Manfaat Makan Kimchi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui!

Siapa yang tak kenal dengan makanan terkenal asal Korea Selatan, yakni Kimchi? Sudah tahu belum, kalau manfaat makan kimchi untuk kesehatan, ternyata sangat istimewa.

Jangan salah, meski hanya berupa asinan sayuran yang difermentasi, makanan kimchi ternyata menyimpan banyak manfaat loh. Terlebih, dari rasanya yang segar, pedas, dan gurih, membuat nafsu makan kamu lebih lahap.

Apalagi, jika disandingkan dengan makanan Korea Selatan lainnya. Adapun kimchi sendiri baru tenar di Indonesia, sejak banyaknya drama Korea yang masuk ke Indonesia.

Di dalam drama tersebut, tidak jarang para pemainnya, yang mengonsumsi kimchi. Sehingga, para penggemar drakor, pasti sangat penasaran dengan makanan tersebut, dan akhirnya kini kimchi, menjadi salah satu makanan Korea, yang terkenal di Indonesia.

Kandungan Kimchi

Bukan hanya sekadar asinan fermentasi, karena di dalam makanan kimchi memiliki kandungan nutrisi, yang beragam, Bahkan kimchi termasuk makanan rendah kalori.

Nah, dalam satu porsi (100 gram) kimchi, umumnya mengandung:

  • 18 kkal kalori
  • 7 gram karbohidrat
  • 2 gram serat
  • Vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, dan B
  • Sodium
  • Kalsium
  • Zat besi.

Dengan kandungan kalori yang rendah, kimchi juga tidak memiliki lemak, dan tentu saja kimchi bisa masuk sebagai salah satu makanan sehat.

(Baca Juga: Makanan Korea yang Populer di Indonesia)

Kimchi Mengandung Bakteri Baik

Seperti yang diketahui, bahwa dalam proses pembuatan kimchi, terdapat juga proses fermentasi. Sehingga, membuat kimchi mengandung probiotik, seperti lactobacillus.

Nah, bakteri lactobacillus ini yang disebut sebagai bakteri baik, yang secara alami terdapat di saluran pencernaan. Bakteri ini juga, dapat membantu tubuh mencerna makanan lebih baik.

Manfaat Makan Kimchi untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat makan kimchi untuk kesehatan yang pertama adalah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga, buat kamu penderita hipertensi atau kolesterol tinggi, tidak perlu khawatir.

Selain itu, bawang putih yang terkandungan dalam kimchi, seperti allicin dan selenium, memang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Bahkan, secara tidak langsung juga makan kimchi bisa membantu mengurangi atau mencegah stroke.

2. Bantu Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat kimchi untuk kesehatan yang selanjutnya adalah, bisa bantu meningkatkan kesehatan mata, dan bantu memperbaiki penglihatan.

Pasalnya, dalam satu porsi yakni sekitar 100 gram kimchi, setidaknya memiliki kandungan vitamin A.

Nah, seperti yang diketahui bahwa vitamin A memang menjadi salah satu sumber antioksidan, yang bisa bantu menghilangkan radikal bebas.

Adapun, radikal bebas yang masuk ke tubuh, bisa menyebabkan beberapa penyakit serius seperti kanker. Antioksidan juga membuat penglihatan jauh lebih jelas.

3. Memperlambat Penuaan Kulit

Tidak hanya untuk kesehatan organ tubuh, manfaat makan kimchi untuk kesehatan, juga bisa berpengaruh ke kesehatan kulit.

Karena, kimchi bisa bantu memperlambat penuaan kulit. Pasalnya, kulit yang terpapar radikal bebas setiap hari, bisa memicu kerusakan sel, sehingga bisa mempercepat proses penuaan.

Bahkan, dalam penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Medicinal Foods, senyawa yang ada pada kimchi, yakni fenolik, vitamin C, klorofil, dan karotenoid, mampu memperpanjang umur sel dengan melawan radikal bebas.

4. Kulit Jadi Bercahaya dan Rambut Berkilau

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa manfaat makan kimchi untuk kesehatan juga bisa untuk kecantikan kulit dan rambut.

Selain memperlambat penuaan, kimchi juga mampu membuat kulit menjadi lebih bercahaya, dan rambut lebih berkilau,

Hal tersebut, dikarenakan ada zat selenium yang ada dalam bawang putih di kimchi. Mkaa tak hera, kimchi bisa menjaga kulit dan rambut tetap sehat.

5. Mencegah Kanker Lambung

Manfaat makan kimchi untuk kesehatan yang berikutnya ini, juga tak kalah istimewa, yakni bisa mencegah kanker lambung.

Pasalnya, seorang Profesor Miri Kim dari Departemen Nutrisi Makanan di Universitas Nasional Chungnam, mengungkapkan bahwa, sayuran kol dan lobak Cina, yang terdapat di kimchi, mengandung beberapa zat bio-kimia.

Zat tersebut yakni isosianat dan sulfida, yang mampu membantu dalam detoksifikasi logam berat, yang sering terdapat di hati, usus kecil dan ginjal.

