8 Manfaat Daun Brotowali, Pahit tapi Menyehatkan!

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Meski pahit, manfaat daun brotowali atau bratawali untuk kesehatan, tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, daun dan batangnya ini, sudah dijadikan sebagai obat herbal, yang ampuh atasi berbagai penyakit, selama berabad-abad.

Dilansir dari merdeka.com, tanaman obat yang memiliki nama latin Tinospora Cordifolia ini memang telah digunakan, untuk pengobatan di India.

Jadi, tidak hanya bagian daunnya saja, batang dan akarnya pun memiliki khasiat yang ampuh, bagi tubuh.

Bahkan, manfaat dari tanaman ini, juga telah disetujui oleh FDA atau Food and Drug Administration.

Adapun, manfaat daun brotowali ini bisa kamu rasakan, dan bisa kamu konsumsi dengan berbagai cara serta bentuk.

Mulai dari bisa dijadikan jus, direbus, dijadikan bubuk dan dimasukkan ke dalam kapsul. Atau, jika kamu malas membuatnya sendiri, kini juga sudah banyak toko herbal, yang menjual produk herbal dari daun brotowali.

Kandungan Tanaman Brotowali

Paa tanaman ini, ternyata memiliki banyak kandungan kimia, yang sangat baik untuk menyembuhkan hingga mencegah berbagai penyakit, di dalam tubuh.

Beberapa kandungan kimia utama yang ada pada daun brotowali ini, diantara adalah:

  • Alkaloid (berberina dan kolumbina yang terkandung di akar dan batang.
  • Damar lunak
  • Pati
  • Glikosida pikroretosid
  • Zat pahit pikroretin
  • Hars
  • Berberin
  • Palmatin
  • Kolumbin (akar)
  • Kokulin (pikrotoksin)

(Baca Juga: 7 Manfaat Fenugreek untuk Kesehatan dan Kecantikan)

Lantas, apa saja manfaat daun brotowali, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh? Yuk, langsung simak informasinya berikut ini.

8 Manfaat Daun Brotowali

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun brotowali yang pertama adalah mampu melancarkan saluran pencernaan, ketika ada masalah seperti di usus.

Untuk cara minum atau konsumsinya juga sangat mudah. Kamu hanya cukup ambil ½ sendok teh bubuk daun brotowali, campurkan dengan air hangat dan gula Jawa, agar rasanya tidak terlalu pahit.

Ramuan daun brotowali dan gula Jawa tersebut, bisa dijadikan untuk mengobati sembelit.

2. Menstabilkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Manfaat daun brotowali yang selanjutnya adalah bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Namun, agar khasiatnya lebih terasa sebaiknya, atau disarankan untuk melakukan konsultasi atau minta saran dokter, terlebih dahulu.

Nah untuk cara konsumsinya, biasanya bisa dilakukan dengan cara minum rebusan daun brotowali. Air rebusan tersebut, juga bisa ditambahkan dengan bahan lain, seperti jahe, jeruk nipis, dan lainnya.

3. Bantu Atasi Kecemasan dan Stres

Selain untuk kesehatan fisik, manfaat daun brotowali, yang tak kalah istimewa adalah bisa bantu mengatasi rasa cemas dan stres. Kok bisa?

Pasalnya, kandungan yang terdapat pada daun brotowali, dipercaya bisa membantu menyingkirkan racun, meningkatkan memori, menenangkan, dan sangat bagus untuk kesehatan.

Jadi, buat kamu yang sedang merasa kesehatan mentalmu, sedang tidak baik, bisa konsumsi daun brotowali.

4. Menyehatkan Mata

Jangan diabaikan, kesehatan mata juga perlu dijaga, salah satunya dengan memanfaatkan manfaat daun brotowali, yang kaya akan khasiat.

Adapun, ramuan brotowali ini, bisa membantu meningkatkan kejernihan mata atau penglihatan, dan menyehatkan mata.

Namun, jika kamu ingin menggunakan ramuan ini untuk mata, maka lebih baik atau disarankan untuk konsultasikan dulu dengan dokter spesialis mata.

Karena, kondisi mata setiap orang berbeda, jadi mungkin ada beberapa orang yang tidak bisa menggunakan ramuan ini, karena alergi dengan salah satu kandungannya, dan alasan lainnya.

5. Bantu Melawan Tanda-Tanda Penuaan

Siapa sih yang tidak ingin terlihat awet muda? Ternyata, manfaat daun brotowali ini, juga bisa untuk kecantikan dan kesehatan kulit loh.

Adapun, daun brotowali ini mengandung atau memiliki sifat anti-penuaan, yang bisa membantu mengurangi, bintik-bintik hitam, jerawat, garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

6. Bantu Meningkatkan Imunitas

Di kondisi seperti ini, imun tubuh harus tetap terjaga. Agar kondisi imunitas tetap berstamina, kamu bisa konsumsi daun brotowali.

Karena, salah satu manfaat daun brotowali, ternyata juga bisa membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Hal tersebut dikarenakan, daun ini mengandung antioksidan tinggi, yang bisa memerangi radikal bebas, menjaga sel-sel tetap sehat.

Tidak hanya itu, daun brotowali juga bisa membantu menghilangkan racun, membersihkan darah, melawan infeksi bakteri, bahkan bisa juga untuk memerangi penyakit hati dan infeksi saluran kemih.

7. Menurunkan Hipertensi

Manfaat daun brotowali yang berikutnya adalah bisa bantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain menurunkannya, ramuan ini juga bermanfaat memperlancar aliran darah.

Seperti yang diketahui, penyebab tekanan darah sendiri adalah adanya kolesterol, lemak, dan zat lainnya yang terdapat pada pembuluh arteri. Sehingga menyumbat aliran darah, dan terjadilah tekanan.

8. Menurunkan Demam

Bingung jika demam harus konsumsi apa, selain obat dari dokter? Nah, di sini kamu bisa konsumsi ramuan daun brotowali, karena manfaat daun brotowali bisa turunkan demam.

Hal tersebut dikarenakan, karena ramuan brotowali, memiliki efek antipiretik serta analgesik, yang mampu meredakan suhu tubuh dan meredakan nyeri.

Dengan konsumsi rebusan air daun brotowali, kamu bisa mendapatkan suhu tubuh kembali menjadi normal.

(Baca Juga: 10 Manfaat Daun Saga yang Baik Bagi Tubuh)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait manfaat daun brotowali yang sangat istimewa untuk tubuh.

Namun, kira-kira di mana bisa mendapatkan daun brotowali untuk pengobatan, sedangkan kini tanaman obat sudah mulai jarang ditemukan?

Jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak dijual daun brotowali dalam bentuk bubuk atau kapsul, di toko herbal offline dan online.

Untuk harganya juga beragam di setiap toko, yakni mulai Rp30.000-Rp35.000 untuk ukuran 500 gram.

Tidak hanya untuk dikonsumsi pribadi, kamu juga bisa menjadikan bubuk daun brotowali menjadi sebuah bisnis.

Kamu bisa beli bubuk daun brotowali dalam jumlah banyak, lalu bisa kamu masukan ke dalam kapsul, dengan dosis yang sudah diukur sebelumnya.

dengan begitu kamu bisa membantu orang lain, menemukan pengobatan dengan mudah, dan tinggal minum.

Yuk, bangun bisnis herbal kecil-kecilan, dari daun brotowali yang menyehatkan. Jika kamu masih memiliki masalah di dana usaha, ajukan saja pinjaman dana modal usaha, melalui CekAja.com!

CekAja.com juga menyediakan banyak produk pinjaman, dari perusahaan pinjaman online dan P2P lending, ternama di Indonesia, yang aman, terpercaya, dan terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman online terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.