Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Manfaat Belanja Bahan Pokok dengan Kartu Kredit  

by Gesti Weningtyas on 24 Maret, 2020

Belanja bahan pokok menjadi kebutuhan setiap masyarakat untuk terus bertahan hidup. Dengan keluarnya himbauan untuk tetap berada di rumah, kini banyak yang memilih untuk belanja sembako online, serta mencari penjual sembako grosir murah lewat online. Tentu saja kamu juga harus bisa memanfaatkan kartu kredit milikmu untuk digunakan belanja bahan pokok. Sebab, banyak sekali manfaat dan keuntungan belanja bahan pokok dengan kartu kredit.

Manfaat Belanja Bahan Pokok dengan Kartu Kredit  

Jangan sia-siakan manfaat belanja di rumah, lewat aplikasi marketplace langgananmu. Sebab di sana, ada banyak pilihan sembako maupun bahan pokok yang bisa kamu beli dengan kartu kredit. Pembelian bahan pokok dengan kartu kredit ini bakal memberikan banyak keuntungan tersendiri. Apalagi, jika kamu memiliki kartu kredit yang telah bekerjasama dengan marketplace tersebut.

Setiap kartu kredit memberikan penawaran menarik, dan tentunya akan berbeda. Sehingga, kamu juga harus jeli dalam memanfaatkan promo yang tengah berlangsung dari kartu kredit, maupun dari marketplace terkait. Ada beberapa kartu kredit yang memberikan promo gratis minyak goreng hingga diskon dengan minimal transaksi tertentu.

Beberapa marketplace kini juga menawarkan berbagai promo menarik untuk memanjakan para pelanggan. Diantaranya seperti gratis ongkos kirim, diskon dan cashback yang super melimpah dari beragam aplikasi maupun marketplace terkait. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan berbagai kesempatan belanja bahan pokok dengan menggunakan kartu kredit.

Keuntungan Belanja Sembako dengan Kartu Kredit
1. Diskon

Setiap kartu kredit memberikan diskon tertentu kepada nasabah yang melakukan transaksi di merchant yang telah bekerjasama dengan bank penerbit kartu. Tidak heran jika banyak yang memanfaatkan momen belanja di rumah dengan menggunakan  kartu kredit. Alhasil, biaya yang dikeluarkan pun jadi lebih hemat. Biaya yang tadinya digunakan untuk beli satu item saja, bisa kamu gunakan untuk dua atau tiga item untuk menambah stok logistik di rumah.

2. Poin

Tiap kartu kredit memiliki poin reward tersendiri yang diberikan kepada nasabah ketika nasabah melakukan pembelanjaan atau transaksi tertentu saat belanja. Poin yang telah terakumulasi ini bisa ditukarkan dengan hadiah maupun cashback, sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada kartu kredit tersebut. Poin ini akan berlaku kelipatan tertentu dan memiliki masa berlaku tersendiri. Setiap kartu kredit biasanya memiliki kelipatan transaksi untuk poin yang berbeda, begitu pula masa berlaku poin tersebut.

3. Cashback

Kamu juga bisa mendapatkan manfaat berupa cashback. Sebab, cashback ini juga akan diberikan buat para nasabah yang belanja bahan pokok menggunakan kartu kredit. Apalagi, jika kamu belanja di merchant yang telah bekerjasama dengan kartu kredit tersebut. Menguntungkan, bukan?

4. Hemat

Kamu bisa bertransaksi lebih hemat apabila melakukan transaksi pembelian bahan-bahan pokok menggunakan kartu kredit karena bisa memanfaatkan berbagai macam promo yang ada pada kartu kredit. Jangan lupa untuk selalu cek promo apa saja yang tengah berlangsung untuk bisa mendapatkan manfaat belanja bahan pokok dengan kartu kredit ini secara maksimal. Dengan demikian, kamu bisa menghemat anggaran belanja bulanan hingga 30 persen. Jangan lupa juga untuk selalu cek beberapa marketplace, yang mungkin saja bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit, sehingga kamu bisa belanja dengan makin hemat dan aman.

(Baca Juga: Banyak Manfaatnya! Ini Review Kartu Kredit Mayapada Platinum Card)

Itulah beberapa manfaat belanja bahan pokok dengan kartu kredit yang bisa kamu dapatkan. Untuk mendapatkan program promo terbaik, pilih kartu kredit sesuai dengan kebutuhan. Sebab, ada beberapa pilihan kartu kredit yang menawarkan promo tiap kamu belanja bahan pokok di merchant yang telah bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit.  Beberapa diantaranya adalah kartu kredit supermarket, yaitu kartu kredit yang memberikan promo berlimpah jika kamu melakukan transaksi di beberapa supermarket terkait. Pilihan kartu kredit tersebut yaitu sebagai berikut ini:

1. Kartu Kredit Citi

Kartu kredit Citi jenis Citi Cash Back bakal memberikan banyak manfaat, yaitu cashback hingga 4,9 persen dan  buat kamu belanja online juga bakal mendapatkan cashback. Ada juga bonus tambahan cashback maksimal Rp 100 ribu. Selain Citi Cash Back, ada juga kartu kredit Citi Rewards yang termasuk salah satu kartu yang cocok untuk berbelanja. Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari kartu kredit Citi Rewards seperti 3x Citi Rewards points untuk transaksi belanja online, dan untuk transaksi internasional dalam mata uang asing.

2. Kartu Kredit Hypermart Gold

Seperti namanya, kartu kredit Hypermart ini khusus diperuntukkan  buat kamu yang belanja di hypermart. Kamu bisa mendapatkan diskon potongan belanja hingga Rp 300 ribu dan diskon setiap hari untuk berbagai makanan segar, hingga cashback belanja sampai 20 persen.

3. Kartu Kredit Transmart Mega Card

Dengan kartu kredit Transmart Mega Card, kamu bisa menikmati manfaat di berbagai merchant yang tergabung dalam CT Corp seperti diskon 10 persen untuk pembelanjaan di Carrefour dan Transmart (kecuali produk susu, telur curah, rokok, dan gadget). Selain itu, kamu bisa dapetin diskon hingga 50 persen di Coffee Bean, Wendy’s, dan Baskin Robbin, diskon 10 persen untuk belanja di Metro Department Store.

4. HSBC Visa Platinum Cashback

Seperti namanya, fitur utama kartu kredit ini adalah cashback. Jadi kamu bakal mendapatkan cashback setiap pembelanjaan, terutama belanja online. Kartu kredit satu ini bakal memanjakan kamu yang hobi belanja online.  Karena tiap transaksi pembelanjaan dengan HSBC Visa Platinum Cashback bakal diapresiasi dengan pemberian cashback hingga 25% untuk transaksi online.

5. Kartu Kredit BNI-Lotte Mart

Buat kamu yang lebih suka belanja di Lotte Mart, kartu kredit co-branding BNI ini harus kamu miliki. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan cashback 3 persen untuk setiap pembelanjaan di Lotte Mart hypermarket. Selain itu kamu juga bakalan langsung mendapatkan 3 reward BNI point untuk setiap kelipatan Rp2.500. Ada juga tambahan diskon 5 persen buat pembelian produk private brand Lotte Mart dan kamu bisa kumpulkan poinnya ini untuk berkesempatan belanja gratis di Lotte Mart Hypermarket.

6. Permata Hero Card

Kartu kredit yang diterbitkan oleh Bank Permata ini bekerja sama dengan Supermarket Hero untuk memanjakan pelanggan setia yang belanja di Hero.  Ada banyak diskon yang bisa kamu dapatkan seperti diskon 5% untuk semua produk private label Hero, Cashback 3,5% untuk semua transaksi di Giant, Hero, dan Guardian dan tambahan cashback 1,5% untuk transaksi Rp 1.000.000/bulan (akumulasi) di luar Giant, Hero, dan Guardian.  Kamu juga bakal mendapatkan kesempatan bebas iuran tahunan di tahun pertama, dan jika aktif menggunakan Permata Hero Card, dapatkan kesempatan untuk bebas iuran tahunan selamanya.

7. Kartu Kredit Maybank White

Pilihan lainnya adalah  kredit Maybank White yang siap memberikan cashback hingga Rp105.000. Cashback tersebut bisa kamu dapatkan per bulan untuk transaksi pembelian tiket nonton, restaurant, BBM, dan belanja di supermarket. Untuk mendapatkan cashback ini, kamu harus bertransaksi hingga Rp1,5 juta per bulan.

8. Carrefour Mega Card

Carrefour Mega Card adalah kartu kredit yang bakal memberikan tambahan diskon 10% setiap hari untuk semua produk (termasuk elektronik & barang promosi lainnya, kecuali susu bayi<1 tahun, telur curah, rokok, handphone, smartphone, tablet, laptop, dan pulsa telepon) di Carrefour dan Transmart.

Selain itu, kamu juga bakal mendapatkan diskon lima persen untuk pembelanjaan produk private label Carrefour dan cashback lima persen untuk seluruh transaksi di store Carrefour, serta mega reward point untuk transaksi di luar store Carrefour.

Demikian adalah berbagai pilihan kartu kredit supermarket yang menawarkan manfaat beragam apabila kamu belanja bahan pokok menggunakan kartu kredit. Akan Tetapi, buat kamu yang akan melakukan transaksi menggunakan kartu kredit untuk belanja sembako atau bahan pokok secara online, sebaiknya simak beberapa tips ini agar tetap aman.

1. Perhatikan Jaringan kartu kredit

Tidak semua jaringan kartu kredit bisa digunakan untuk belanja online maupun offline dan belanja bahan pokok. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih beberapa kartu kredit yang jaringan kartu kreditnya bisa diterima untuk belanja.

Beberapa toko online menerapkan sistem pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, lihat beberapa support pembayaran kartu kredit tersebut, apakah sesuai dengan jaringan kartu kredit yang telah kita miliki. Pastikan tempat belanja bahan pokok kamu itu mencantumkan pilihan pembayaran dengan VISA/MasterCard/JCB/Amex/UnionPay.

2. Masukkan Data Secara Manual

Sebaiknya jangan pernah simpan nomor kartu kredit pada situs belanja online. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.  Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AAKI) menghimbau para konsumen keuangan, khususnya nasabah kartu kredit untuk jangan pernah menyimpan data seperti nomor kartu kredit, nama lengkap, nomor CVV di situs e-commerce manapun. Setelah belanja dan melakukan pembayaran, segera hapus history dan clear cache. Pastikan semua data sudah terhapus. Hal ini untuk antisipasi pencurian data yang dimanfaatkan oleh oknum tertentu.

Jangan lupa untuk selalu memperbaharui data kartu kredit seperti nomor ponsel kamu untuk memudahkan bank melakukan konfirmasi jika terjadi transaksi mencurigakan.

3. Fasilitas 3D Secure

Jangan lupa untuk memastikan bahwa kartu kredit yang kamu pilih itu sudah memiliki fasilitas 3D secure untuk mengamankan kartu dari oknum yang tak bertanggung jawab. Transaksi juga jadi lebih aman. Lalu, pastikan alamat merchant yang dituju untuk bertransaksi sudah sesuai, untuk meminimalisir fraud.

Lebih aman lagi, jika ada one time password (OTP) pada setiap transaksi dengan merchant terkait setiap kamu melakukan pembelian. Setelah itu, jangan lupa untuk selalu melihat dan cek tagihan kartu kredit setiap ada transaksi yang tidak sesuai. Lapor segera ke bank penerbit kartu jika ada transaksi yang mencurigakan dan tidak sesuai dengan aktivitasmu.

4. Limit Kartu Kredit

Pastikan limit kartu kredit sudah sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai, kamu melakukan pembelanjaan, ternyata saldo limit tidak cukup sehingga transaksi dibatalkan atau malah kamu terkena biaya kelebihan limit. Akhirnya bukan manfaat yang didapat, malah biaya yang semakin membengkak.

Untuk memastikan kamu mendapatkan kartu kredit dengan limit yang sesuai dan fasilitas yang pas dengan kebutuhan hidup, maupun untuk belanja dengan bahan pokok, kamu bisa memilih dan membandingkan tiap kartu kredit di Cekaja.com. Manfaatkan bunga yang rendah, dan pilihan limit hingga berbagai promo menarik lainnya dari kartu kredit untuk belanja kebutuhan pokok.

Bingung cari tambahan dana di mana? Sementara kondisi finansialmu juga sedang menurun. Tenang, Cairin.id siap membantu mengatasi masalah finansialmu.

Cairin.id menawarkan produk pinjaman dana berbasis online, dengan proses cepat, mudah dan pastinya aman. Karena, Cairin.id merupakan salah satu penyedia jasa keuangan yang telah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berikut persyaratannya:

  • Usia: Mulai dari 21 tahun hingga 55 tahun
  • Jumlah pengajuan pinjaman: Mulai dari Rp400.000-Rp3,6 juta
  • Proses pengajuan hingga pencairan: 1-3 hari
  • Bunga keterlambatan: 3% per transaksi + denda bunga 1,79% per hari
  • Biaya Admin: 0,58% per hari (+ bunga 0,1% per hari + biaya operasi 0,12% per hari)= Total 0,8% per hari
  • Rekening Tabungan: Wajib
  • Kartu Kredit: Tidak wajib
  • Jenis pengajuan: Online
  • Pekerjaan: Semua pekerjaan, kecuali supir online, pegawai legal, polisi, TNI

 Hemat waktu, praktis dan sangat membantu bukan? Yuk, segera ajukan pinjaman di aplikasi Cairin.id atau bisa juga melalui situs Cekaja.com!

Tentang Penulis