10 Manfaat Kuaci untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Tulang

Mengonsumsi kuaci sebagai camilan sehari-hari memang enak, namun apakah kamu tahu apa saja manfaat kuaci untuk kesehatan yang diberikan? Jika belum, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu.

Pasalnya, manfaat kuaci untuk kesehatan ada banyak sekali. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh secara umum, melainkan juga untuk kesehatan kulit, tulang, serta reproduksi.

Meskipun, makanan ringan yang bisa membuat ketagihan ini memiliki ukuran yang kecil-kecil, akan tetapi manfaat yang dimilikinya sangat banyak.

Daripada penasaran apa saja manfaat kuaci untuk kesehatan yang bisa didapatkan, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini!

Kandungan Nutrisi Kuaci

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat kuaci untuk kesehatan, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Sebab, banyaknya manfaat yang dimiliki kuaci, tentu sangat berkaitan dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Di bawah ini merupakan kandungan nutrisi yang terkandung dalam kuaci, di antaranya yaitu:

  • Kalium
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Mangan
  • Protein
  • Selenium
  • Seng
  • Serat
  • Tembaga
  • Vitamin E
  • Vitamin B1
  • Vitamin B6
  • Zat besi.

(Baca Juga: Manfaat Daun Sirih)

Manfaat Kuaci untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi kuaci secara lengkap, maka kini saat yang tepat untuk kamu mengetahui sederet manfaat kuaci untuk kesehatan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat kuaci untuk kesehatan ada sangat banyak.

Namun untuk memudahkanmu mengetahui apa saja manfaat kuaci tersebut, CekAja.com telah merangkum 10 di antaranya yang akan diulas sebagai berikut.

1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat kuaci untuk kesehatan yang pertama, yaitu mencegah penyakit jantung. Manfaat yang satu ini bisa kamu dapatkan, karena kuaci mengandung lebih dari 60 persen vitamin E.

Yang mana, vitamin E sendiri memiliki fungsi sebagai antioksidan, yang mampu membuat tubuh mengusir semua kolesterol jahat pada dinding arteri, sehingga mampu menurunkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung.

Selain vitamin E, kuaci juga diketahui mengandung magnesium, zat besi, mangan, dan kalium yang membantu menjaga cairan dan volume darah, melindungi tubuh dari risiko stroke, mengatur tekanan darah, serta penyakit jantung.

2. Menyehatkan tulang

Siapa sangka, kalau mengonsumsi kuaci ternyata juga dapat menyehatkan tulang. Manfaat kuaci untuk kesehatan yang satu ini, bisa terjadi akibat banyaknya kandungan mineral yang terdapat dalam kuaci.

Seperti misalnya kalsium, tembaga dan magnesium. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi kuaci kamu pun akan mendapatkan vitamin E, yang mampu meredakan rasa nyeri rematik.

3. Menurunkan berat badan

Faktanya, mengonsumsi kuaci secara rutin dapat menurunkan berat badan, loh! Kuaci memang dikenal rendah kalori, namun ternyata kaya akan serat.

Seperti yang diketahui, hampir semua makanan yang kaya akan serat mampu menjaga perut kenyang tahan lama, melancarkan pencernaan, hingga mengatur rasa lapar yang berlebih.

Apalagi, kuaci juga memiliki kandungan protein, yang dapat membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih mudah.

Sebab, kandungan protein ini dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, serta mencegah rasa ingin makan yang berlebihan.

4. Menjaga kesehatan kulit

Di urutan keempat ada menjaga kesehatan kulit. Manfaat kuaci untuk kesehatan ini, bisa didapat karena kuaci mengandung vitamin E dan magnesium.

Magnesium sendiri dinilai sangat bermanfaat untuk kulit, dalam sintesis DNA dan RNA yang mampu mencegah penuaan.

Sementara, vitamin E dalam kuaci dipercaya mampu membantu mencegah radikal bebas, yang dapat menimbulkan penuaan dini pada kulit.

Namun selain dua kandungan tersebut, kuaci juga mengandung seng yang dapat mencegah timbulnya jerawat.

Tidak ketinggalan asam lemak esensial seperti asam oleat, asam linolenat dan palmitat yang dimiliki kuaci, juga membantu pembentukan kolagen dan elastin, sehingga mampu memberikan kehalusan pada jaringan kulit.

