5 Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Pekerja Milenial Ini Wajib Diketahui

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sebelum mengajukan asuransi kesehatan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial. Mengingat, hingga saat ini milenial masih banyak yang mengabaikan pentingnya memiliki asuransi kesehatan.

Padahal, asuransi kesehatan sangat berguna dalam melindungi diri dari besarnya biaya pengobatan apabila kamu sakit.

Terlebih, saat ini kenyataannya generasi milenial menjadi generasi yang mudah terserang penyakit, dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan, generasi milenial umumnya lebih banyak bekerja dan kurang istirahat.

Selain itu, pola pikir milenial yang menganggap dirinya selalu dalam keadaan sehat pun, menjadi salah faktor yang membuat milenial merasa keberadaan asuransi kesehatan belum terlalu penting.

Jika melihat realita yang ada, para pekerja milenial yang sudah memasuki usia 27 tahun ke atas, biasanya mulai mengalami penurunan kesehatan yang cukup drastis.

Sehingga, di usia tersebut kebanyakan orang mulai merasakan beberapa gejala penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang berat sekalipun.

Dengan begitu, keberadaan asuransi kesehatan menjadi sangat penting, khususnya untuk para pekerja milenial sebagai upaya antisipasi, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terkait kesehatan maupun mental.

Terlebih, asuransi kesehatan juga bisa dijadikan sebagai salah satu investasi masa depan. Karena tidak ada yang tahu dan bisa menjamin, apabila sewaktu-waktu kamu terkena penyakit yang berbahaya ataupun kecelakaan, yang memakan biaya besar.

Faktor Penyebab Gangguan Kesehatan Pekerja Milenial

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor apa saja, yang menjadi penyebab gangguan kesehatan pekerja milenial.

Pasalnya, meski pekerja milenial yang cenderung rentan terkena penyakit adalah pekerja yang sudah berusia 27 tahun ke atas, namun tidak menutup kemungkinan apabila pekerja milenial yang berusia di bawah 27 tahun pun rentan terkena penyakit.

Sebab, gaya hidup yang kurang sehat kini sudah menjadi konsumsi utama para pekerja milenial. Seperti misalnya tidur larut malam karena pekerjaan, banyak mengkonsumsi makanan instan seperti junk food, hingga konsumsi minuman beralkohol yang mungkin sudah menjadi sebuah kebiasaan.

Semua gaya hidup tersebut, sebenarnya menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya gangguan kesehatan pekerja milenial secara fisik.

Tetapi kenyataannya, masih banyak faktor lainnya yang menyebabkan gangguan kesehatan para pekerja milenial, baik secara fisik maupun psikis yang di antaranya, yaitu:

  • Terkena paparan debu, asap dan zat kimia lainnya yang didapat dari lingkungan kerja maupun perjalanan menuju lokasi kerja
  • Suara bising serta suhu panas di lingkungan kerja (untuk pekerjaan lapangan)
  • Stres akibat tekanan pekerjaan
  • Terlalu banyak merokok
  • Jarang berolahraga
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Manfaat Asuransi untuk Pekerja)

Semua faktor di atas merupakan penyebab timbulnya gangguan kesehatan para pekerja milenial, baik secara fisik maupun psikis.

Jika pekerja milenial mendapatkan asupan semua faktor pemicu gangguan kesehatan tersebut setiap harinya, maka bisa saja timbul beberapa penyakit berbahaya, seperti:

  • Radang usus
  • Kolesterol tinggi
  • Obesitas
  • Darah tinggi
  • Diabetes tipe 2
  • Gangguan kejiwaan
  • Depresi
  • Dan lain sebagainya.

Apabila para pekerja milenial sudah terkena salah satu penyakit di atas, maka para pekerja harus mendapatkan pengobatan atau bahkan perawatan khusus untuk mengatasi penyakit yang dialami.

Dan tentu saja, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Dengan demikian, salah satu manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial mulai terasa, yaitu menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama sakit.

Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Pekerja Milenial

Jika faktor-faktor penyebab timbulnya gangguan kesehatan para pekerja milenial sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial.

Mungkin sedikit banyak kamu sudah mengetahui manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial, namun untuk tahu lebih lengkapnya, di bawah ini CekAja.com telah merangkum beberapa manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial. Adapun beberapa manfaat tersebut, di antaranya:

1. Investasi jangka panjang

Manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial yang pertama adalah sebagai investasi jangka panjang. Hal tersebut dikarenakan perusahaan asuransi biasanya memiliki kebijakan untuk mengembalikan semua dana di asuransi, ketika masa berlaku polis sudah habis.

Tentu saja, pengembalian dana tersebut harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku dan sudah disepakati di awal pembuatan asuransi kesehatan.

Pasalnya, pada saat kamu membeli asuransi kesehatan, kamu secara tidak langsung juga sedang berinvestasi untuk masa depan.

Karena, selama kamu berada dalam masa kontrak, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, nantinya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatan, maka kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pengobatan yang sangat besar.

Sementara, jika selama masa kontrak kamu tidak mengalami sakit apapun, maka di akhir kontrak nanti kamu akan mendapatkan semua dana di asuransi kesehatan, dan bisa menggunakannya untuk keperluan lain. Itulah sebabnya, kenapa asuransi kesehatan juga disebut sebagai investasi jangka panjang.

