11 Manfaat Bawang Bombay yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

11 Manfaat Tidak hanya memberikan kenikmatan pada masakan, manfaat bawang bombay untuk kesehatan, ternyata sangat luar biasa dan sangat banyak loh. Penasaran?

Meski tidak semua orang menyukai bumbu masak yang satu ini, namun perlu kamu ketahui deretan manfaat bawang bombay, yang dijamin bisa bikin kamu langsung suka!

Pasalnya, bawang bombay bisa dijadikan berbagai macam masakan yang lezat dan bikin masakan jadi harum. Jika tidak suka dimasak, kamu juga bisa mengkonsumsi bawang bombay secara langsung, atau mentah.

Misalnya, dibuat salad sayur atau salad buah. Teksturnya yang renyah dan beraroma khas, membuat bawang bombay mudah dibuat menu makanan apa saja.

Berbagai Olahan Bawang Bombay

Nah, sementara buat kamu yang tidak suka dengan aroma mentah bawang bombay, kamu juga bisa mengolahnya dengan berbagai resep yang unik loh. Di antaranya seperti:

  • Onion Ring Mayonaise
  • Onion Ring Keju
  • Bimbap
  • Oseng Bombay Telur Pedas
  • Tahu Isi Bombay
  • Nasi Goreng Bombay, dan lainnya.

Kandungan Bawang Bombay

Dibalik aromanya yang khas, bawang bombay memiliki beragam kandungan, yang sangat dibutuhkan tubuh. Bahkan, dalam satu butir bawang bombay, bisa memenuhi 10 persen kebutuhan harian beberapa vitamin, seperti B6, C dan mangan.

(Baca Juga: Obat Alami Penangkal Virus Corona, dari Bawang hingga Jahe)

Dalam 100 gram bawang bombay, setidaknya mengandung beberapa zat dan nutrisi sebagai berikut:

  • Air: 87.5 gram
  • Energi: 43 kal
  • Protein: 1,4 gram
  • Karbohidrat: 10,3 gram
  • Serat: 2 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Natrium: 12 mg
  • Kalium: 9,6 mg
  • Vitamin C: 9 mg
  • Kalsium: 32 mg
  • Besi: 0,5 mg
  • Zink: 0,3 mg
  • Vitamin B2: 0,21 mcg (mikrogram)
  • Karoten total: 50 mcg

Nah, itu dia sekilas informasi terkait bawang bombay, beserta kandungan zat dan nutrisi yang ada di dalamnya.

Manfaat Bawang Bombay

Lantas, dari banyaknya zat dan nutrisi penting yang terkandung, apa saja manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh? Yuk, langsung simak saja, rangkumannya di bawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat bawang bombay yang pertama adalah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jika kamu memakannya langsung atau dicampur dalam sajian masakan.

Pasalnya, bawang bombay mengandung antioksidan tinggi, yang membuat tubuh terhindar dari berbagai serangan penyakit, hingga radikal bebas.

Kamu bisa konsumsi bawang bombay yang kaya antioksidan ini, dengan cara dibuat salad sayur, menumis masakan, dibuat camilan.

Terlebih, di masa pandemi seperti ini kekebalan tubuh atau imunitas, harus tetap terjaga, dan salah satunya dengan mengkonsumsi bawang bombay.

2. Bantu Jaga Tekanan Darah Tetap Terkontrol

Kaya vitamin E dan C, bawang bombay juga berkhasiat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, terutama pada penderita hipertensi.

Selain menurunkan, manfaat bawang bombay juga bisa untuk menstabilkan tekanan darah, agar tetap terkontrol dengan baik.

Sehingga, bagi para penderita hipertensi, atau bagi kamu yang punya gejala darah tinggi, bisa rutin konsumsi bawang bombay, baik mentah maupun dimasak.

3. Mencegah Risiko Penyakit Kanker

Kanker, masih menjadi salah satu penyakit yang ditakuti, karena belum ditemukan obatnya. Namun, di sini kamu bisa tetap mencegahnya, dengan mengkonsumsi bawang bombay.

Manfaat bawang bombay bisa bantu cegah kanker, karena memiliki kandungan vitamin C, yang mampu mengatasi radikal bebas penyebab kanker.

Tidak hanya itu, bawang bombay juga bisa bantu menurunkan angka terjadinya resistensi insulin, serta hiperglikemia pada tubuh pasien kanker payudara, yang sedang dalam masa kemoterapi.

4. Bantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain rasa dan aromanya yang enak dan khas, manfaat bawang bombay juga bisa untuk melancarkan sistem pencernaan loh.

Pasalnya, bawang bombay mengandung cukup banyak serat, yang bersifat larut atau oligofructose. Sifat ini bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Sehingga, bagi kamu yang sedang memiliki masalah pencernaan, atau sedang diare, kamu bisa mengkonsumsi bawang bombay.

Selain itu, bawang bombay juga bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya tukak lambung, karena bawang bombay mengandung senyawa fitokimia.

5. Meredakan Masalah Tenggorokan dan Saluran Pernapasan

Selain bermanfaat untuk sistem pencernaan, manfaat bawang bombay juga bisa dirasakan untuk meredakan berbagai masalah tenggorokan, dan saluran pernapasan.

Tahukah kamu, bahwa mengkonsumsi bawang bombay secara rutin bisa, mencegah risiko terkena asma, karena bawang bombay mengandung kuersetin.

Kandungan ini, dipercaya bisa membuat otot saluran pernapasan, menjadi kendur. Sehingga, bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit asma.

Selain itu, bawang bombay juga bisa membantu meredakan penyakit bronkitis, pembengkakan pada mulut dan tenggorokan, bahkan juga bisa mengurangi risiko terkena kanker tenggorokan.

6. Menyehatkan Rambut dan Kulit

Manfaat bawang bombay yang berikutnya adalah tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga bisa digunakan untuk kecantikan, terutama untuk rambut dan kulit.

Seperti yang diketahui bahwa bawang bombay memiliki kandungan vitamin C tinggi dan juga asam folat, sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut dan kulit.

Dengan kandungan asam folatnya, bawang bombay bisa bantu cegah kelebihan homosistein dalam tubuh, yang bisa menghambat aliran darah dan nutrisi ke otak.

Pasalnya, kelebihan homosistein akan mengakibatkan seseorang menjadi mudah depresi, sehingga berdampak pada kesehatan rambut dan kulit.

7. Menyuburkan Rambut

Tidak hanya membuat rambut terlihat sehat dan cantik, manfaat bawang bombay juga bisa membantu membuatnya tumbuh subur.

Jika kamu memiliki masalah rambut rontok, atau memang tumbuh lambat, kamu bisa mengoleskan sari bawang bombay ke kulit kepala dan rambut.

Diamnya, selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini selama kurang lebih dua bulan, karena bisa memicu pertumbuhan rambut menjadi meningkat.

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut, namun cara ini sudah digunakan sejak lama, dan tidak ada salahnya mencoba bukan?

8. Menyehatkan Jantung

Manfaat bawang bombay selanjutnya adalah bisa menyehatkan jantung. Karena, bawang bombay dipercaya sebagai penurun tekanan darah.

Dengan tekanan darah yang tetap terkontrol, membuat arteri menjadi lancar dan bersih tanpa adanya penumpukan plak.

Tekanan darah yang terkontrol juga didukung dengan zat kuersetin, yakni salah satu jenis flavonoid yang terkandung pada bawang.

Sehingga, jika kamu rutin mengkonsumsi bawang bombay, maka untuk terserang penyakit stroke dan jantung, lebih sedikit. Selain itu, bawang bombay juga bisa membuat jantung lebih sehat.

9. Bantu Menekan Perkembangan Bakteri Jahat

Manfaat bawang bombay yang tak kalah luar biasa adalah mampu menekan berkembangnya bakteri jahat.

Adapun zat-zat yang terkandung dalam bawang bombay, mampu menangkal bakteri yang bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan tubuh.

10. Memudarkan Luka Bekas Operasi

Kamu memiliki luka bekas operasi, dan ingin menghilangkannya dengan cara alami? Pakai bawang bombay saja!

Pasalnya, beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan mengoleskan gel yang memiliki kandungan ekstrak bawang bombay, bisa memudarkan luka bekas operasi, dalam kurun waktu 10 minggu.

11. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Siapa bilang makanan yang baik untuk tulang hanya susu dan keju? Nyatanya, bawang bombay juga berkhasiat untuk meningkatkan kepadatan tulang loh.

Hal tersebut, ditunjukkan dengan adanya hasil studi, yang mengatakan bahwa rajin konsumsi bombay bisa meningkatkan kepadatan tulang, terutama pada wanita karena bawang bombay mengandung banyak kalsium.

(Baca Juga: 8 Cara Menanam Bawang Merah di Rumah)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait manfaat bawang bombay yang sangat luar biasa, untuk kesehatan tubuh. Terlebih, di masa pandemi seperti ini, tubuh memang membutuhkan asupan yang bernutrisi.

Namun, tidak hanya dengan mengkonsumsi bawang bombay saja, karena kamu juga bisa mengkonsumsi makanan sehat lainnya yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker yang disarankan, menjaga jarak, hingga memiliki perlindungan diri berupa asuransi kesehatan.

Asuransi Kesehatan Penting di Masa Pademi

Wabah Covid-19 di Indonesia, seakan belum menunjukan tanda-tanda akan selesai. Adapun, sebagai cara antisipasinya setidaknya kamu memiliki perlindungan diri dari berbagai risiko penyakit dan risiko kerugian finansial, dengan memiliki asuransi kesehatan.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa memiliki kesempatan konsultasi, tes kesehatan, tes Covid-19, dan lainnya, tanpa harus memikirkan biayanya.

Dengan begitu, kamu dan keluarga akan merasa aman dan terlindungi. Maka dari itu, segera ajukan asuransi kesehatan, sebelum terlambat.

Ajukan Asuransi Kesehatan Melalui CekAja, Lebih Praktis dan Mudah!

Mau memiliki asuransi kesehatan tanpa ribet? Ajukan saja lewat CekAja.com! Karena, kamu bisa memilih, membandingkan, dan mengajukan kapan saja dan di mana saja, secara online.

Ada banyak pilihan produk asuransi kesehatan, yang ditawarkan CekAja.com. Mulai dari Cigna, Ciputra Life, hingga PFI Mega Life.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!