Manfaat Infused Water Lemon Untuk Kesehatan Beserta Cara Buatnya

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Sempat sangat populer, minuman infused water yang dipercaya menjadi minuman kesehatan ini, merupakan minuman yang terdiri dari air dan potongan buah segar seperti lemon. Bukan sekadar minuman biasa, meski terkesan sederhana, manfaat infused water lemon untuk kesehatan, ternyata sangat banyak.

Bukan cuma lemon, infused water juga bisa menggunakan buah segar, sayuran, atau rempah-rempah lainnya. Berbeda dengan jus, infused water disebut-sebut hanya memiliki sedikit kandungan kalori. Sehingga, hal inilah yang membuat manfaat water infused lemon sangat banyak, dan menjadi sangat populer.

Infused Water Lemon Paling Populer

Selain menjadi salah satu buah, yang paling umum digunakan di infused water, lemon juga dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin C. Harga buah lemon juga tergolong terjangkau, yakni sekitar Rp11.000 per 250 gram (lemon lokal).

Bagi para pelaku hidup sehat, mengkonsumsi infused water lemon mungkin sudah menjadi hal yang tak asing lagi. Selain itu, cara membuat infused water lemon pun sangat mudah, sehingga tidak ada alasan lagi buat nggak hidup sehat bukan?

Manfaat Infused Water Lemon

Meskipun minuman ini belum ada yang membuktikan manfaatnya secara ilmiah, namun berikut sederet klaim manfaat infused water lemon, beserta faktanya:

1. Sebagai Detoks

Manfaat infused water lemon yang pertama adalah sebagai detoks, atau membuang racun dalam tubuh. Banyak pelaku hidup sehat percaya bahwa minuman fenomenal ini bisa mendetoksifikasi racun yang ada dalam tubuh.

Faktanya: Meski hal tersebut faktanya masih terdengar samar. Pasalnya, untuk masalah detoksifikasi, sebenarnya tubuh mempunyai caranya sendiri, yakni melalui organ ginjal dan hati.

Nah, agar proses detoksifikasi alami tersebut bisa berjalan lancar, harus dibantu dengan memperbanyak minum air putih, konsumsi buah, dan sayur. Karena, 3 hal penting tersebut sangat membantu menjaga kesehatan ginjal dan hati kamu.

(Baca Juga: Sukses Budidaya Sayuran Organik dengan Beberapa Tips Berikut Ini)

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat infused water lemon yang selanjutnya adalah bisa menurunkan berat badan. Biasanya, minuman ini juga sangat populer dikalangan para pelaku diet.

Bahkan, buah lemon sendiri juga disebut-sebut sebagai salah satu buah, yang menjadi makanan “pengurus” badan. Sehingga, tak heran jika, semua hal-hal yang menyangkut tentang diet, biasanya terdapat campuran lemon.

Buah lemon sendiri mengandung pektin, yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga, banyak orang yang menjadikan hal tersebut sebagai zat yang bisa mengurangi asupan kalori.

Faktanya: Memang benar, lemon memiliki kandungan pektin yang bisa mengurangi asupan kalori, namun kandungan pektin yang ada di dalam buah lemon, tidak sebanyak yang kamu bayangkan. Apalagi untuk mengurangi berat badan.

Namun, seorang ahli gizi bernama Jason Ewoldt, LD, setuju jika buah lemon merupakan buah dengan kalori rendah, dan baik untuk mengontrol kalori. Sehingga, buat kamu yang sedang diet, lemon bisa membantumu untuk mengontrol kalori dengan baik.

Nah, ketimbang minum teh, kopi atau minuman lainnya, minum infused water lemon, tentunya akan lebih baik. Apalagi buat kamu yang punya cita-cita ingin kurus.

3. Bisa Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat infused water lemon yang tak kalah diincar pelaku hidup sehat adalah bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, untuk memiliki saluran pencernaan yang sehat dan lancar, kamu harus minum banyak air.

Terlebih, air sangat berperan penting untuk menghidrasi tubuh, sekaligus memperlancar saluran pencernaan. Selain itu, air juga sangat membantu mempermudah kinerja usus dalam mencerna makanan, sehingga bisa mencegah sembelit.