2. Meminimalisir risiko kesehatan

Dengan asuransi kesehatan, kamu juga bisa melindungi diri dan meminimalisir risiko kesehatan yang dapat terjadi.

Manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial yang satu ini tentunya memberikan rasa tenang tersendiri.

Bagaimana tidak, para pekerja milenial cenderung memiliki risiko kesehatan yang lebih besar dibandingkan pekerja lainnya.

Sebab, sifat ambisius yang melekat pada diri pekerja milenial, membuatnya bekerja hingga tidak kenal waktu.

Hal itu, yang sebenarnya membuat risiko kesehatan pekerja milenial menjadi semakin tinggi. Namun dengan asuransi kesehatan, para pekerja milenial termasuk kamu sudah meminimalisir risiko kesehatan, baik secara fisik, mental maupun finansial.

3. Memberikan rasa nyaman dan aman saat bekerja

Manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial yang ketiga adalah pemberian rasa nyaman dan aman saat bekerja. Di mana, ini menjadi hal penting yang sudah seharusnya didapatkan oleh para pekerja.

Asuransi kesehatan akan membuat para pekerja milenial merasa, bahwa selama bekerja mereka sudah dilindungi dengan asuransi kesehatan.

Jadi, apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yang berdampak pada kesehatan fisik dan psikis, maka mereka bisa menggunakan asuransi kapan saja tanpa harus membebankan orang lain terkait finansial. Atas dasar itulah, para pekerja milenial merasa lebih nyaman dan aman saat bekerja.

4. Memudahkan pekerja milenial mengatur keuangan

Selain tiga manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial di atas, ternyata asuransi kesehatan juga mampu memudahkan milenial dalam mengatur keuangan. Hal itu disebabkan oleh, setiap bulannya pekerja milenial harus membayar premi asuransi kesehatan.

Dengan begitu, para pekerja milenial harus menyisihkan terlebih dahulu, sebagian dari penghasilannya untuk membayar premi asuransi kesehatan, agar anggaran keuangan untuk memenuhi biaya hidup yang lainnya tidak terganggu.

5. Mendapat kelayakan pelayanan kesehatan

Manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial yang terakhir adalah mendapatkan kelayakan pelayanan kesehatan. Seperti yang diketahui, saat ini untuk bisa mendapatkan fasilitas serta pelayanan kesehatan yang layak, kamu terlebih dahulu harus mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Padahal, fasilitas dan pelayanan kesehatan yang layak adalah hak yang sudah seharusnya didapat oleh setiap pasien.

Maka dari itu, asuransi kesehatan hadir untuk memenuhi hak pasien tersebut, baik dari sisi fasilitas maupun pelayanan.

Tetapi perlu diketahui, fasilitas serta pelayanan yang dijamin oleh asuransi kesehatan sendiri, nantinya akan menyesuaikan dengan produk asuransi yang dipilih dan premi yang dibayarkan setiap bulannya.

Dengan demikian, sangat penting bagi kamu untuk memilih produk asuransi dengan pelayanan kesehatan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tetapi umumnya, semua jenis asuransi kesehatan akan menjamin biaya rawat inap di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi, rawat jalan, pemeriksaan laboratorium, konsultasi dokter umum dan spesialis, serta beberapa jenis terapi.

Untuk pelayanan jenis lainnya, kamu bisa menyesuaikannya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial yang sudah disebutkan sebelumnya.

Karena, semakin banyak fasilitas atau pelayanan yang dijamin perusahaan asuransi, akan semakin besar pula premi yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Pekerja Milenial, Kini Saatnya Beli Asuransi Kesehatan di CekAja.com

Nah, kini kamu sudah mengetahui beberapa manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial. Bagaimana, sangat menguntungkan bukan? Semua manfaat asuransi kesehatan tersebut dapat membuatmu lebih tenang dalam bekerja.

Selain itu, banyaknya manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial juga bisa dirasakan oleh anggota keluarganya.

Karena apabila asuransi kesehatan yang dimiliki milenial adalah asuransi yang dijamin oleh kantor, biasanya kantor akan memberikan jatah untuk anggota keluarga karyawannya sebanyak maksimal empat orang.

Dengan kata lain, manfaat asuransi kesehatan bagi pekerja milenial ini bisa dinikmati oleh keempat anggota keluarga tersebut, selama pekerja milenial atau karyawan ini aktif bekerja di kantor yang memberikan asuransi kesehatan.

(Baca Juga: Manfaat Asuransi Reimbursement dan Cashless)

Tetapi apabila kantormu saat ini tidak memberikan jaminan perlindungan berupa asuransi kesehatan, jangan khawatir. Saat ini sudah banyak tersedia perusahaan asuransi kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan.

Tidak hanya itu, beberapa perusahaan financial technology pun kini banyak yang memiliki layanan asuransi kesehatan, salah satunya CekAja.com.

Yang mana, CekAja.com memiliki beberapa produk asuransi kesehatan dari perusahaan-perusahaan asuransi ternama dan terpercaya.

Di sana, kamu bisa melakukan perbandingan terlebih dahulu, sebelum memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Selain itu, di CekAja.com juga kamu bisa mengajukannya secara online dengan mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, buat kamu para pekerja milenial yang baru tergerak keinginannya untuk memiliki asuransi kesehatan, tunggu apalagi? Yuk ajukan sekarang dan dapatkan segudang keuntungannya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani