8 Manfaat Ikan Manyung, dari Nyeri Sendi hingga Tingkatkan Trombosit

5 min membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Ikan asin, memang sering dianggap sebelah mata, terutama bagi kesehatan. Namun, siapa sangka bahwa manfaat ikan manyung, atau biasa disebut ikan jambal roti ini, memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

Mengenal Ikan Manyung/Jambal Roti

Sebelum kita membahas terkait manfaat ikan manyung, yuk kita kenalan dulu dengan ikan asin yang satu ini!

Ikan manyung merupakan ikan air laut atau air asin, yang biasa ditangkap dan diolah, sebagai ikan asin.

Ikan manyung juga sangat dikenal dengan nama jambal roti. Mungkin, buat kamu atau ibu-ibu yang doyan ikan asin, pasti tahu ikan yang satu ini.

Selain itu, ikan manyung merupakan ikan dari anggota bangsa ikan berkumis (Siluriformes), famili Ariidae.

Tidak hanya satu, ikan manyung terdiri dari sembilan jenis Ariidae, yang disebut manyung.

Namun, dari sembilan jenis, yang paling populer sebagai penghasil ikan asin adalah jenis N. thalassinus.

Ikan manyung biasa dimanfaatkan dan diolah di kawasan Pantai Utara Jawa. Namun, selain dagingnya yang diolah, kepala ikan manyung juga sering diolah sebagai gulai, dimangut, atau diasap.

Gulai Kepala Ikan Manyung jadi Kuliner Legendaris

Bahkan, banyak rumah makan yang menyediakan menu utama, olahan kepala manyung yang diasap.

Salah satu rumah makan kepala ikan manyung, yang cukup legendaris, adalah Restoran Kepala Manyung Bu Fat, khas pesisir Jawa.

Restoran ini, telah berdiri sejak 1969 di Semarang, dan memanfaatkan olahan kepala manyung yang lezat, dan berkhasiat.

(Baca Juga: 10 Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi)

Kandungan Gizi Ikan Manyung

Tidak kalah bergizi, minyak ikan manyung, juga banyak mengandung asam lemak omega-3, yang diketahui sangat baik untuk jantung.

Selain asam lemak, berikut deretan kandungan gizi ikan manyung:

  • Kalori: 97 kal
  • Protein: 17,9 g
  • Lemak: 2 g
  • Karbohidrat: 0,4 g
  • Kalsium 40 mg
  • Fosfor: 100 mg
  • Besi: 2,5 g
  • Vitamin A: 68 A (Sl)
  • Vitamin B1: 0,1 B1 (mg)
  • Vitamin C: 0 C mg

Bicara tentang khasiat, ikan manyung termasuk salah satu ikan yang kaya gizi. Sehingga, tidak kalah bernutrisi dari ikan-ikan lainnya, yang mungkin lebih mahal.

Manfaat Ikan Manyung

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat ikan manyung, atau ikan jambal roti, bagi kesehatan:

1. Menyembuhkan Nyeri Sendi

Manfaat ikan manyung untuk kesehatan yang pertama adalah bisa menyembuhkan nyeri sendi. Bagi kamu yang memiliki masalah sendi sakit karena adanya peradangan, ikan manyung bisa jadi solusi pengobatan.

Nyeri sendi, biasa muncul karena adanya gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Nyeri sendi juga ditandai dengan kemunduran tulang rawan atau kartilago pada sendi dan tulang-tulang di sekitarnya.

Nah, ikan manyung bisa dikonsumsi, untuk membantu memperbaiki tulang rawang dan menghilangkan rasa nyeri, dengan kandungan kalsiumnya.

2. Meningkatkan Trombosit

Manfaat ikan manyung yang berikutnya adalah bisa bantu meningkatkan trombosit dalam darah.

Trombosit atau sel darah merah, adalah sel yang diproduksi di sumsum tulang belakang. Trombosit di dalam tubuh juga sangat bermanfaat bagi proses pembekuan darah, ketika tubuh terluka.

Di sini trombosit sangat berperan aktif, untuk menutup kebocoran, pada luka. Sehingga, jika trombosit dalam tubuh tidak mencukupi, maka bisa mengakibatkan luka lebih sulit untuk berhenti dan kering.

Agar trombosit diproduksi lebih banyak oleh sumsum tulang belakang, kamu bisa membantunya dengan mengkonsumsi ikan manyung.

3. Memelihara Kesehatan Kulit

Kamu punya masalah kulit? Manfaat ikan manyung yang satu ini, bisa mengatasi masalah kulitmu, karena ikan manyung bisa bantu memelihara kesehatan kulit loh.

Ikan manyung dipercaya bisa membuat kulit lebih sehat, dan mencegah berbagai masalah kulit datang.

