Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Manfaat Memberikan Mainan Bebas Gender untuk Si Kecil

by Teti Purwanti on 24 Juni, 2019

Orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik pada buah hati mereka. Oleh karena itu, tidak heran jika sebagai orang tua, kamu cenderung memilihkan mainan yang menurutmu tepat bagi anak-anak.

Misalnya, orang tua beranggapan bahwa memberikan mainan mobil-mobilan menjadi yang terbaik bagi anak lelakinya. Atau boneka akan lebih baik untuk anak perempuan. Padahal, di Amerika Serikat (AS), toko mainan sudah dilarang menggunakan label gender untuk anak-anak.

Nyatanya anak lelaki akan menyuapi mainan truk mereka, atau anak perempuan akan membuat boneka-bonekanya main balap-balapan.

Agar tidak terkesan memaksa si kecil menerima mainan yang kamu belikan, berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk memilihkan mainan bagi si kecil.

  1. Biarkan anak memilih mainannya sendiri

Usia balita adalah usia si kecil tengah ingin tahu tentang berbagai hal, termasuk juga dalam mencoba mainan sebanyak mungkin. Oleh karena itu, biarkan ia memilih sendiri mainannya dan di situlah peran orang tua untuk memandunya.

Misalnya mainan tersebut apa dan bagaimana menggunakannya ataupun pada kehidupan nyata bagaimana mainan tersebut akan membantu kemudahan hidup si kecil.

(Baca juga: 7 Permainan yang Bisa Membuat Anak Jadi Lebih Pintar)

Pastikan penjelasan itu dalam bahasa yang mudah agar si kecil bisa memahami dengan jelas apa tujuan mainan tersebut.

  1. Mainan lawan gendernya juga penting

Setiap mainan tentu memiliki manfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Contohnya, main masak-masakan atau main boneka, melatih si kecil lebih telaten dan juga memperlihatkan efek kelembutan terutama bagi anak lelaki.

Ditambah lagi, saat ini sudah banyak loh chef laki-laki dan itu tidak mengurangi sisi maskulinitas mereka sebagai seorang pria. Atau main dokter-dokteran bagi anak lelaki juga sangat baik sebab cita-cita menjadi dokter tidak berbasis gender dan merupakan cita-cita yang mulia.

Sedangkan bagi anak perempuan, permainan sepak bola misalnya dipandang identik sebagai mainan anak laki-laki. Padahal, saat anak perempuan main sepak bola pun banyak manfaatnya.

Misalnya membangun jiwa sportif dan juga kompetitif yang akan berguna saat si kecil mulai sekolah bahkan juga saat si kecil dewasa dan bekerja.

  1. Pentingnya lingkungan sekitar

Warna-warna pada mainan anak bukanlah masalah. Pasalnya, orang tualah yang menjadikan hal tersebut masalah. Beberapa anak lebih suka bermain dengan tenang, beberapa memiliki preferensi tertentu, seperti ruang atau hewan safari, beberapa seperti hal-hal yang membuat kebisingan, dan beberapa mencampur semuanya bersama-sama.

Memberi anak-anak kebebasan untuk bermain tanpa penilaian lebih penting daripada membedah apa yang mereka pilih untuk bermain.

Saatnya kamu mundur, dan sediakan ruang untuk bermain dan hindari menilai anak. Cobalah untuk tidak terlalu memikirkannya.

Anak-anak suka mencoba peran baru. Biarkan mereka. Begitulah cara mereka belajar, maka penting untuk lingkungan sekitar, terutama yang mengasuhnya untuk tahu bagaimana si kecil suka bermain.

Untuk mempermudah, berikut beberapa mainan netral gender yang bisa dipilih untuk si kecil, atau juga untuk kado.

  1. Rumah Boneka

Setiap anak-anak suka main rumah-rumahan, apalagi anak-anak juga menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Oleh karena itu, mainan ini akan sangat cocok bukan hanya untuk anak perempuan namun juga lelaki.

  1. Peralatan Dapur

Kita tahu bahwa koki adalah profesi yang bebas gender, baik laki-laki maupun perempuan sangat bisa untuk menjadi koki. Tentu saja memberikannya keleluasaan si kecil untuk menumbukan keterampialn kulinernya tentu akan sangat menyenangkan.

Kamu bisa memilihkan peralatan dapur yang terbut dari kayu, selain lebih aman juga ramah lingkungan.

(Baca juga: PRJ Sediakan Spot Permainan, Yuk Ajak Anak Jalan-jalan!)
  1. Alat Mewarnai

Dengan memberikan peralatan mewarnai, entah pensil warna, krayon, bahkan cat air. Mereka bisa meluapkan berbagai perasaan dengan mewarnai sekaligur belajar warna.

  1. Peralatan Kebersihan

Sapu, pengki, dan alat pel bisa diberikan kepada si kecil, selain menyenangkan mainan ini juga mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab soal kebersihan. Suatu hal yang seharusnya menjadi tanggung jawab bukan hanya anak perempuan namun juga lelaki.

  1. Alat Musik

Musik dipercaya sebagai bahasa universal, karena itu mengajarkan mereka alat musik sejak dini tentu sangat baik. Selain itu, tidak ada alat musik yang dibedakan berdasarkan jenis kelamin. 

Nah, sudah paham kan arti penting memberikan mainan yang tidak lagi didasari perbedaan gender? Ayo ajak anak-anak ke toko mainan favorit dan biarkan mereka memilih sendiri mainan yang diinginkan.

Jangan lupa manfaatkan promo beragam kartu kredit yang bisa kamu dapatkan secara mudah lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.