Nah, zat khusus biokimia isosianat lah, yang berperan penting, terhadap pencegahan kanker lambung.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kamu sedang program diet? Makan kimchi saja. memang bisa? Manfaat makan kimchi untuk kesehatan yang satu ini, ternyata sangat digemari oleh para pelaku diet.

Pasalnya, di dalam 150 gram kimchi, hanya mengandung 40 kalori saja. Selain itu, kimchi juga membantu metabolisme karbohidrat, untuk membantu menurunkan berat badan.

Rasa pedas, yang terdapat di kimchi bersumber dari cabai, yang mengandung capsaicin. Nah, kandungan ini juga bisa bantu meningkatkan metabolisme tubuh, hingga bisa membuat penggunaan energi berlebih di tubuh. Jadi, cukup berpengaruh dalam meningkatkan penurunan berat badan.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Di masa pandemi seperti ini, imun tubuh harus kuat untuk mencegah virus masuk. Nah, makan kimchi untuk kesehatan, juga bisa bantu untuk meningkatkan kekebalan dan imun tubuh loh.

Seorang profesor bernama Rina Yu dari Departemen Makanan dan Gizi di Universitas Ulsan, setidaknya menemukan bahwa kimchi bisa membuat sel-sel kekebalan, menjadi lebih aktif. Bahkan, zat antibodi di dalam tubuh juga menjadi lebih berlimpah.

Cara Membuat Kimchi Sendiri di Rumah

Dilansir food.detik.com, dari wikihow, berikut resep dan cara membuat kimchi yang mudah, di rumah:

Bahan-bahan kimchi:

  • 3 sdm garam
  • 1 wortel potong tipis memanjang
  • 6 cangkir air
  • 900 gr sawi putih, potong kotak sedang.
  • 6 tangkai daun bawang, potong dan sayat tipis
  • 1/2 sdm jahe segar, cincang
  • 3 sdm saus ikan/udang Korea. Namun jangan menggunakan bahan ini jika Anda ingin membuat kimchi vegetarian.
  • 1/4 cangkir cabai kering Korea halus (atau cabai halus lainnya)
  • 1 cangkir lobak Korea, cincang kasar
  • 1 sdm gula

Cara membuat kimchi:

  1. Pertama, cuci bersih semua bahan mulai dari sawi, wortel, dan sayuran lainnya agar terhindar dari kuman.
  2. Semua sayuran yang sudah dicuci, masukan ke wadah air larutan garam.
  3. Setelah itu, masukkan sawi putih ke dalam air garam tersebut, tekan, dan tutup sawi hingga 12 jam. Diamkan.
  4. Ketika sudah didiamkan 12 jam, keringkan sawi dan sisihkan airnya. Campurkan bahan lainnya seperti wortel dan lobak. Tambahkan sedikit garam.
  5. Haluskan, dan campurkan bumbu kimchi, yakni jahe, saus ikan, bubuk cabai.
  6. Campurkan bumbu pada kimchi secara merata, hingga ke sudut-sudut lipatan sayuran.
  7. Masukkan kembali bahan kimchi ke wadah besar tertutup, masukkan sedikit air garam yang sudah disisihkan sebelumnya.
  8. Tutup rapat wadah, dan diamkan selama sehari atau lebih. Hal ini sesuai selera untuk tingkat keasamannya.
  9. Saat tingkat keasaman sudah sesuai, kimchi sudah bisa dinikmati.

Nah, itu dia informasi terkait manfaat makan kimchi untuk kesehatan, yang jarang diketahui, sekaligus mengetahui cara membuatnya dengan mudah.

Terlebih, kini masih jarang restoran yang menghidangkan menu makanan asal Korea Selatan ini, jadi jika kamu mau, kamu bisa membuatnya sendiri.

(Baca Juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Tunai untuk Bisnis Kuliner)

Peluang Bisnis Kuliner Kimchi dan Makanan Korea Lainnya

Adapun, jika kimchi buatanmu ternyata enak, dan bisa menjadi peluang untuk dijual, maka kamu bisa bangun usaha kuliner, dari menu kimchi ini.

Kamu bisa menjualnya melalui online, dengan porsi yang bervariasi. Selain kimchi, kamu juga bisa menawarkan menu makanan Korea lainnya, yang terkenal di Indonesia, seperti toppoki.

Dengan begitu, hobi makan kimchi yang menyehatkan, juga bisa dijadikan sumber cuan.

Nah, untuk kamu yang sedang butuh modal usaha kuliner, tak perlu rungsing memikirkan di mana kamu bisa mendapatkan dana dengan cepat dan mudah.

Karena, kini kamu sudah bisa mengajukan pinjaman dana cepat, melalui CekAja.com secara online.

CekAja.com juga menawarkan banyak produk pinjaman dana cepat, dari berbagai perusahaan P2P lending ternama di Indonesia.

Produk pinjaman tersebut, juga sudah diklaim aman dan terpercaya, karena telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman dana cepat terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!