10 Manfaat Main Game Online yang Menguntungkan

Meski membuat ketagihan, namun ternyata manfaat main game online yang diberikan cukup banyak, loh! Selain menambah relasi pertemanan, bermain game online juga bisa meningkatkan kinerja dan kemampuan otak, meningkatkan fokus, hingga menghasilkan sejumlah uang.

Pariwara

Semua manfaat main game online tersebut tentunya bisa didapat, apabila kamu aktif dan mau membuka diri dengan gamers lainnya.

Jika sudah begitu, maka kamu tidak hanya mendapat semua manfaat game online saja. Tetapi kamu juga bisa mengikuti berbagai kompetisi game online yang menguntungkan.

Kalau kamu penasaran dengan sejumlah manfaat main game online yang diberikan, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Manfaat Main Game Online

Berbicara tentang manfaat game online, sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan.

Namun sayangnya, stigma negatif yang beredar di masyarakat, membuat bermain game online dipandang sebagai suatu aktivitas yang tidak baik, dan tidak menguntungkan untuk dilakukan.

Padahal, dibalik itu ada banyak sekali manfaat main game online yang bisa didapatkan, yang mungkin sebagian besar orang tidak menyadarinya, termasuk gamers itu sendiri.

Oleh sebab itu, agar sejumlah manfaat main game online bisa diketahui dengan jelas, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 manfaat main game online, yang akan diulas sebagai berikut.

1. Menambah relasi

Bertambahnya relasi pertemanan, merupakan manfaat main game online pertama yang bisa kamu rasakan.

Bagaimana tidak, pasalnya di beberapa jenis game online seperti PUBG, Mobile Legend dan lain sebagainya, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang tak dikenal.

Sementara jika sudah bergabung dalam suatu tim, secara tidak langsung dituntut untuk saling bekerja sama dalam meraih kemenangan.

Dari situlah, kamu diharuskan untuk saling berkenalan dan akrab dengan orang lain. Maka dari itu, relasi pertemanan pun akan bertambah dan semakin banyak, seiring dengan seringnya kamu bermain game online.

Apalagi, di beberapa kesempatan para pemain game online tak jarang mengadakan acara gathering, untuk saling bertemu dan akrab di luar dunia virtual.

(Baca Juga: Daftar Situs Penyedia Game Online)

2. Meningkatkan kinerja dan kemampuan otak

Nyatanya, dengan bermain game online, kamu juga bisa meningkatkan kinerja dan kemampuan otak, loh!

Bagaimana tidak, manfaat main game online yang satu ini bisa didapatkan karena dalam bermain game, otak diharuskan untuk bekerja lebih ekstra, khususnya dalam memahami hal-hal baru.

Contohnya seperti strategi permainan, fitur-fitur yang dimiliki suatu game, hingga terpaksa belajar bahasa Inggris agar bisa mengerti maksud dari suatu permainan.

Tidak hanya itu saja, kinerja dan kemampuan otak pun kembali diasah melalui tugas-tugas baru, maupun masalah yang diberikan dalam game online.

Meskipun tugas atau masalah yang harus diselesaikan sangat rumit, namun apabila sering dicoba dan dilakukan dengan penuh tekad, maka itu semua bisa dilalui.

Dan seiring berjalannya waktu, tugas atau masalah itu bukan lagi sesuatu yang memusingkan, karena kinerja dan kemampuan otak sudah berada di level yang lebih tinggi dari sebelumnya.

3. Meningkatkan fokus

Siapa sangka, kalau melalui game online ternyata fokus otak bisa meningkat. Bagi para gamers, ini mungkin bukan sesuatu hal yang aneh atau mengagetkan.

Pasalnya, mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam dengan fokus yang tak pernah berhenti selama bermain game.

Hal tersebut juga mungkin sering kamu lihat, jika kakak, adik atau anggota keluarga lainnya sibuk mengeram diri di kamar seharian, akibat terlalu fokus bermain game.

Kebiasaan fokus bermain game tersebut, secara tidak sadar akan terbawa dengan sendirinya ke kehidupan sehari-hari.

Baik mengerjakan pekerjaan rumah, tugas sekolah, pekerjaan dan lain sebagainya yang membutuhkan fokus penuh.

4. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah

Selain tiga manfaat di atas, manfaat main game online lainnya yang bisa kamu dapatkan, yaitu kemampuan menyelesaikan masalah yang semakin meningkat.

Hal ini tentu saja disebabkan oleh kebiasaan menghadapi masalah, tugas-tugas maupun rintangan baru dalam game online, yang harus diselesaikan dengan cepat.

Belum lagi ketika main game kamu juga dituntut untuk memenangkan permainan tersebut, maupun kompetisi yang sedang berjalan.

Sehingga, kemampuan berpikir dandaya kreativitas mu mau tidak mau akan bekerja lebih ekstra dari biasanya. Dengan begitu, kemampuan menyelesaikan suatu masalah pun semakin meningkat.

5. Menambah kemampuan bahasa Inggris

Di urutan kelima ada menambah kemampuan bahasa Inggris. Ini merupakan salah satu manfaat main game online yang bisa didapat, karena selama bermain game, semua fitur, tugas ataupun masalah yang harus diselesaikan, diberikan dalam bahasa Inggris.

