4 Manfaat Menggunakan Car Seat untuk Bayi dan Anak Serta Jenisnya

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Manfaat menggunakan car seat untuk bayi dan anak perlu diketahui para orang tua agar keselamatan terjaga saat berkendara. Jangan disepelekan, simak manfaatnya berikut ini.

Car seat adalah kursi mobil yang dikhususkan untuk bayi dan anak. Kursi ini berukuran kecil, dengan bantalan yang empuk, serta bentuk yang menyesuaikan dengan posisi duduk yang nyaman bagi bayi dan anak.

Bayi atau anak akan ditempatkan di kursi tersebut, serta mengenakan sabuk pengaman yang kencang namun tetap nyaman dan pas di tubuh bayi dan anak.

Car seat digunakan saat berkendara dengan beberapa tujuan serta manfaat menggunakan car seat untuk bayi dan anak yang berkaitan soal keselamatan.

Di Indonesia, penggunaan car seat masih terbilang sangat jarang. Alih-alih menggunakan car seat, sebagian orang tua justru memilih memangku anak saat berkendara.

Padahal, memangku justru mengancam keselamatan orang tua dan anak apabila terjadi kecelakaan. Risiko anak terlepas dari genggaman orang tua kemudian terpental tentu sangat berbahaya.

Agar kamu sebagai orang tua makin yakin menggunakan car seat, penting sekali untuk mengetahui manfaat menggunakan car seat untuk bayi dan anak.

Di Umur Berapa Bayi dan Anak Menggunakan Car Seat?

Kamu mungkin bertanya-tanya soal penggunaan car seat untuk bayi dan anak. Sebenarnya, car seat bisa digunakan bayi berusia 3 bulan hingga anak usia 13 tahun.

Usia ini dipilih, sebab anak masih membutuhkan perlindungan ekstra saat berkendara. Pada usia ini, anak tentu belum bisa menggunakan sabuk pengaman sendiri dengan tepat.

Tingkat perlindungan sabuk pengaman mobil bagi penumpang anak yang memiliki tubuh lebih kecil juga rendah. Sehingga bayi dan anak disarankan menggunakan car seat.

Bayi usia 3 bulan hingga 6 bulan hanya boleh menggunakan car seat paling lama 1 jam saja.

Sebab menurut penelitian, menempatkan bayi dalam car seat dalam jangka waktu lama berisiko membuat napas sesak.

Jika perjalanan lebih dari 30 menit, pastikan ada seseorang di samping bayi yang mendampingi serta mengecek napas bayi secara berkala.

Kemudian, penggunaan car seat untuk bayi di bawah 2 tahun harus menghadap belakang atau berlawanan dengan posisi kursi mobil orang dewasa.

Posisi ini akan melindungi kepala, leher, dan tulang belakang bayi jika terjadi kecelakaan.

Penggunaan car seat memang penting, terdapat berbagai manfaat menggunakan car seat untuk bayi dan anak.

Orang tua disarankan untuk membiasakan bayi dan anak duduk di car seat saat berkendara.

Jadi, tak ada lagi alasan bagi orang tua untuk tidak menggunakan car seat pada bayi dan anaknya dengan dalih bayi dan anak rewel saat menggunakan car seat.

(Baca Juga: 9 Tips Mendampingi Anak Belajar Online di Rumah Selama Pandemi)

Jenis-Jenis Car Seat

Sebelum membahas informasi seputar manfaat menggunakan car seat untuk bayi dan anak, ketahui dulu jenis-jenis car seat yang ada.

Masing-masing car seat memiliki bentuk yang hampir sama. Hanya saja terdapat perbedaan fitur dan limit berat badan pengguna yang berbeda-beda.

Maka dari itu, penggunaan car seat disesuaikan dengan ukuran, usia, serta berat badan bayi dan anak.

Berikut ini penjabaran tentang jenis-jenis car seat:

Infant Car Seat

Yakni jenis car seat yang digunakan dengan posisi menghadap ke belakang, berlawanan dengan posisi kursi mobil orang dewasa.

Kamu bisa memindahkan posisi atau bahkan mengeluarkan car seat ini dari dalam mobil tanpa harus membuka sabuk pengaman bayi atau anak yang menggunakannya.

Infant car seat memiliki limit atau batas berat badan maksimal antara 13 kilogram sampai 27 kilogram, sehingga bisa digunakan dari bayi hingga anak usia 2 tahun.

Convertible Car Seat

Yakni jenis car seat yang lebih besar dan memiliki limit antara 27 kilogram sampai 45 kilogram. Sehingga diperuntukkan bagi anak usia 2 tahun hingga 3 tahun.

Karena ukurannya yang agak besar, convertible car seat agak sulit dipindahkan keluar-masuk mobil.

Booster Seat

Car seat yang satu ini diperuntukkan bagi anak usia di atas 3 tahun. Dengan limit 30 kilogram hingga 40 kilogram, booster seat bisa digunakan hingga anak usia 13 tahun.

Anak yang menggunakan booster seat juga harus tetap menambahkan pengamanan dengan menggunakan sabuk pengaman mobil.

All In One Car Seat

Terakhir, adalah car seat yang memiliki ukuran yang bisa diatur, sehingga dapat digunakan bagi anak usia di bawah 2 tahun hingga anak 13 tahun.

Tak heran jika harganya lebih mahal dibandingkan dengan tiga jenis car seat sebelumnya.

(Baca Juga: 9 Ciri-Ciri Bayi Normal Saat Lahir yang Menjadi Tanda Sehat)

Manfaat Menggunakan Car Seat Untuk Bayi dan Anak

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan car seat untuk bayi dan anak:

1. Menghindari Risiko Terjatuh

Manfaat menggunakan car seat untuk bayi dan anak yang pertama adalah untuk melindungi bayi dari risiko terjatuh.

Car seat memiliki posisi yang mantap, kokoh, dan pengamanan yang menghindari risiko bayi jatuh dari kursi mobil.

Saat berkendara, kita tidak pernah tahu akan adanya insiden yang mungkin saja bisa terjadi. Misalnya mengerem secara mendadak, menabrak sesuatu, maupun kecelakaan skala kecil hingga besar.

Dengan menggunakan car seat, diharapkan bayi dan anak tetap berada di posisi awal dengan aman.

2. Memberi Pengamanan dari Risiko Kecelakaan

Kemudian, manfaat menggunakan car seat untuk bayi dan anak yang kedua adalah pengamanan dari risiko kecelakaan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, car seat memang didesain khusus sesuai dengan bentuk tubuh bayi dan anak.

Posisi duduk akan lebih nyaman, mantap dan presisi, sehingga anti goncangan. Saat terjadi kecelakaan, bayi dan anak tidak akan terpental, dan mengurangi risiko cidera.

3. Membuat Bayi dan Anak Lebih Nyaman

Dengan menggunakan car seat, bayi dan anak tentu merasa lebih nyaman. Manfaat menggunakan car seat untuk bayi dan anak ini akan membuat orang tua merasa dimudahkan, karena tidak ada sesi rewel.

Kursi empuk dengan bantalan di sisi samping kiri dan kanan tidak hanya membuat anak nyaman duduk, tetapi juga bisa digunakan bersandar hingga dalam posisi tidur.

Bayi dan anak akan lebih betah berlama-lama di dalam mobil meskipun sedang menempuh perjalanan jauh. Berbeda halnya jika bayi dan anak hanya dipangku terus menerus selama perjalanan.

Meskipun begitu, pastikan setidaknya setiap 2 jam kamu dan anak beristirahat sejenak untuk meregangkan otot dari lelahnya perjalanan yang ditempuh.

4. Bayi dan Anak Bisa Menikmati Pemandangan

Manfaat menggunakan car seat untuk bayi dan anak yang terakhir adalah soal menikmati perjalanan.

Tidak hanya merasa nyaman, bayi dan anak juga bisa fokus menikmati pemandangan selama perjalanan.

Selain membuatnya tenang, momen ini bisa dijadikan orang tua untuk mengajarinya banyak hal dari apa yang dilihatnya selama perjalanan. Perjalanan pun akan terasa lebih menyenangkan.

Sedangkan manfaat penggunaan car seat bagi para orang tua adalah momen perjalanan yang terasa lebih mudah, tidak terlalu melelahkan.

Bagi orang tua yang harus menyetir, meninggalkan bayi dan anak yang cukup umur untuk menggunakan car seat juga membuatnya lebih fokus menyetir.

Sebab keselamatan bayi dan anak terjamin dengan perlindungan dari car seat.

Beli Car Seat Bisa Lebih Murah Pakai Kartu Kredit

Itulah beberapa manfaat menggunakan car seat untuk bayi dan anak. Ada beragam jenis car seat beserta harganya, mulai dari Rp450.000 hingga jutaan rupiah.

Untuk memastikan kenyamanan bayi dan anak, pilihlah car seat berkualitas yang bisa kamu miliki dengan metode pembayaran cicilan ringan dari kartu kredit.

Yuk, saatnya membandingkan produk kartu kredit terbaik di CekAja.com agar kamu lebih mudah memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak rekomendasi kartu kredit yang akan disesuaikan dengan profil finansialmu.

Di CekAja.com, kamu juga bisa mengajukan kartu kredit dengan mudah lewat sistem online.

Cukup isi formulir pengajuan kartu kredit, dan biarkan tim kami mengurusnya hingga kartu kredit dikirim ke alamatmu.

Ini saatnya untuk merasakan pengalaman bebas belanja dengan kartu kredit yang bisa diajukan lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah