8 Manfaat Konsumsi Kurma saat Berbuka Puasa yang Manis Alami dan Kaya Serat

Menjadi salah satu makanan yang disunnahkan untuk dimakan saat berbuka, kurma ternyata memang menyimpan banyak manfaat, terlebih saat tubuh seharian berpuasa. Manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa, ini penting untuk diketahui agar kamu bisa siapkan kurma di setiap menu berbuka.

Advertisement

Buah kering berwarna cokelat, legit, dan manis ini, memang selalu menjadi salah satu ikon bulan ramadhan, yang wajib ada di meja makan.

Meski buah ini hanya bisa dapat tumbuh di iklim tertentu, namun kurma sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan, dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Sehingga, warga Indonesia yang ingin melakukan sunah Nabi, untuk mengkonsumsi kurma dikala berbuka, hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan.

Kurma di Indonesia tersedia dengan berbagai jenis, dan tentunya dengan harga yang berbeda. Tapi tenang, apapun jenis kurmanya, harganya tidak sampai menguras kantong kok!

Terlebih, jika terdapat manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa di dalamnya, jadi harga mahal pun tidak membuat kamu menyesal membelinya.

Hanya seonggok buah kering, memang memiliki manfaat apa saja sih? Jangan salah, yuk kalau tidak percaya, intip berbagai manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa berikut ini.

(Baca Juga: 10 Menu Buka Puasa untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi)

Manfaat Konsumsi Kurma saat Berbuka Puasa

1. Sebagai Antioksidan

Manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa yang pertama adalah sebagai pelindung imun tubuh dari radikal bebas, yakni dengan kandungan antioksidannya. Karena, kadar antioksidan di dalam kurma cukup tinggi.

Selain kandungan antioksidan, kurma juga kaya akan vitamin dan mineral loh. Bahkan, sebuah jurnal yang terbit dalam Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences mengatakan, buah kurma bisa dijadikan sebagai sumber antioksidan alami, yang sangat baik untuk mengelola penyakit terkait stres oksidatif.

Tidak hanya itu, buah kering berbentuk lonjong ini, juga mengandung senyawa anti inflamasi (anti peradangan) dan anti mikroba, yang berperan dalam meminimalisir risiko penyakit dan memerangi penyakit menular.

Nah, sehingga kurma sangat cocok untuk dijadikan menu buka puasa, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti ini.

2. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa berikutnya adalah bisa menggantikan elektrolit tubuh yang hilang. Pasalnya tidak hanya dengan air, kurma juga ternyata juga bisa bantu menggantikan elektrolit tubuh yang hilang, karena seharian tidak minum.

Kurma sendiri memiliki kadar potasium yang tinggi, di mana kandungan tersebut menjadi salah satu unsur elektrolit, yang sangat dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

Nah, di sini buah kurma berperan penting, dan bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus, membangun otot dalam tubuh. Ingat ya, sunnahnya makan kurma dengan jumlah ganjil saat berbuka puasa.

3. Tidak Mengandung Gula Tambahan

Siapa yang tak suka manis, tapi suka manisnya kurma? Ya, hal tersebut dikarenakan manis yang ada di dalam kurma, tidak mengandung gula tambahan alias manis alami.

Sehingga, hal ini juga menjadi salah satu manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa, karena kurma bisa dikonsumsi juga oleh penderita diabetes, namun dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Hal tersebut dikarenakan, adanya kandungan fruktosa, yang merupakan jenis gula alami. Sehingga, kurma bisa dijadikan sebagai pengganti gula putih yang sehat.

Tidak hanya itu, perpaduan gula alami dan serat bisa memungkinkan peningkatan kadar gula darah, yang lebih lambat karena serat dalam kurma bisa memperlambat proses penyerapan karbohidrat.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Selama berpuasa, mungkin kamu akan merasa lemas, dan jadi malas untuk belajar, bekerja, dan berpikir. Namun, manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa ini, bisa dijadikan solusi, karena bisa meningkatkan kesehatan otak.

Karena, buah kurma ini bisa meningkatkan fungsi otak, sehingga otak bisa bekerja lebih baik, bahkan ketika sedang lapar. Kurma juga bisa membuat seseorang memiliki memori dan kemampuan belajar yang jauh lebih baik.

