Segudang Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin 

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Selalu terdaftar sebagai buah yang menyehatkan, seperti untuk mencegah hingga mengobati berbagai penyakit, alpukat ternyata juga sangat baik untuk ibu hamil dan janin loh. Lantas, kira-kira apa saja manfaat alpukat untuk ibu hamil dan janin ya? Yuk simak di sini.

segudang manfaat alpukat untuk ibu hamil dan janin

Alpukat Bisa Dijadikan Berbagai Sajian Lezat

Rasanya yang gurih dan lezat, membuat alpukat juga bisa dijadikan berbagai sajian makanan hingga minuman. Mulai dari dijus, dibuat es buah, dikocok dengan susu, dibuat bubur buah, dimakan dengan sushi, hingga dicampur salad. 

Kandungan serta Nutrisi Hebat Buah Alpukat

Dikenal dengan buah yang mengandung banyak lemak, alpukat juga memiliki keunggulan, karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Nutrisi hebat yang ada di dalam alpukat pun, bisa mencakupi semua kebutuhan tubuh manusia. 

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk ketahui manfaat alpukat untuk ibu hamil dan janin, karena kandungannya yang sangat baik. Setidaknya ada sekitar 20 macam vitamin dan mineral, yang terkandung dalam 100 gram alpukat. Berikut daftarnya:

(Baca Juga: Jenis dan Manfaat Vitamin B Complex, Untuk Kesehatan Jantung dan Ibu Hamil)

  • Vitamin C
  • Kalium
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Asam folat
  • 160 kalori
  • 2 gram protein
  • 15 gram lemak sehat
  • 9 gram karbohidrat dimana 7 diantaranya adalah serat
  • Alpukat juga memiliki kandungan beberapa senyawa, dalam jumlah kecil seperti magnesium, mangan, tembaga, besi, zink, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3.

Nah, banyak kan kandungan yang terdapat pada buah alpukat. Maka tak heran jika alpukat bisa mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit, seperti mencegah kanker, gejala radang sendi, menurunkan berat badan, kesehatan jantung, termasuk sangat bermanfaat untuk ibu hamil. 

Untuk lebih jelasnya terkait manfaat alpukat untuk ibu hamil, yuk intip rangkumannya di bawah ini.

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

1. Bisa mengatasi anemia karena tinggi asam folat

Bisa mengatasi anemia karena tinggi asam folat - Segudang Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat alpukat untuk ibu hamil dan janin yang pertama adalah bisa mengatasi anemia, karena kaya akan asam folat. Pasalnya, asam folat sangat dibutuhkan pada masa kehamilan.

Ibu hamil yang kekurangan asam folat, bisa menyebabkan bayi lahir cacat atau tidak sempurna. Maka dari itu, penting untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi, seperti alpukat. 

Asam folat juga bisa mengatasi anemia, bagi ibu hamil yang kekurangan zat besi. Sehingga, asam folat yang ada di dalam alpukat sangat baik untuk ibu dan perkembangan janin.

2. Kesehatan pencernaan terjaga

Kesehatan pencernaan terjaga - Segudang Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Biasanya, ibu hamil sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, namun dengan buah ini, kamu bisa merasakan manfaat alpukat untuk ibu hamil, karena kaya akan serat. Kamu bisa buat jus alpukat, sehingga sistem pencernaan pun tetap lancar dan sehat di masa kehamilan. 

3. Bantu atasi morning sickness/mual 

Bantu atasi morning sickness_mual - Segudang Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat alpukat untuk ibu hamil selanjutnya adalah bisa bantu mengatasi morning sickness atau mual muntah. Terlebih, kondisi ini sering dialami oleh beberapa wanita hamil. 

Kondisi mual muntah juga biasanya terjadi pada masa awal kehamilan, di trimester pertama, dan membuat ibu hamil menjadi lemah. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa konsumsi buah alpukat, karena terdapat vitamin C di dalamnya.

4. Bisa bantu redakan kram kaki

Bisa bantu redakan kram kaki - Segudang Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Selain mual muntah, kaki kram juga kerap dialami ibu hamil. Sehingga, manfaat alpukat untuk ibu hamil yang satu ini bisa membantu agar kaki kram bisa reda dengan cepat. 

Terlebih, alpukat memiliki kandungan potasium yang lebih besar daripada pisang. Sehingga, kandungan inilah yang berperan untuk meredakan kram pada ibu hamil. 

Selain potasium, kandungan kalsium dan kaliumnya juga bisa membantu meredakan kram pada ibu hamil.

5. Mengontrol berat badan

Mengontrol berat badan - Segudang Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat alpukat untuk ibu hamil berikutnya, yang sangat disukai adalah bisa mengontrol berat badan. Tahu sendiri bukan, jika masa kehamilan, bisa membuat berat badan naik tak terkontrol.

Nah, di sinilah buah alpukat bekerja untuk mengontrol berat badan kamu, agar tak berlebihan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya juga, bahwa alpukat bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. 

Maka dari itu, alpukat juga sering digunakan sebagai sajian, bagi yang ingin diet. Jadi, asik bukan, jika pada masa kehamilan, berat badanmu tidak terlalu naik berlebihan.

6. Berikan nutrisi untuk perkembangan otak bayi

Berikan nutrisi untuk perkembangan otak bayi - Segudang Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Tidak hanya bagi ibu, manfaat alpukat juga bisa dirasakan oleh sang bayi di kandungan. Dalam kandungan ada sebuah komponen yang menjadi kunci, salah satunya adalah klorin, di mana elemen tersebut berfungsi untuk memastikan perkembangan otak pada janin.

Selain itu, elemen ini juga sangat penting dalam mengembangkan sistem saraf yang kuat. Nah, di dalam satu buah alpukat, setidaknya mengandung 22 mg klorin, di mana jumlahnya cukup untuk mendukung proses perkembangan otak janin.

7. Mengontrol kadar kolesterol dan gula darah

Mengontrol kadar kolesterol dan gula darah - Segudang Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Pernah lihat ibu hamil ngidam, dengan nafsu makan yang berlebihan? Hati-hati, karena hal tersebut bisa menyebabkan kadar kolesterol dan gula darah naik. 

Maka dari itu, ibu hamil sangat disarankan untuk menjaga pola makan seimbang, dan bantu mengontrol kadar kolesterol hingga gula darah, dengan alpukat.

8. Kaya akan vitamin

Kaya akan vitamin - Segudang Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang selanjutnya, adalah buah ini kaya akan vitamin. Pasalnya, vitamin yang ada dalam alpukat seperti B1, B2, B5, B6, C, E dan K, sangat dibutuhkan bagi kesehatan ibu dan janin. 

Di sini alpukat berperan aktif untuk menjaga level-level kenaikan kadar kolesterol maupun gula yang berlebihan. Sehingga, semuanya bisa terkendali dan terkontrol. 

(Baca Juga: 18 Makanan Pereda Stres Paling Manjur)

Nah itu dia deretan manfaat alpukat untuk ibu hamil dan janin. Pastikan, asupan nutrisi pada awal kehamilan kamu tercukupi, dengan mengkonsumsi buah alpukat. 

Pasalnya, awal kehamilan merupakan waktu yang tepat untuk memberikan nutrisi untuk ibu dan janin. Jadi jangan lupa persiapkan makanan bergizi, vitamin, susu, termasuk buah alpukat dan makanan lainnya.

Tidak hanya persiapkan makanan bergizi dan bernutrisi seperti alpukat, pada awal kehamilan, karena penting bagi kamu untuk mempersiapkan juga kondisi finansial kamu untuk biaya persalinan nanti.  

Proses Persalinan Tidak Sesuai Target? Pinjaman Dana untuk Persalinan Bisa jadi Solusi!

Selain mempersiapkan dengan cara menabung, kamu juga bisa loh persiapkan finansial dengan mengajukan pinjaman dana untuk persalinan. Terlebih, produk pinjaman dana untuk persalinan, sangat membantu para ibu ketika kondisi finansial belum mencukupi target. 

Pasalnya, ada banyak risiko persalinan yang bisa terjadi dan tidak sesuai dengan rencana awal. Misalnya, di awal kamu ingin lahir normal, namun dengan kondisi tertentu kamu harus melakukan operasi cesar, yang biaya persalinannya tentu lebih mahal. 

Nah, disini pinjaman dana untuk persalinan sangat berperan. Jadi, sudah tentukan produk pinjaman dana untuk persalinan pilihanmu? Yuk cek, bandingkan, sekaligus ajukan secara online, pinjaman dana untuk persalinan terbaik, hanya di CekAja.com!