Untuk hal ini, air memang memberikan manfaat yang sangat baik. Apalagi jika ditambah dengan kandungan-kandungan buah yang kaya akan serat.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat infused water lemon, berikutnya adalah mencegah penuaan dini. Bukan hanya sekedar air biasa, resapan buah yang digunakan dalam infused water, biasanya kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C, seperti lemon.

Selain lemon, berbagai buah dan sayur seperti strawberry, mentimun, kiwi, apel dan lain-lain juga banyak digunakan untuk membuat infused water. Seperti yang kita tahu, bahwa vitamin C dan antioksidan dikenal bisa menghambat penuaan kulit.

Vitamin C dan antioksidan juga disebut-sebut membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen. Zat ini sangat populer guna mengencangkan dan mengenyalkan kulit.

Namun, tentunya kedua senyawa tersebut, tidak bisa langsung mencegah dan menghentikan proses penuaan secara otomatis. Kamu juga harus menjaga kesehatan kulit dari berbagai aspek.

Misalnya, banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, sumber protein rendah lemak, dan merawat kulit dari luar dengan baik. Jadi, jangan cuma konsumsi infused water saja, untuk menghasilkan kulit sehat dan cantik.

5. Cegah Dehidrasi

Manfaat infused water lemon yang tak kalah istimewa adalah bisa membantu tubuh kamu tetap terhidrasi, dan mencegah dehidrasi. Pasalnya, berat badan tubuh manusia terdiri dari 60 – 70 air, di mana air yang cukup sangat diperlukan untuk tubuh.

Umumnya, manusia membutuhkan air kurang lebih 8-12 gelas per hari. Asupan air tersebut digunakan untuk menggantikan air yang keluar dari tubuh, seperti dari urin dan keringat.

Nah, agar asupan selalu tercukupi, dan mencegah tubuhmu kekurangan air, atau dehidrasi, minumlah air 2 liter per hari. Biar nggak bosan dengan rasa air yang tawar, minum infused water mungkin bisa dijadikan pilihan yang baik.

6. Meningkatkan Mood dan Energi

Manfaat infused water lemon selanjutnya, yang bisa membuat hari-harimu menyenangkan adalah bisa meningkatkan mood dan energi.

Pasalnya, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat dehidrasi sekitar 1 persen, dapat secara signifikan menurunkan suasana hati, mengurangi tingkat konsentrasi, dan menyebabkan sakit kepala.

Di dalam sebuah studi juga pernah mengamati orang dewasa yang mengonsumsi air kurang dari 1,2 liter per harinya. Namun, ketika asupan air ditingkatkan menjadi 2,5 liter per hari, mereka terlihat lebih bahagia, memiliki banyak energi, dan merasa lebih tenang.

Cara Membuat Infused Water Lemon

  • Pertama, siapkan 2 buah lemon, cuci bersih
  • Iris lemon (melintang) menjadi beberapa bagian, buang bijinya.
  • Siapkan 1 liter air putih matang.
  • Masukkan seluruh potongan lemon ke dalam air.
  • Anda bisa menambahkan potongan timun, daun mint, atau buah lain sebagai penambah rasa.
  • Setelah itu, diamkan air lemon minimal 1 jam dan maksimal 4 jam. Agar lebih segar, kamu bisa memasukkannya kedalam lemari pendingin.
  • Nah, setelah 1 jam, infused water akan terasa asam yang berarti infused water sudah siap diminum.

(Baca Juga: Segudang Manfaat Buah Gandaria yang Jarang Diketahui Orang)

Resep Infused Water Lainnya

Tidak hanya lemon, kamu juga bisa menggunakan buah segar, sayuran, bahkan rempah-rempah lainnya, untuk membuat infused water di rumah. Berikut beberapa kombinasi yang bisa kamu coba, yang segar, bernutrisi, dan tidak pahit.

  • Strawberry, Kiwi, dan Daun Mint
  • Mentimun, Lemon, dan Daun Mint
  • Apel, Anggur, dan Jeruk
  • Apel dan Kayu Manis
  • Nanas dan Daun Mint
  • Pir, Kayu Manis, dan Jahe

Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang, dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan air. Sediakan terus buah dan sayur segar di rumahmu, setiap hari. Jangan lupa belanja buah-buahan segar di supermarket atau di toko online sekalipun, dengan menggunakan kartu kredit. 

Yuk, ajukan kartu kredit khusus belanja, hanya di situs Cekaja.com!