Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Ragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan

by Ayunindya Annistri on 6 Juli, 2020

Jeruk nipis biasanya digunakan sebagai bumbu pelengkap guna menambah cita rasa pada makanan. Disamping itu, buah yang bernama ilmiah citrus x aurantiifolia ini juga dikenal memiliki segudang manfaat, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Kira-kira apa sajakah manfaat jeruk nipis? Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Jeruk Nipis

Meski memiliki cita rasa yang cenderung asam, namun siapa sangka jika buah kecil berwarna kehijauan ini memiliki banyak manfaat baik, yang mana tidak hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis, yakni sekitar 22 persen untuk kebutuhan harian, dikenal lebih unggul ketimbang jenis jeruk lainnya. Tidak hanya itu saja, dalam satu buah jeruk nipis juga diketahui mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh manusia, manfaat jeruk nipis seperti:

  • Asam sitrat
  • Asam amino
  • Asam sitrun
  • Dammar
  • Glikosida
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin B1
  • Lemak
  • Belerang
  • Kalium

Nah, dengan banyaknya nutrisi baik tersebut, tak heran jika jeruk nipis banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan maupun kecantikan. Kira-kira apa saja sih sebenarnya manfaat jeruk nipis bagi kedua kategori tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan
1. Sebagai anti-aging alami

Sebagai anti-aging alami - Ragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan

Bagi kamu yang sudah menginjak usia 21 tahun, maka wajib menggunakan perawatan kecantikan yang mengandung anti-aging. Tak perlu membeli produk mahal, sebagai permulaan kamu bisa memakai bahan alami, seperti manfaat jeruk nipis ini.

Kandungan vitamin C dan flavonoid yang ada pada jeruk nipis, diyakini mampu membantu kulit untuk beregenerasi dan memelihara kesehatan wajah agar terhindar dari efek buruk radikal bebas.

Kedua zat ini biasanya dipakai oleh banyak produk kecantikan ternama saat menciptakan krim anti-aging.

Untuk memaksimalkan manfaat jeruk nipis, kamu bisa meraciknya sebagai masker alami. Kamu hanya perlu mengupas kulit jeruk nipis kemudian gosok secara perlahan dan merata ke semua area wajah. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam seminggu, agar masalah penuaan dini dan pigmentasi berlebih pada kulit wajah bisa teratasi.

(Baca Juga: 8 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janinnya)
2. Mencerahkan kulit wajah yang kusam

Mencerahkan kulit wajah yang kusam - Ragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan

Siapa sih yang ingin memiliki wajah kusam? Tentu semua wanita tak ingin memiliki permasalahan kulit seperti ini. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan bahan alami yang berasal dari manfaat jeruk nipis.

Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis ini akan bekerja efektif dalam meningkatkan produksi kolagen di kulit. Hasilnya, wajah tampak lebih cerah.

Cara mengolah jeruk nipis terutama untuk mengatasi wajah kusam sangat mudah loh. Pertama-tama, campurkan sari jeruk nipis dengan satu tetes madu atau sesuaikan dengan takaran.

Setelah itu oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 5 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat agar lebih bersih dan efeknya maksimal. Agar bisa lebih merasakan manfaat jeruk nipis, kamu bisa sambil merebahkan tubuh agar syaraf wajah dalam kondisi relax.

Apabila kamu kurang menyukai aroma madu atau merasa janggal jika harus meracik masker tersebut, kamu bisa menggunakan sari jeruk nipis saja untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, terutama di sekitar hidung. Alhasil, selain membuat wajah lebih cerah, komedo di hidung pun juga bakal hilang berkat manfaat jeruk nipis ini.

3. Mencegah dan menghilangkan bekas jerawat

Mencegah dan menghilangkan bekas jerawat - Ragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah mencegah dan menghilangkan bekas jerawat. Soalnya nih selain mengandung vitamin C, jeruk nipis juga kaya akan kandungan alpha hydroxy acids atau biasa disingkat AHA.

Kandungan AHA yang ada pada jeruk nipis diyakini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Sehingga pori-pori tidak mengalami penyumbatan.

