Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Manfaat Aktivitas Liburan di Rumah, Apa Kegiatan Favoritmu?

by Estrin Vanadianti Lestari on 5 Maret, 2020

Siapa disini yang lebih memilih liburan di rumah ketimbang jalan-jalan ke luar? Liburan di rumah, atau biasa disebut staycation, ternyata memiliki banyak manfaat serta keuntungan loh. Selain lebih hemat, yuk kita bahas deretan manfaat aktivitas liburan di rumah, yang bisa dilakukan bersama keluarga.

manfaat aktivitas liburan di rumah

Sebelum membahas tentang manfaat aktivitas liburan di rumah, ternyata kegiatan staycation ini pernah booming di Amerika, selama krisis keuangan tahun 2007-2010. Hingga akhirnya, tren staycation menyebar hingga ke seluruh dunia.

Nah, buat kamu yang mageran parah, mungkin liburan di rumah menjadi hal yang paling aman. Pasalnya, melakukan liburan di rumah bukan berarti kamu miskin, tidak punya uang atau tidak gaul loh.

Terlebih, ada beberapa hal yang membuat liburan di rumah lebih nyaman untuk dilakukan, ketimbang di luar rumah. Memang, apa yang membuat liburan di rumah lebih enak?

Keuntungan Liburan di Rumah

Seperti yang kita tahu, Indonesia terlebih ibu kota termasuk salah satu kota terpadat dan termacet. Kamu bisa bayangkan bukan, bagaimana situasinya jika kamu liburan ke tempat wisata pada hari libur? Bukannya relaksasi dan bersenang-senang, malah tambah jenuh.

Berbeda jika kamu liburan di rumah. Bangun tidur bebas, mandi atau tidak juga enggak masalah, mau makan tinggal masak di dapur, tanpa harus bermacet-macetan di jalanan.

Selain macet, di hari libur biasanya digunakan banyak orang untuk ke tempat-tempat wisata atau tempat umum lainnya, seperti mall. Itu artinya akan ada banyak orang yang mendatangi tempat-tempat tersebut, dan terjadilah antrean panjang.

Membeli makanan tak seberapa, tapi antrenya hingga berjam-jam. Hal tersebut malah bikin badan capek, kaki pegal. Jadi lebih enak liburan di rumah bukan?

Banyaknya, orang yang keluar rumah, itu artinya, akan ada banyak kendaraan pribadi yang menyumbangkan polusi lebih banyak. Kondisi lingkungan yang seperti ini, biasanya sangat rentan menyebabkan timbulnya penyakit.

Beda halnya jika kamu seharian berada di rumah. Bangun tidur, menghirup udara pagi yang segar, tanpa gangguan polusi hingga radikal bebas. Bahkan ketika di rumah tidak tersedia makanan, kini kamu sudah dimudahkan dengan delivery order. Jadi tinggal santai saja di rumah, dan tidak perlu macet-macetan di jalan.

untuk liburan ke luar rumah, setidaknya kamu harus menyiapkan budget yang lebih. Belum lagi, jika kamu lapar mata, sehingga menjadi boros, padahal belanjaanmu tidak terlalu penting.

Namanya juga bersantai dan liburan, harusnya kamu bisa bebas menggunakan waktumu untuk melakukan hal yang diinginkan. Namun, beberapa tempat umum, sepertinya memberlakukan batas waktu untuk mencari keuntungan.

Misalnya, di tempat makan dan di tempat foto, di mana kamu harus bergantian dengan pengunjung lainnya yang juga sudah mengantre. Namun, hal tersebut mungkin tidak akan terjadi jika kamu liburan di rumah.

Karena, kamu akan lebih bebas dalam menggunakan waktu, tanpa harus dibatasi.

Bagaimana? Keuntungan aktivitas liburan di rumah sangat menyenangkan bukan? Selain keuntungan, aktivitas liburan di rumah, juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kamu.

(Baca Juga: Cara Mengetahui Obat Dan Penyakit Yang Ditanggung Asuransi Kesehatan)
Manfaat Aktivitas Liburan di Rumah Sendirian Maupun Bersama Keluarga
1. Bisa menghilangkan stres

Manfaat aktivitas liburan di rumah yang pertama adalah bisa menghilangkan stres. Seperti yang kita tahu, kegiatan keseharian yang padat seperti bekerja ke kantor, sekolah, meeting, kerja lapangan, les, dan lain-lain, bisa membuat kamu stres, jenuh, dan tertekan.

Terlebih, rutinitas tersebut juga bisa membuat suasana rumah beserta orangnya, menjadi kurang harmonis karena jarang bertemu. Nah, untuk menghilangkan rasa stres dan jenuh tersebut, cobalah untuk memanfaatkan aktivitas liburan di rumah, bersama keluarga.