Sebut saja, seperti penyakit kulit dermatitis atau radang kulit, hingga masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

4. Menurunkan Gejala Diabetes Melitus

Mengkonsumsi ikan manyung, dipercaya bisa membantu meringankan atau bahkan mencegah penyakit diabetes, terutama diabetes mellitus.

Penyakit ini biasanya muncul secara perlahan, karena adanya gangguan pada sistem metabolisme karbohidrat, di tubuh manusia.

Sehingga, pankreas tidak bisa memproduksi insulin yang cukup, dan mengakibatkan tubuh tidak dapat berfungsi mengubah gula menjadi energi.

Maka dari itu, jika hal tersebut sudah terjadi pada kamu, kamu bisa segera ubah gaya hidup seperti olahraga, pola makan teratur, hingga konsumsi ikan manyung.

5. Menurunkan Obesitas

Hobi makan berat dan berlemak, membuat tubuh jadi obesitas? Tenang, kamu di sini bisa mengkonsumsi ikan manyung, sebagai solusi turunkan obesitas.

Pasalnya, ikan manyung dikenal dengan kandungan yang mudah dicerna dan rendah lemak. Nah, dengan konsumsi ikan ini, kamu bisa lebih mudah mengontrol berat badan, dan bisa bergerak lincah, tanpa mudah lelah.

6. Mengatasi Kekurangan Gizi

Seperti yang diketahui bahwa, nilai kandungan ikan manyung cukup tinggi. Maka dari itu, manfaat ikan manyung ini, tentu bisa mengatasi seseorang kekurangan gizi.

Dengan kandungan gizi yang berlimpah membuat ikan ini bisa mengatasi banyak masalah kesehatan.

7. Mencegah Penyakit Stroke

Manfaat ikan manyung berikutnya adalah bisa mencegah penyakit stroke. Seperti yang diketahui bahwa stroke, merupakan hasil dari gumpalan dalam arteri otak.

Nah, tanpa pasokan oksigen yang cukup, otak tidak bisa berfungsi dengan baik. Jika aliran oksigen rusak, dapat menyebabkan hilangnya persepsi sensorik, kerusakan otak, kelumpuhan, atau bahkan kematian bisa terjadi.

Sehingga, ikan manyung ini bisa berkhasiat juga untuk mencegah stroke, bahkan deretan penyakit berbahaya lainnya, yang bisa mengancam jiwa.

8. Meningkatkan Selera Makan

Seperti yang diketahui bahwa sebagian orang Indonesia, sangat gemar konsumsi ikan asin, termasuk jambal roti ini.

Selain rasanya yang nikmat, aromanya juga sangat memikat, sehingga bisa meningkatkan selera makan.

(Baca Juga: Resep Masakan Berbahan Dasar Salmon)

Tekstur dagingnya yang rapuh, tebal seperti roti, membuat terlihat menggugah selera. Dengan banyaknya olahan ikan manyung atau jambal roti, membuat selera makan jadi meningkat.

Berbagai Olahan Ikan Manyung atau Jambal Roti

Biasa diolah menjadi ikan asin, dan kepalanya diasap, kantung udara ikan manyung juga bisa diperjual belikan, untuk dikonsumsi serta, telurnya bisa diolah menjadi pepes telur ikan manyung.

Namun, ikan manyung lebih sering diolah menjadi gulai. Ada banyak resep gulai ikan manyung yang bisa kamu lihat di internet. dan semuanya terlihat lezat, serta bergizi.

Nah, itu dia beberapa informasi tentang ikan manyung beserta manfaatnya, yang luar biasa.

Ikan Asin Jambal Roti Dijual di E-commerce

Tidak perlu ke utara Pulau Jawa untuk mendapatkan ikan manyung, karena kini ikan manyung sudah banyak dijual di e-commerce loh.

Tidak dijual berupa ikan segar, ikan manyung atau jambal roti, dijual sudah dalam bentuk ikan asin, yang sudah dikeringkan.

Sehingga, kamu hanya tinggal mengolahnya saja. Ikan manyung alias jambal roti, biasa dijual dengan harga 65.000 per kg.

Selain itu, agar pembelian ikan jambal roti di e-commerce lebih praktis, kamu juga bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit loh.

Kamu hanya tinggal pilih ransel gunung yang inginkan, melalui online lalu bayar menggunakan kartu kredit, dengan cepat dan mudah.

Sehingga, kamu tidak perlu lagi repot keluar rumah untuk mencari ATM.

Belum punya kartu kredit? Jangan khawatir, yuk beli ikan manyung atau jambal roti dengan mudah, pakai kartu kredit yang bisa diajukan melalui CekAja.com.

Di sini CekAja.com akan membantu kamu untuk memilihkan produk kartu kredit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

CekAja.com juga menyediakan banyak produk kartu kredit, dari berbagai bank ternama Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan akrtu kredit terbaik pilihamu, hanya di CekAja.com, dan beli ikan jambal roti untuk diolah jadi masakan favoritmu!