Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Yang Mengejutkan

by Maria Nofianti on 19 Maret, 2020

Meski zaman semakin modern, dan teknologi semakin hari semakin maju. Namun untuk pengobatan, sepertinya kini banyak yang beralih dan kembali melirik pengobatan tradisional yang berbasis herbal. Karena pengobatan menggunakan bahan herbal alami dikenal minim efek samping, dan tentu saja membuat kita semakin dekat dengan alam. Karena alam sudah menyediakan apa yang kita butuhkan, kenapa kita tak memanfaatkannya dengan maksimal.

suplemen kunyit begitu populer di kalangan masyarakat. Di bawah ini tercantum beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan dalam kehidupan sehari-hari kita

Ada banyak tanaman di alam yang bisa dan biasa dijadikan sebagai obat herbal. Misalnya saja kelompok tanaman palawija, jahe, lengkuas, temulawak, kunyit, sereh, kencur, dll. Semua itu memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Dan tanaman tanaman itu sangat mudah didapatkan, karena banyak penjual di pasar dan di warung pun banyak, selain itu harganya pun terjangkau.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh mengenai kunyit. Kunyit adalah rempah-rempah kuno yang digunakan di sebagian besar dapur Indonesia dan India untuk menambahkan warna kuning pada kari dan sayuran dan bahkan nasi. Namun, kunyit lebih dari sekadar bumbu. Kunyit dikenal karena banyak manfaatnya bagi kesehatan, berkat senyawa yang disebut curcumin yang ditemukan di dalamnya, yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan. Kita mungkin menggunakan kunyit kuning untuk berbagai keperluan, tetapi tahukah kamu bahwa kunyit putih juga ada? Kunyit putih atau zedoary juga merupakan rempah kuno, yang merupakan tanaman yang jarang ditemukan di Indonesia yang kebanyakan tumbuh kunyit kuning biasa.

(Baca Juga: Penyebab Penyakit Komplikasi, Gejala dan Cara Mengobatinya)

Dalam kebanyakan kasus, kunyit putih telah diganti dengan jahe karena tampak serupa yang digunakan secara luas dalam masakan. Secara ilmiah dikenal sebagai Curcuma zedoaria, akar kunyit putih adalah rimpang yang memiliki kulit coklat dan oranye terang dan keras. Meskipun itu milik keluarga kunyit, baunya seperti mangga dan kunyit, itulah sebabnya ia juga dikenal sebagai temu mangga. Biasanya dijual sebagai bubuk, atau dikeringkan dan bahkan diiris dengan permukaan abu-abu dan bagian dalam kuning ke abu-abu-putih. Itu terlihat sangat mirip jahe.

Kunyit Putih sangat baik untuk tubuh kita. Kunyit putih memiliki berbagai senyawa kimia yang mencakup pati, tianin, curcumin, gula, saponin, minyak atsiri, flavonoid, resin, sampai protein beracun yang mempunyai kemampuan mencegah pertumbuhan sel kanker. Kehadiran begitu banyak bahan penting adalah apa yang membuat suplemen kunyit begitu populer di kalangan masyarakat. Di bawah ini tercantum beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan dalam kehidupan sehari-hari kita.

1. Membantu Mengobati Gangguan Pencernaan

Kunyit putih sudah sejak lama dipakai untuk mengobati masalah pencernaan yang sebagian besar di saluran pencernaannya. Minyak esensial dan ramuan itu sendiri bermanfaat dalam pengobatan kolik, gangguan pencernaan, sesak, kehilangan nafsu makan, kutu cacing, perut kembung, buang air besar tidak teratur, dan hambar. Ini juga membantu secara alami untuk mencegah rongga mulut kering terkait stres.

2. Masalah Pernafasan

Pada sistem pernapasan yang sering terganggu karena cairan seperti dahak dan lendir yang menumpuk di paru-paru dan area lain dari tubuh bisa diobati dengan kunyit putih. Dahak dan lendir menyumbat saluran hidung dan menyebabkan kesulitan bernapas dan gangguan pernapasan seperti pilek, asma, dan batuk. Kandungan dalam kunyit putih bisa mencegah asma kambuh.

3. Meredakan Peradangan dan Nyeri

Kunyit putih adalah agen anti-inflamasi yang membantu mengobati peradangan, luka, dan penyakit kulit lainnya. Ini digunakan dalam pengobatan tradisional Indonesia untuk mengobati penyakit radang usus (kolitis ulserativa). Kunyit putih juga dipakai agar paru-paru pada pasien asma terlindungi dengan menekan pelepasan mediator inflamasi selama terapi jangka pendek.