Rumah Jadi Tempat Ternyaman untuk Pulang

Liburan di rumah bersama keluarga, sejatinya menjadi tempat ternyaman yang bisa kamu rasakan, setelah melakukan kegiatan panjang selama berhari-hari kerja.

Dari selama kurang lebih lima hari berada di luar rumah, ketika kamu berada di rumah, pasti kamu mempunyai banyak cerita yang bisa kamu ceritakan kepada keluarga.

Disitulah kamu bisa berkeluh kesah, cerita pengalaman, cerita soal pekerjaan, hingga masa depan, kepada orang-orang terdekatmu di rumah. Dijamin, pikiranmu jadi langsung plong deh!

Tidak hanya itu, sebagai tempat yang sangat privasi dan nyaman, bahkan kamu bisa melakukan hal apapun, misalnya cerita-cerita sambil ngemil, sambil nonton televisi, dan lain-lain.

2. Bisa membuat hubungan keluarga semakin dekat

Manfaat aktivitas liburan di rumah yang tak kalah bagus adalah bisa membuat hubunganmu dengan keluarga makin dekat. Nah, selain bisa menghilangkan stres, karena kamu bisa bisa berkeluh kesah dengan bebas, ternyata hal tersebut juga bisa membuat hubungan kamu dan keluarga semakin dekat.

Tidak hanya dengan berkeluh kesah, kamu pun bisa melakukan kegiatan yang mengasyikkan dengan keluarga. Misalnya seperti memasak bersama, bersih-bersih rumah, bermain, dan lain-lain.

Dimana kegiatan tersebut membutuhkan kerja sama. Sehingga kamu bisa lebih sering bercengkrama, saling membantu, kompak, belajar memecahkan masalah, hingga bisa saling melindungi.

3. Bisa menciptakan kenangan-kenangan indah

Di zaman yang semakin modern, kebersamaan keluarga di dalam rumah semakin jarang terlihat. Itu semua karena hadirnya teknologi canggih, yang membuat orang menjadi penyendiri.

Sebut saja hadirnya gadget, yang membuat suasana rumah jadi hening karena sibuk dengan kegiatan dan gadget-nya masing-masing. Nah, cobalah untuk memanfaatkan aktivitas liburan di rumah, untuk menciptakan kenangan-kenangan bersama yang indah.

Selama keluargamu masih lengkap dan sehat, buatlah liburan di rumah yang berkesan. Bahkan, hanya sekadar untuk minum teh bareng, bermain tebak-tebakkan, bersepeda, karokean, dan kegiatan mengasyikkan lainnya.

4. Bisa jadi diri sendiri dan punya waktu untuk me time

Terkadang, ketika bekerja, sekolah, atau melakukan rutinitas di luar rumah, kamu mungkin merasa tidak menjadi diri sendiri. Kamu harus menjadi seorang profesional di luar rumah, karena harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sosial.

Namun, beda halnya jika kamu berada di rumah. Ketika weekend datang, mungkin kamu bisa merasakan manfaat aktivitas liburan di rumah, karena kamu bebas melakukan hal apa saja, dan jadi dirimu sendiri.

Bisa dibilang, liburan di rumah bisa memberikanmu ruang sendiri, atau me time yang sangat nyaman. Kamu bisa melakukan kegiatan me time seperti:

  • Relaksasi
  • Menonton film kesukaan
  • Melakukan perawatan tubuh
  • Bernyanyi sambil berteriak
  • Joget-joget sambil buat video TikTok
  • Dan kegiatan mengasyikkan lainnya. Dimana kamu bisa melakukannya dengan bebas, tanpa ada orang lain yang mengganggu atau yang diganggu.

Jadi, apa kegiatan favoritmu di rumah selama liburan di rumah? Pastinya sangat menyenangkan bukan? Bahkan, jadi pengin liburan terus-terusan.

Namun, ada hal yang lebih penting agar aktivitas liburanmu di rumah menjadi lebih praktis, yakni mempunyai kartu kredit. Karena, dengan kartu kredit, kamu bisa melakukan hal apa saja, tanpa harus pergi ke luar rumah.

Misalnya untuk membeli makanan, membeli perabotan rumah, belanja bulanan, dan lain-lain. Kamu hanya perlu mengunjungi toko online, memilih barang yang ingin dibeli, lalu lakukan pembayaran dengan kartu kredit.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan di Cekaja.com Aja!

Yuk segera ajukan kartu kredit khusus untuk belanja, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, hanya di Cekaja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk