10. Menyuburkan Tanaman

Selain bermanfaat untuk manusia, air bekas cucian beras juga bermanfaat untuk tanaman.

Banyak yang menggunakan air beras untuk tanaman, agar tanaman bisa bebas dari berbagai penyakit.

Selain itu, air beras juga bermanfaat agar tanaman tidak cepat mati, dan layu. Cara, kamu cukup siramkan saja air bekas cucian beras, ke tanaman setiap hari. Niscaya, tanaman akan tumbuh lebih subur.

Dilansir dari Nakita.grid.id, Eny Palupi yang merupakan seorang Dosen di Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB, menyebutkan bahwa, ternyata air bekas cucian beras ini, mengandung banyak gizi dan kandungan vitamin, yang dapat membantu tumbuh kembang tanaman.

Vitamin tersebut di antaranya adalah vitamin B, zat besi, dan seng. Tidak hanya itu, zat organik yang terlarut dalam air cucian beras, juga bisa jadi sumber hara bagi tanaman, seperti pati, protein, dan asam lemak bebas.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait manfaat air bekas cucian beras, yang bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan wajah dan rambut, hingga kesuburan tanaman.

Jadi, jangan buang-buang air bekas cucian beras lagi ya, karena manfaatnya sangat istimewa.

(Baca Juga: 10 Manfaat Beras Hitam untuk Tubuh dan Wajah)

Agar air bekas cucian beras memiliki kualitas yang bagus, tentunya jenis beras yang kamu gunakan juga harus bagus, apalagi juga kamu ingin gunakan sebagai kecantikan.

Pasalnya, beberapa produk kecantikan, menggunakan beras berkualitas baik, untuk hasil kulit yang maksimal, seperti beras Jepang.

Selain air bekas cuciannya bagus, rasa nasinya juga lezat! Nah, buat kamu yang ingin beli beras berkualitas baik, saat ini sudah banyak kok, tersedia di berbagai tok offline maupun online.

Sebut saja seperti beras sushi, beras arborio, beras pulut, hingga beras calrose. Adapun harga beras terbaik tersebut, mencapai Rp300.000 per kg.

Yuk, Beli Beras Berkualitas Menggunakan Kartu Kredit dari Cekaja.com!

Mau beli beras berkualitas, tapi tetap bisa hemat? Beli pakai kartu kredit, yang bisa ajukan lewat CekAja.com saja!

Kamu bisa membeli beras terbaik dan berkualitas, di toko beras offline dan online langgananmu, dan dapatkan promo menarik, jika berbelanja menggunakan kartu kredit.

Mulai dari diskon, cashback, hingga rewards. Kapan lagi, bisa membeli beras berkualitas baik, dengan harga hemat?

Nah, yang belum punya kartu kredit, segera ajukan di CekAja.com, agar bisa dapatkan beras terbaik dengan harga terbaik pula!

Dapatkan juga, produk kartu kredit terbaik pilihanmu, terlebih khusus untuk belanja, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi, dan ajukan kartu kredit pilihanmu sekarang juga, hanya di CekAja.com!