Kunyit putih mempunyai sifat diuretic yaitu meningkatkan intensitas untuk urinasi atau buang air kecil maka zat beracun dan kelebihan cairan tubuh terutama pada persendian bisa dibuang lebih banyak. Jika proses peluruhan zat beracun tidak terjadi, itu bisa menyebabkan peradangan dan rasa sakit pada kasus radang sendi dan rematik. Kunyit putih juga bisa mengobati demam dengan membersihkan mikroba infeksius dan meningkatkan keringat, tentu ini sangat berguna ketimbang menggunakan obat kimia yang jika dikonsumsi berkepanjangan akan berbahaya.

4. Aktivitas antimikroba

Ekstrak dari rimpang kunyit putih menunjukkan aktivitas anti-mikroba yang kuat terhadap S.aureus, E.coli, Candida sp, spesies Corynebacterium, Aspergillus sp. dll. Penelitian menemukan bahwa aktivitas anti-mikroba dari C. zedoaria sama kuatnya dengan obat kumur komersial dalam menekan pertumbuhan patogen dalam mulut. Aktivitas anti-jamurnya juga efektif dalam menghentikan pertumbuhan spesies jamur yang tahan terhadap obat. Ini juga mencegah pertumbuhan amuba, Entamoeba histolytica dan juga memberikan efek larvisidal (pembasmi larva) terhadap nyamuk. Jadi saat tubuh keracunan oleh bakteri maka bisa dilawan dengan kunyit putih. Jado, tak ada salahnya menyediakan kunyit putih di rumah, agar jika sewaktu waktu dibutuhkan, bisa langsung diolah.

5. Anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit

Salah satu kandungan yang ada dalam kunyit putih adalah Curcumenol, senyawa yang diperoleh dari rimpang ini, memiliki manfaat sebagai penghilang rasa sakit yang lebih baik daripada aspirin. Ekstrak dari kunyit putih ini terbukti mempunyai  manfaat menghilangkan rasa sakit untuk kejang perut dan senyawa curcumenol dan dihydrocurdione yang berperan pada aktivitas analgesiknya. Manfaat kunyit putih untuk kesehatan ini bisa sebagai alternatif obat tanpa efek samping yang tentunya aman dan hemat untuk dikonsumsi, berbeda dengan konsumsi obat obatan kimia yang pastinya memiliki efek samping.

6. Aktivitas anti-alergi

Minyak yang terkandung dalam kunyit putih memiliki aktivitas antioksidan di level sedang sampai baik. Senyawa minyak atsiri dari kunyit putih akan mencari radikal bebas serta ion logam berat chelate. Curcuminoids yang ada pada ekstrak Curcuma zedoaria akan menjalankan aktivitas anti-alergi dan ternyata bisa digunakan sebagai terapi untuk reaksi alergi yang ada hubungannya dengan kulit. Curcumin juga menandai adanya aktivitas anti-alergen paling tinggi dan ini dilihat dengan menghambat aktivitas protein inflamasi dan mencegah pelepasan bahan kimia yang memicu reaksi alergi.

7. Antibakteri dan anti jamur

Kunyit dipercaya dapat mengurangi jumlah mikroba di mulut dengan hasil yang sama dengan produk obat kumur di pasaran. Jadi kalau selama ini kamu membeli dan menggunakan obat kumur yang dijual di pasaran, kali ini kamu bisa menggunakan kunyit sebagai bahan alami obat kumur. Selain itu, ekstrak dari kunyit putih juga dipercaya dapat menghambat aktivitas jamur dalam tubuh manusia. Dengan begitu segala bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan tubuh manusia sakit bisa dilawan oleh kunyit putih dengan kandungan zat di dalamnya.

8. Anti kanker

Sudah banyak yang mengatakan bahwa kunyit putih bisa untuk mengobati kanker. Di dalam kandungan kunyit putih ditemukan dua zat yaitu CTR-17 dan CTR-20 yang bisa merusak sel-sel kanker. Zat ini bisa membelah sel kanker dan kemudian merusaknya tanpa mengenai sel-sel sehat yang lainnya. dengan ini kunyit putih menjadi salah satu obat yang efektif untuk mengobati kanker.

9. Meredakan nyeri haid

Masa haid memang seringkali menimbulkan banyak keluhan dan juga rasa tak nyaman. Memang tidak semua wanita yang mengalami haid merasakan sakit. Tapi bagi kamu yang merasa sakit saat haid maka kamu bisa mengonsumsi kunyit putih untuk meredakan nyeri hebat saat sedang haid. Kandungan yang unik terdapat di dalam kunyit putih bisa melemaskan rahim yang berkontraksi dan membuatnya lebih nyaman. Tapi beberapa ahli mengatakan bahwa wanita dengan pendarahan hebat saat haid tidak disarankan mengonsumsi kunyit putih ini. Selain itu, alangkah baiknya kita memilih yang alami ketimbang meminum yang sudah dikemas di toko.

10. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang mengejutkan serta sebagai kabar gembira untuk penderita diabetes adalah kunyit putih memiliki kemampuan dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan dalam kunyit putih juga dipercaya bisa meningkatkan fungsi dari insulin dan membuat gejala diabetes lebih mudah diatasi. Kunyit putih juga menekan risiko komplikasi diabetes dengan penyakit berat lainnya. Nah, untuk kamu yang memiliki diabetes atau memiliki tingkat gula darah yang tinggi, bisa mengonsumsi kunyit putih sebagai salah satu terapi untuk mengendalikan kadar gula darah ya.

11. Anti racun

Biasanya masyarakat memakai tanaman obat untuk dijadikan penawar racun ular. Salah satu tanaman obat yang disarankan yaitu kunyit putih. Kunyit putih yang diekstrak memiliki kemampuan untuk menghambat bisa dari ular menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh. Ini juga bisa menekan perdarahan yang terjadi akibat gigitan ular. Jadi, bisa nih kamu jadikan kunyit putih sebagai satu pertolongan pertama jika terjadi gigitan ular.

12. Menjaga agar jantung sehat

Siapa yang tak ingin memiliki jantung yang sehat? Tentu saja semuanya ingin ya. Dan salah satu manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang mengejutkan adalah untuk menjaga jantung tetap sehat. Kandungan vitamin dan mineralnya seperti zat besi dan potasium menjaga agar sel-sel darah merah tetap produktif dihasilkan. Zat lainnya seperti kalium bermanfaat untuk mengontrol denyut jantung dan tekanan darah. Pastikan untuk mengonsumsi kunyit putih sesuai kebutuhan ya agar manfaatnya dapat kita dapatkan.

13. Mengobati jerawat

Dari efek anti inflamasi kunyit putih bisa dipakai untuk mengobati jerawat dan masalah lainnya di kulit. Pemakaiannya bisa dibuat masker agar mudah dan terasa manfaatnya. Memakai kunyit putih untuk mengobati jerawat memang belum banyak diketahui banyak wanita loh. Jadi kamu bisa mulai mencobanya di rumah, terlebih untuk usia remaja, jerawat adalah salah satu masalah yang sangat pelik dan harus segera diatasi. Bila bisa diatasi dengan kunyit putih, sebagai satu bahan yang alami yang tentunya tak akan menguras kantong. Hanya saja memang pengobatan menggunakan bahan alami ini membutuhkan ketelatenan dan hasilnya pun tak instan.

Penggunaan tanaman obat untuk menjaga kesehatan sudah lama di praktikkan sejak jaman nenek moyang. Meskipun pada saat itu belum ada penelitian modern seperti sekarang. Kunyit putih yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga bermanfaat untuk kecantikan dan lainnya. menemukan kunyit putih bukanlah hal yang sulit karena kunyit putih bisa tumbuh di mana saja. Dengan begitu memperoleh manfaat kunyit putih untuk kesehatan bisa kamu praktikkan dengan gampang. Yuk manfaatkan kunyit putih untuk menjaga kesehatan kita mulai sekarang.

Persiapkan Dana Saat Bencana

Pandemi virus corona bisa dikatakan sebagai bencana global dan telah menghilangkan ribuan nyawa. Dunia saat ini tengah dalam kondisi siaga dan fokus dalam kondisi pemulihan.

Pemerintah saat ini menyerukan social distancing juga di beberapa negara melakukan lockdown agar tidak banyak masyarakat yang tertular. Melihat kondisi seperti ini, kamu perlu mempersiapkan dana untuk kebutuhan mendesak atau dana tak terduga.

Untuk itu JULO hadir dengan kemudahan peminjaman dana serta dipastikan aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jika kamu belum mempersiapkan dana darurat, kamu bisa ajukan pinjaman dana tersebut di JULO. Yuk, segera ajukan dan semoga kita tetap sehat!

Tentang Penulis