Terkait penyakit otak, kurma juga dapat membantu menurunkan peradangan dan mencegah pembentukan plak otak. Karena, zat-zat yang terkandung dalam kurma bisa untuk mencegah penyakit Alzheimer.

5. Menambah Energi Tubuh

Namanya juga puasa, pasti butuh energi banyak untuk tetap bisa menjalani aktivitas. Nah, dengan manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa, maka tubuh bisa langsung menambahkan energi yang seharian hilang.

Pasalnya, kurma mengandung gula alami, glukosa, fruktosa dan sukrosa, yang mampu menghasilkan energi dengan cepat, ketika tubuh sedang membutuhkannya.

Selain kandungan tersebut, seperti yang diketahui bahwa kurma juga memiliki kandungan serat, potasium, magnesium, vitamin dan antioksidan, yang bisa menjaga kecukupan energi.

Maka dari itu, konsumsi kurma saat berbuka dan sahur sangat dianjurkan, karena bisa membuat tubuh lebih fit dan tak cepat lelah.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Selama berpuasa, organ pencernaan beristirahat karena tidak ada makanan yang diproses. Nah, agar saat kembali makan pencernaanmu tetap lancar maka, dibutuhkan serat.

Di sini, manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa, bisa dijadikan salah satu menu, karena kurma memiliki serat sebanyak 7 gr dalam porsi 3,5 ons.

Lebih jelas lagi, bahwa serat dalam kurma bisa mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar, bisa bekerja lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

7. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa yang selanjutnya adalah bisa mencukupi kebutuhan gizi dan kalori. Memang tidak ada buah lain yang juga bisa mencukupi gizi dan kalori?

Nah, karena kurma seringkali dikeringkan, maka kadar kalorinya termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Kurma juga mirip dengan kismis dan buah ara.

Selain itu, rata-rata kandungan kalori yang tinggi dari kurma, datangnya dari karbohidrat. Sementara sisanya, datang dari protein.

Namun, meski kurma tinggi kalori, tapi kurma juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih ketika berpuasa.

8. Mencegah Anemia

Manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa yang terakhir adalah bisa mencegah anemia. Terlebih, untuk kamu yang memiliki riwayat darah rendah, dan ketika berpuasa lemas dan pucat, maka dianjurkan untuk konsumsi kurma setiap hari.

Kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi, yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Kamu bisa konsumsi jenis kurma apa saja, karena sebagian besar, memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sama.

(Baca Juga: Pinjaman Online untuk Modal Bisnis Kue Lebaran)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait manfaat konsumsi kurma saat berbuka puasa. Buat yang nggak doyan makan buah kurma secara langsung, kamu bisa loh mengkonsumsinya dengan cara lain.

Adapun kini sudah banyak olahan kurma, yang tidak kalah lezat, daripada dimakan langsung. Sebut saja seperti susu kurma, cake kurma, kurma madu, jus kurma, dan masih banyak lagi.

Nah, jika kamu tidak suka makan kurma secara langsung, mungkin kamu bisa membuat peluang bisnis, untuk orang-orang yang juga tidak suka makan kurma, secara langsung.

Kamu bisa bangun bisnis minuman susu kurma, puding kurma, bolu kurma, smoothies kurma, muffin kurma, dan masih banyak lagi.

Peluang bisnis ini, juga bisa sekaligus dijadikan bisnis yang tepat dengan momen ramadhan. Tapi, di masa pandemi seperti ini, apakah bisa bangun bisnis kuliner dengan modal yang seadanya?

Bisa! Jangan nyerah dulu! Karena kamu bisa mendapatkan tambahan modal untuk bisnis ramadhan, di berbagai platform pinjaman online, yang bisa kamu ajukan melalui CekAja.com.

Mengapa di CekAja.com? Karena, CekAja.com merupakan platform yang menyediakan banyak produk pinjaman online, dari berbagai perusahaan P2P Lending ternama, dan terpercaya di Indonesia, seperti UangTeman dan Julo.

Nggak percaya? Yuk, langsung saja kunjungi websitenya, cek produk, bandingkan produk, dan ajukan produk pinjaman online terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.

Advertisement