7 Manfaat Fenugreek untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, manfaat fenugreek untuk kesehatan dan kecantikan, berikut ini sepertinya wajib kamu ketahui. Yuk intip beragam manfaatnya!

Apa Itu Fenugreek?

Fenugreek atau biasa disebut klabet atau kelabat, merupakan tumbuhan yang berasal dari keluarga Fabaceae.

Nama ilmiah dari fenugreek adalah Trigonella foenum-graecum. Jika di Indonesia disebut klabet atau kelabat, di tanah India, fenugreek memiliki banyak sebutan atau nama lain.

Hal tersebut, dikarenakan perkembangan fenugreek, juga banyak tumbuh di kawasan Asia Selatan. Bahkan India menjadi negara penghasil fenugreek terbesar di dunia.

Nama lain fenugreek di India di antaranya adalah Methi dalam bahasa Hindi, Menthulu dalam bahasa Telugu, Bendhayam dalam bahasa Tamil, Uluva dalam bahasa Marathi, dan Methi di Bengali.

Umumnya, tumbuhan ini digunakan untuk obat herbal, kecantikan, dan untuk rempah-rempah. Pada masakan, fenugreek merupakan bumbu umum untuk pembuatan kari atau kare.

Kandungan Fenugreek/Klabet/Methi

  • Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak tidak jenuh ganda
  • Vitamin B komplek (B1, B2, B3, B6, dan B9)
  • Kalsium
  • Potassium
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Seng
  • Mangan
  • Tembaga
  • Selenium

Dengan banyaknya kandungan yang dimiliki, membuat manfaat fenugreek untuk kesehatan, maupun kecantikan, menjadi sangat beragam.

(Baca Juga: 18 Manfaat Daun Kelor)

Mau tahu apa saja, manfaat fenugreek untuk kesehatan serta kecantikan? Yuk, langsung saja simak rangkumannya, berikut ini.

7 Manfaat Fenugreek untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengobati Radang dan Infeksi

Manfaat fenugreek untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati radang dan infeksi. Pasalnya, biji fenugreek memiliki sifat anti-inflamasi dan bakteri.

Sehingga, jika kamu mengalami masalah kesehatan, seperti nyeri sendi akibat pembengkakan, maka bisa mengkonsumsi biji fenugreek ini.

Atau, jika kamu memiliki gangguan nyeri ketika menstruasi, biji fenugreek juga bisa meredakan rasa nyeri tersebut.

Caranya, bisa dikonsumsi secara oral atau diminum atau diolah menjadi ramuan, yang bisa langsung dioles ke bagian area radang.

2. Membantu Melancarkan ASI

Manfaat fenugreek untuk kesehatan yang selanjutnya adalah, bisa membantu melancarkan produksi ASI, secara alami.

Sejak dulu, fenugreek memang digunakan para ibu, untuk memperlancar keluarnya ASI, dan memperbanyak jumlah produksi ASI.

Jadi, jika kamu hanya tahu daun katuk sebagai pelancar ASI, kamu sepertinya perlu mencoba melancarkan ASI dengan fenugreek!

Biasanya, suplemen pelancar ASI dari fenugreek, sudah tersedia dalam bentuk kapsul. Namun, sebaliknya, untuk ibu hamil fenugreek tidak disarankan, karena tidak baik untuk janin. Jadi lebih baik konsultasikan dulu ke dokter.

3. Membantu Mengontrol Berat Badan

Kamu sedang menjalankan program diet? Manfaat fenugreek untuk kesehatan yang satu ini, mungkin bisa membantumu dalam menurunkan berat badan.

Karena, fenugreek ini bisa mengendalikan berat badan, sehingga masalah berat badan berlebih atau obesitas, bisa dicegah.

Bahkan, beberapa kandungan dalam fenugreek bisa menekan dan mengontrol nafsu makan. Jadi, sangat cocok digunakan dalam program diet.

4. Membantu Meningkatkan Libido

Orang-orang Timur Tengah dan Mediterania, sering menggunakan fenugreek, sebagai makanan peningkat libido gairah seks pria dan wanita.

Nah, sehingga buat kamu yang sedang memiliki masalah terkait gairah seks, yang menurun. Maka, maka bisa tambahkan fenugreek ke dalam makanan atau masakan.

Namun, tidak asal menambahkan, karena kamu harus memperhatikan dosisnya, agar tidak berlebihan.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah agar Tetap Normal

Untuk para penderita diabetes atau yang ingin mencegah penyakit tersebut, manfaat fenugreek untuk kesehatan ini, bisa digunakan.

Pasalnya, biji fenugreek bisa membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga bisa mengobati dan mencegah penyakit diabetes.

Kamu, bisa mengkonsumsi suplemen fenugreek, yang sudah tersedia dalam bentuk kapsul. Sehingga, mudah untuk dikonsumsi, dan mudah didapatkan di toko obat, toko herbal atau apotik.

6. Mempercantik dan Menyehatkan Kulit

Selain adanya manfaat fenugreek untuk kesehatan, biji berwarna krem ini, juga ternyata bermanfaat untuk kecantikan, terutama untuk kulit.

Hal tersebut dikarenakan, kandungan yang ada di dalam fenugreek dipercaya mampu mencegah penuaan dini, menjaga kelembaban kulit, dan mencegahnya dari kekeringan.

Bahkan, untuk kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat, biji fenugreek juga bisa jadi pilihan obatnya.

7. Mengatasi Masalah Rambut

Selain kulit, fenugreek juga bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Misalnya, rambut rontok, ketombe, pecah-pecah, hingga kasar, bisa diatasi oleh fenugreek.

Cara mengaplikasikannya, cukup mencampurkan bubuk biji fenugreek dengan berbagai racikan, seperti dicampur yogurt, lemon, hingga minyak kelapa.

Selanjutnya, campuran racikan tersebut, bisa langsung di aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas.

Nah, itu dia beberapa manfaat fenugreek untuk kesehatan dan kecantikan, yang bisa kamu aplikasikan sendiri, sesuai kebutuhan dan masalah kesehatanmu.

Untuk mendapatkan biji fenugreek, kini sangat mudah. Karena, selain tersedia di toko obat, herbal, maupun, apotek, fenugreek juga banyak dijual di e-commerce.

(Baca Juga: Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan)

Harga untuk fenugreek, yang masih berupa biji umumnya, sekitar Rp25.000 per 250 gram. Ada juga yang tersedia dalam bentuk bubuk, yang dibanderol Rp30.000 per 500 gram.

Jika ingin langsung mencari dalam bentuk kapsul atau suplemen, umumnya dihargai Rp 20.000 per 30-60 kapsul.

Ada banyak pilihan sediaan, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan harga. Agar lebih hemat, kamu bisa membeli fenugreek di e-commerce menggunakan kartu kredit.

Dengan kartu kredit, kamu bisa berkesempatan mendapatkan promo menarik, seperti diskon, cashback, dan lainnya.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan Saja di CekAja.com!

Di masa pandemi seperti ini, kartu kredit menjadi alat pembayaran, yang sangat membantu karena sangat praktis.

Jadi, segera miliki kartu kredit terbaik, sesuai kebutuhan dan keinginanmu, yang bisa dipilih di CekAja.com, dan ajukan secara online.

Ada banyak pilihan kartu kredit yang disediakan CekAja.com, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!