Maka dari itu, buat kamu yang kurang fasih berbahasa Inggris, selama bermain game online, kemampuan bahasa Inggrismu secara tidak langsung akan meningkat, karena terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan pemain lainnya.

6. Mengatasi stres

Ini bukan lagi suatu rahasia, apabila bermain game online dapat mengatasi stres seseorang. Hal itu dikarenakan, bermain game dapat mengalihkan semua beban dan stresmu, karena kegiatan sehari-hari yang cukup padat.

Oleh karena itu, bermain game pun memiliki potensi untuk menekan darah tinggi, yang bisa membahayakan kesehatan.

Terlebih, bermain game online bisa menghubungkanmu dengan banyak orang di seluruh dunia, tidak terkecuali temanmu.

Dengan begitu, maka kegiatan bermain game online akan terasa semakin menyenangkan. Hal itu tentu saja dapat mengatasi, bahkan mengurangi kadar stresmu.

7. Meningkatkan kemampuan kerja sama tim

Kemampuan kerja sama tim pun bisa dilatih dan ditingkatkan melalui game online. Ini sebenarnya merupakan salah satu manfaat main game online yang akan kamu rasakan, apalagi jika kamu bermain game online jenis multiplayer.

Yang mana, game jenis multiplayer ini memiliki persyaratan kerja sama tim. Hal ini sejatinya sangat penting, karena dengan kerja sama tim yang baik, maka kemenangan pun akan lebih mudah diraih.

Selain itu, jika dilihat dari hakikatnya, game online juga tidak seru jika dimainkan dan dinikmati sendiri.

8. Membangun sifat optimis dan percaya diri

Manfaat main game online yang kedelapan, yaitu membangun sifat optimis dan percaya diri. Kedua sifat tersebut bisa dibangun dengan latihan terus-menerus.

Seperti yang diketahui, bermain game online tentu saja tidak semudah yang dibayangkan. Kamu memerlukan strategi khusus, untuk bisa menyelesaikan misi dan memenangkan permainan.

Di awal percobaan, kamu mungkin akan mengalami kegagalan beberapa kali. Namun jika kamu optimis dan terus mencoba, maka game online tersebut pun lama-lama bisa kamu taklukan.

Dengan demikian, kedepannya kamu akan lebih percaya diri dalam memainkan game tersebut, game yang serupa, maupun game lainnya.

9. Melatih kesabaran

Melatih kesabaran, nyatanya juga menjadi bagian dari manfaat main game online, yang bisa didapat.

Sebab ketika main game online, secara tidak sadar kamu akan diuji oleh musuh dan level permainan yang dimainkan.

Oleh karena itu, jika sudah lelah bermain game, sebaiknya beristirahat dan jangan dipaksakan untuk bermain, daripada kesabaranmu habis dan kamu menjadi sensitif, mudah marah, kemudian game menjadi tidak menyenangkan lagi.

10. Bisa menghasilkan uang

Manfaat main game online yang terakhir, yaitu bisa menghasilkan uang. Manfaat yang satu ini bisa didapat, apabila kamu mengikuti kompetisi game online yang diadakan.

Biasanya, suatu kompetisi game akan memberikan sejumlah uang tunai yang nominalnya menggiurkan sebagai hadiah, untuk para pemenangnya.

Dan untuk bisa memenangkan kompetisi itu pun, dibutuhkan latihan yang intens. Jadi, bisa disimpulkan kalau bermain game online tidak selalu membuang-buang waktu saja, tetapi juga bisa membawa keuntungan dan manfaat yang banyak.

Tips Agar Tidak Kecanduan Main Game Online

Meski manfaat bermain game online sangat banyak, namun bukan berarti para gamers bisa lepas dari kecanduan bermain game.

Ini mungkin salah satu dampak buruk yang berikan game online. Tetapi jangan khawatir, sebab rasa candu tersebut bisa diatasi dengan melakukan beberapa hal, seperti:

  • Kuatkan tekad dan buat skala prioritas, tempatkan bermain game online di posisi ke berapa dalam daftar prioritasmu
  • Memberikan batas waktu untuk main game online setiap harinya
  • Perbanyak melakukan kegiatan positif, untuk meningkatkan produktivitas
  • Berikan rewards untuk diri sendiri, karena telah berhasil mengendalikan diri untuk mengurangi atau bahkan berhenti dari kegiatan main game online.

(Baca Juga: 10 Game Penghasil Uang)

Itulah beberapa informasi yang sudah kamu ketahui dari manfaat main game online. Seperti yang sudah dilihat sebelumnya, kalau manfaat main game online tersebut bisa didapat, apabila kamu aktif melakukannya.

Namun tetap saja, itu bukan berarti kamu bisa bermain game online kapan saja, tanpa mengenal waktu.

Kamu tetap harus memperhatikan kondisi kesehatanmu, jangan sampai drop dan jatuh sakit. Karena jika sudah begitu, maka kamu tidak hanya merasa sakit, tetapi juga perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk melakukan pengobatan ke dokter.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya mulai batasi waktu bermain game online dan melakukan pola hidup sehat.

Selain itu, agar tubuh semakin terlindung dari berbagai risiko penyakit, kamu juga bisa melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga apabila terjadi sesuatu, maka kamu bisa langsung memeriksakannya ke dokter, tanpa perlu lagi khawatir mengenai besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan.

Untuk itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuatu kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Pariwara