5. Mencegah risiko kanker

Manfaat kuaci untuk kesehatan yang kelima, yaitu mencegah risiko kanker. Siapa sih, di antara kamu yang tidak ingin terhindar dari risiko kanker? Sepertinya semua orang ingin terhindar dari penyakit “menyeramkan” satu ini.

Dengan kandungan selenium yang dimilikinya, kuaci apabila dikonsumsi secara rutin mampu mengontrol kerusakan sel, sehingga keberadaannya sangat penting dalam mencegah penyakit kanker.

Pasalnya, selenium sendiri terbukti dapat memicu perbaikan DNA dan sintesis dalam sel yang rusak.

Tidak hanya itu, selenium juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mematikannya.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Selain lima manfaat di atas, kuaci juga ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol. Hal ini tentu dapat terjadi, akibat adanya senyawa pitosterol, atau senyawa pada tumbuhan yang memiliki struktur kimia sangat mirip dengan kolesterol.

Dan jika kuaci dikonsumsi secara rutin, maka senyawa pitosterol yang terkandung dalam kuaci, dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit kanker tertentu, serta menambah respon imun.

7. Menjaga kesehatan reproduksi

Berikutnya yaitu menjaga kesehatan reproduksi. Ini merupakan satu dari sekian banyak manfaat kuaci untuk kesehatan, yang bisa kamu dapatkan.

Bagaimana tidak, kuaci sendiri diketahui menjadi salah satu sumber fitoestrogen yang baik. Buat kamu yang belum tahu, fitoestrogen adalah metabolit nabati yang secara struktural dan fungsional serupa dengan hormon, khususnya hormon estrogen dan testosteron.

Dengan rutin mengonsumsi kuaci, maka tubuh bisa lebih menyeimbangkan hormon reproduksi.

8. Meningkatkan imunitas tubuh

Dikemas dengan kandungan zat besi, vitamin B dan antioksidan, membuat kuaci mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Manfaat kuaci untuk kesehatan yang satu ini, tentu tidak bisa didapat begitu saja. Kamu perlu mengonsumsinya secara rutin, untuk bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Apalagi, selain tiga kandungan di atas, kuaci juga mengandung magnesium yang memiliki hubungan kuat dengan sistem kekebalan tubuh, serta mampu mengatasi dan mencegah alergi.

9. Meningkatkan kesehatan otak

Kamu ingin kesehatan otak semakin meningkat? Konsumsi kuaci secara rutin, sepertinya menjadi salah satu cara yang tepat.

Hal tersebut dikarenakan, magnesium yang terkandung dalam kuaci mampu meningkatkan kesehatan otak, serta mengurangi risiko penurunan kinerja otak, yang berkaitan dengan penuaan.

Selain mengandung magnesium, kuaci juga memiliki kandungan seng yang penting untuk bagian hippocampus di otak.

10. Memiliki sifat penenang

Manfaat kuaci untuk kesehatan yang terakhir, yaitu kuaci memiliki sifat penenang. Di mana, kandungan magnesium yang dimiliki kuaci, diketahui membantu mengurangi penyakit asma, mencegah sakit kepala sebelah (migrain), menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Tidak hanya itu, menariknya magnesium juga berfungsi sebagai “obat penenang”. Sehingga, orang yang mengonsumsi kuaci secara rutin, kadar stres dan migrainnya berkurang dari biasanya.

(Baca Juga: 10 Manfaat Daun Saga)

Itulah beberapa manfaat kuaci untuk kesehatan, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua manfaat tersebut tentu bisa didapat secara optimal, apabila kuaci dikonsumsi secara rutin sesuai kebutuhan.

Karena jika berlebihan, maka bukan manfaat baik yang kamu dapat. Melainkan beberapa efek samping, yang mungkin akan membahayakan kesehatan tubuh.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya kamu konsumsi kuaci sesuai kebutuhan.

Kemudian, agar tubuh semakin terlindungi dan mendapat proteksi lebih, sebaiknya melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada kesehatan mu, maka kamu bisa langsung memeriksanya tanpa khawatir dengan besarnya biaya yang harus dibayarkan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Oleh karena itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, yuk segera mengajukannya secara online, melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaik mu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!