Selain itu, jeruk nipis juga dibekali antibiotik yang mana fungsinya untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman, sehingga wajah bakal terbebas dari jerawat.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan
4. Memelihara kesehatan pencernaaan

Memelihara kesehatan pencernaaan - Ragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat jeruk nipis tak hanya dirasakan untuk kecantikan saja, namun juga kesehatan. Betapa tidak, dengan kamu meminum segelas air jeruk nipis hangat di pagi hari atau sekitar 30 menit sebelum sarapan, dijamin masalah pencernaan seperti sulit BAB akan teratasi.

Hal ini karena, rasa asam yang tercipta dari jeruk nipis berfungsi untuk membersihkan sistem ekskresi manusia. Selain itu, serat yang terdapat pada jeruk nipis juga diyakini mampu merangsang pergerakan usus. Sehingga sangat baik pula dikonsumsi oleh penderita sembelit.  

(Baca Juga: 10 Bumbu Dapur untuk Mengecilkan Perut Buncit)
5. Meningkatkan kekebalan sistem imun

Meningkatkan kekebalan sistem imun - Ragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan

Vitamin C yang ada pada jeruk nipis diyakini dapat meningkatkan sistem imun pada manusia. Maka dari itu, kamu wajib mengonsumsi jeruk nipis secara teratur agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, rasanya meminum segelas air jeruk nipis hangat menjadi solusi tepat untuk melawan virus-virus jahat.

6. Cegah penyakit batu ginjal

Cegah penyakit batu ginjal - Ragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat jeruk nipis yang terakhir adalah untuk mencegah penyakit batu ginjal. Penyakit ini biasanya disebabkan karena kurangnya mengonsumsi air putih dan terlalu sering duduk, bahkan hingga berjam-jam lamanya.  

Untuk mencegah pembentukan batu ginjal, para ahli menyarankan agar meminum perasan air jeruk nipis pada malam hari sesaat setelah makan.

Kandungan asam sitrat yang tinggi dalam jeruk nipis diyakini bisa menjadi obat alami bagi mereka yang terdeteksi, atau mungkin telah menderita penyakit batu ginjal. 

Jika ingin meraciknya menjadi obat penyakit batu ginjal, kamu bisa menyiapkan air perasan dari satu jeruk nipis kemudian campurkan ke dalam dua gelas air putih.

Tak perlu takut membuat lambung menjadi perih, sebab sari jeruk nipis yang dikonsumsi setelah makan malam, justru enggak bakal memicu terjadinya penyakit lambung.

Apa Efek Samping dari Mengonsumsi Jeruk Nipis?

Meski manfaat jeruk nipis sangat banyak, namun seperti halnya dengan buah yang lain, jeruk nipis juga memiliki efek samping jika dikonsumsi tak sesuai dengan ketentuan.

Kandungan asam yang tinggi pada jeruk nipis bisa menyebabkan gangguan pencernaan, terutama bagi mereka yang menderita penyakit maag.

Tidak hanya itu saja, apabila dikonsumsi secara berlebihan, manfaat jeruk nipis juga dapat membuat gigi mudah rusak dan menyebabkan rasa sakit pada bibir yang mengalami pecah-pecah atau sariawan. Bahkan bagi sebagian orang, jeruk nipis dapat menyebabkan alergi seperti bentol-bentol hingga sesak napas.

Makanya, selalu perhatikan seberapa banyak kamu mengonsumsi jeruk nipis dan usahakan untuk mengimbanginya dengan pola hidup sehat.

Selain melindungi diri dengan mengandalkan makanan sehat, kamu juga berhak loh memberikan proteksi tambahan untuk tubuhmu sendiri namun dari segi finansial. Caranya?

Gunakanlah asuransi kesehatan dari CekAja.com yang sudah terbukti memiliki perlindungan super lengkap dan dengan bantuan klaim cepat.

Hebatnya nih, kamu bisa mengajukan asuransi kesehartan secara online loh, yang mana pastinya CekAja akan memberikan penawaran terbaik, salah satunya adalah premi setahun hemat 2 bulan.

Yuk, segera ajukan asuransi kesehatan lewat CekAja.com dan dapatkan perlindungan menyeluruh untuk diri sendiri maupun keluarga tercinta!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau