11 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin yang Tak Boleh Disepelekan

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Manfaat bayam untuk ibu hamil dan janin perlu diketahui agar gizi seimbang didapatkan oleh keduanya. Jangan sepelekan manfaat sayuran yang satu ini. Berikut penjelasan selengkapnya!

Mencukupi kebutuhan nutrisi dengan makanan bergizi seimbang sangat wajib dilakukan para ibu hamil. Sebab, perkembangan janin akan sehat apabila nutrisi yang didapat dari ibunya juga tercukupi.

Agar janin dapat tumbuh dengan sehat, baik secara perkembangan fisik tubuh maupun kecerdasan otak, dibutuhkan berbagai zat penting.

Di antaranya seperti karbohidrat, protein, asam folat, kalsium, serat dan vitamin, lemak, dan zat besi.

Untuk mencukupi kebutuhan zat-zat ini, ibu hamil harus makan makanan empat sehat lima sempurna. Yakni yang terdiri dari nasi, sayur, buah, lauk pauk (telur, ikan, atau daging), susu, multivitamin khusus ibu hamil.

Air putih juga menjadi minuman yang penting untuk ibu hamil. Dalam sehari, setidaknya ibu hamil meminum 2 liter air putih, agar ibu hamil tidak kehilangan cairan.

Sedangkan sayur-sayuran seperti bayam mengandung zat besi yang tinggi.

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang sangat mudah ditemui di pasaran. Harganya juga murah, sehingga sangat mudah dijangkau para ibu hamil.

Pada dasarnya, konsumsi bayam sangat penting untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan zat besi yang bermanfaat untuk memproduksi hemoglobin ibu dan janin.

Cara mengolah bayam juga mudah dan cepat. Bayam bisa disajikan dalam bentuk sajian menu sayur bening, sup krim, pecel, atau sebagai sayuran rebus, dan tumisan.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa sajian makanan berbahan bayam tidak boleh dipanaskan berulang.

Sebab bayam mengandung senyawa nitrat yang tinggi, yang apabila dipanaskan lebih dari satu kali akan melepaskan sifat karsinogenik. Ini akan dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya, seperti kanker.

Manfaat bayam untuk ibu hamil maupun untuk siapapun akan dapat diterima dengan baik jika tubuh mengonsumsi sajian bayam yang tidak dihangatkan berulang.

Jangan sepelekan manfaat bayam untuk ibu hamil. Yuk, mulai sadari pentingnya makan bayam dari sekarang!

Kandungan Bayam

Sebelum masuk ke penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat bayam untuk ibu hamil, ketahui dulu detil informasi mengenai kandungan bayam.

Karena banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam seikat bayam, sayuran ini bahkan dijuluki sebagai superfood alias panganan super oleh banyak ahli kesehatan.

Bayam sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa hingga lansia. Serta cocok dijadikan makanan diet sehat, dan makanan untuk ibu hamil.

Berikut ini sederet kandungan nutrisi bayam yang baik untuk tubuh:

  • Vitamin A
  • Vitamin B2 dan B6
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Kalsium
  • Asam Folat
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Omega 3
  • Potassium
  • Nitrat
  • Senyawa Glycolipid
  • Lemak
  • Karbohidrat

(Baca Juga: 10 Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil, Enak dan Mengenyangkan!)

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin

Setelah mengetahui seluk beluk informasi mengenai bayam, kini saatnya kita masuk ke bahasan manfaat bayam baik untuk ibu hamil maupun untuk perkembangan janin.

Berikut ini berbagai manfaat bayam untuk ibu hamil dan janin:

1. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Manfaat bayam untuk ibu hamil yang pertama sekaligus menjadi yang terpenting adalah mencegah bayi lahir cacat. Risiko cacat lahir pada bayi harus dihindari, agar bayi tumbuh sehat sejak baru lahir.

Bayam yang mengandung asam folat mampu mencegah bayi lahir prematur, dan menjaga pertumbuhan otak dan syaraf janin.

2. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kalsium memang dikenal sebagai zat yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Selain mendapatkan sumber kalsium dari susu, ibu hamil juga bisa menambahkan asupan kalsium dari bayam.

Pertumbuhan tulang dan gigi janin yang ada di dalam rahim, serta kesehatan tulang dan gigi sang ibu akan turut terjaga berkat konsumsi bayam.

3. Mendukung Pertumbuhan Mata Janin

Manfaat bayam untuk ibu hamil lainnya adalah mendukung pertumbuhan mata pada janin.

Seiring dengan pertambahnya usia kehamilan, janin membutuhkan Vitamin A dari bayam untuk membentuk komponen mata hingga semuanya lengkap dan berfungsi baik sebagaimana mestinya.

Bagi para ibu hamil yang menderita gangguan penglihatan, konsumsi bayam juga membantu memperbaiki penglihatan sedikit demi sedikit.

Untuk mendapat hasil maksimal, kamu bisa mengonsumsi bayam secara rutin selama masa kehamilan.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang rentan terserang penyakit. Hal ini dikarenakan tubbuh ibu hamil terus mengalami adaptasi dengan kondisi tubuh yang mengandung janin di dalam rahim.

Oleh karena itu manfaat bayam untuk ibu hamil ini sangat penting. Vitamin C dari bayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh si ibu, sehingga enggak gampang sakit.

5. Mencegah Sembelit

Sayur-sayuran tentu saja kaya serat yang bermanfaat untuk mencegah sembelit pada ibu hamil. Risiko sembelit memang umum dialami, karena ini merupakan salah satu dari efek samping dari kehamilan.

Nah, jika ibu hamil mengalami sembelit, segeralah mengonsumsi bayam secara rutin. Jika kesehatan sistem pencernaan ibu terjaga, maka janin juga akan lebih nyaman berada di dalam perut ibu.

6. Mencegah Anemia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat bayam untuk ibu hamil yang utama adalah mendorong produksi hemoglobin atau sel darah merah.

Jika zat besi pada bayam terserap baik oleh tubuh ibu hamil, maka risiko anemia akan mampu dihindari.

Anemia pada ibu hamil sangat mengganggu aktivitas, sebab menimbulkan keluhan pusing, lemas, dan tubuh yang mudah capek.

7. Menurunkan Tingkat Stress

Tahukah kamu bahwa manfaat bayam untuk ibu hamil juga dapat membuat mood-mu menjadi terasa baik?

Masalah mood swing dan rasa stress yang mengganggu kondisi psikologis ibu bisa dikurangi dengan manfaat bayam yang mengandung Vitamin B.

Jadi, kamu enggak perlu terlalu banyak mengonsumsi cokelat tinggi gula dengan alasan memperbaiki mood.

Bayam yang rendah kalori bisa tetap membuatmu happy tanpa harus khawatir janin akan berukuran terlalu besar akibat konsumsi gula berlebih.

(Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil yang Efektif)

8. Menstabilkan Tekanan Darah

Para ibu yang memiliki tekanan darah tinggi perlu menstabilkannya secara bertahap.

Pada saat berada dalam masa kehamilan, tekanan darah tinggi akan berpotensi pada risiko keguguran dan menghambatnya aliran darah ke plasenta.

Stabilkan tekanan darah tinggi dengan konsumsi bayam serta rutin cek tekanan darah untuk terus memantaunya selama kehamilan.

9. Menstabilkan Kadar Kolesterol

Selain persoalan tekanan darah, kadar kolesterol ibu hamil juga harus dalam kondisi stabil agar janin di dalam kandungan juga sehat.

Tidak sedikit kasus yang menemukan para ibu memiliki kadar kolesterol tinggi sebelum atau saat sedang hamil. Ini akan meningkatkan risiko timbulnya penyakit jantung dan stroke.

Waspadai hal tersebut dengan mengonsumsi bayam secara rutin. Vitamin E akan memberi manfaat bayam untuk ibu hamil dalam melawan radikal bebas, sehingga kadar kolesterol juga ikut distabilkan.

10. Mengurangi Rasa Nyeri dan Pegal

Rasa nyeri dan pegal akan semakin sering dirasakan ibu hamil seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Bagian pinggul dan punggung akan sering terasa sakit karena harus menopang janin selama berbulan-bulan.

Untuk mengatasinya, kamu wajib mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam. Manfaat bayam untuk ibu hamil ini didapat dari kandungan omega 3 dan senyawa glycolipid yang bersifat antiinflamasi.

11. Membuat Kulit Ibu Lebih Cerah

Manfaat bayam untuk ibu hamil yang terakhir adalah mampu membuat kulit ibu menjadi lebih sehat. Hal ini disebabkan karena kandungan protein pada bayam.

Protein akan mendorong produksi asam amino yang baik untuk kesehatan kulit.

Buat para ibu hamil yang sempat mengalami masalah kulit selama kehamilan, seperti wajah berjerawat atau terlihat kusam, konsumsi bayam bisa memperbaiki kesehatan kulitmu, nih.

Itulah berbagai manfaat bayam untuk ibu hamil dan janin yang sangat penting. Lindungi kesehatan ibu dan janin hingga hari kelahiran dengan asuransi kesehatan yang bisa kamu bandingkan dan ajukan lewat CekAja.com.

Kesehatan keluarga adalah hal terpenting dalam hidup. Segala risiko bisa saja terjadi, maka dari itu pastikan kamu mendapat jaminan layanan kesehatan terbaik dengan memiliki asuransi.

CekAja.com akan membantumu memberikan rekomendasi produk asuransi sesuai dengan kebutuhanmu. Premi dijamin terjangkau, dengan nilai uang pertanggungan yang menguntungkan.

Cek perbandingan asuransi kesehatan terbaik dan ajukan hanya lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah