9 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam, Terapi #diRumahAja

Sejak dahulu kala, manfaat merendam kaki dengan air garam ini, memang menjadi pengobatan alternatif sederhana, yang punya banyak khasiat loh. Terapi satu ini terbilang sederhana, karena kamu hanya perlu wadah untuk menampung kaki, air hangat dan garam.

Air hangat bisa meningkatkan respon sel darah putih, meningkatkan daya tahan tubuh karena merelaksasi otot-otot tegang setelah dipakai beraktivitas.

Mencampurkan air hangat dengan garam bisa meningkatkan kerja fagosit dalam tubuh yang berfungsi menghancurkan kotoran dan detoksifikasi (pembuangan racun dan zat sisa) pada darah.

Gunakan garam yang mengandung magnesium sulfat seperti garam epsom. Jenis garam ini cenderung pahit, bukan asin seperti garam dapur pada umumnya. Kandungan dari garam ini bisa meredakan nyeri otot, mengurangi peradangan, dan memproduksi energi.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Kaki)

Ketika garam epsom dilarutkan dalam air, senyawa ini melepaskan ion magnesium dan sulfat. Partikel-partikel tersebut mengandung banyak manfaat yang diserap dengan baik oleh kulit. Jenis garam ini pun aman digunakan untuk refleksi dan pengobatan alternatif ibu hamil.

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

Nih, beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui:

1. Mengatasi Infeksi Jamur pada Kaki

Infeksi jamur biasanya terjadi karena tidak menggunakan alas kaki saat ke toilet atau tempat banyak genangan air. Gejala infeksi jamur ini gatal, perih, lecet, kulit mengelupas, bahkan melepuh dan terasa terbakar.

Kamu hanya perlu menyiapkan wadah berisi air hangat dan 1/2 sendok garam. Selanjutnya, larutkan garam dan rendam kaki selama 20 menit.

Lakukan pengobatan ini dua kali sehari, agar ruam akibat infeksi jamur lebih cepat mengering dan menghilang.

Jadi, selain mengatasi infeksi dengan obat atau salep anti jamur topikal, merendam kaki dengan air garam pun bisa jadi pengobatan tradisional yang wajib kamu coba.

2. Mencegah Insomnia

Air hangat dan garam bisa membuat aliran peredaran darah pada kaki terbuka dan lancar. Proses ini akan membantu tubuh kamu merelaksasikan otot, menghilangkan ketegangan otot, dan memberikan rasa nyaman.

Nah, saat otot-otot kamu sudah tidak tegang lagi, rasa tenang dan kantuk akan datang dengan sendirinya. Alhasil, kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk terlelap.

Memaksimalkan kualitas tidur kamu dengan meredupkan pencahayaan kamar, sesuaikan suhu ruangan, bila memang suka pasang aromaterapi agar otot-otot badan kamu semakin nyaman.

3. Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita, khususnya ibu rumah tangga yang seringkali di dapur atau tempat cuci baju yang kotor namun tidak menggunakan alas kaki.

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi ini dengan merendam kaki di air hangat campur garam, cara ini bisa membuat kaki kamu menjadi lebih lembut dan rileks loh.

4. Mengurangi Rasa Nyeri atau Lelah Kaki

Hasil survei menyatakan bahwa sekitar 61% wanita menghabiskan waktu lebih dari 4 jam untuk berdiri dalam sehari, ditambah lagi para wanita yang suka menggunakan high heels ketika beraktivitas.

Tentu hal ini kurang baik untuk kesehatan karena menyebabkan kaki terasa lelah dan nyeri. Salah satu cara mengatasinya, dengan terapi merendam kaki di air garam ini.

Cukup dengan merendam kaki selama 20 menit, kaki menjadi lebih rileks dan bebas dari rasa nyeri, sebab, garam epsom mengandung magnesium sulfat yang bisa menenangkan sistem saraf tubuh dan mengurangi rasa nyeri.

5. Merawat Kuku

Jika kuku kaki kamu termasuk tebal dan sulit dipotong, cobalah untuk merendam kaki dengan air garam terlebih dahulu sebelum menggunting kuku.

Selain merawat kuku kaki dengan terapi ini, kamu pun harus tetap menjaga kesehatan kuku, seperti memotong secara rutin agar partikel-partikel kotoran tidak lama mengendap di sela-sela kuku, tidak menggigit kuku, dan gunakan sepatu dengan ukuran yang benar dan nyaman.

6. Menghilangkan Bau Kaki

Menggunakan alas kaki tertutup sepanjang hari meningkatkan perkembangbiakan bakteri dan kelembaban area kaki, sehingga muncul bau tak sedap.

Untuk menghilangkan bau, kamu bisa melarutkan 1/2 sendok makan garam ke dalam wadah berisi air hangat. Kemudian, rendam kaki kamu selama 10-20 menit.

Cara ini akan membersihkan kaki kamu sekaligus menghilangkan bakteri penyebab bau kaki.

7. Menghaluskan Kulit Kaki

Untuk kondisi ini, cobalah pakai garam laut, karena berbentuk lebih kasar sehingga dapat dijadikan scrub atau digosokkan pada permukaan kulit kaki dan tumit untuk mengangkat sisa-sisa kulit mati.

Kandungan magnesium yang diserap oleh kulit saat merendam kaki terbukti bisa menjaga kelembaban kulit.

Apalagi untuk kamu yang memiliki masalah kulit kering, garam jenis ini mampu mengatasi keadaan kulit yang sedang kasar menjadi lebih halus.

8. Meredakan Stress

Setelah melalui hari yang melelahkan, pastinya kamu ingin menenangkan pikiran dan merilekskan otot-otot mu.

Merendam kaki dalam air hangat bercampur garam epsom yang lembut akan membantu kamu melepas lelah dan meredakan stress ketika sampai rumah.

9. Mengurangi Bengkak, Kram, dan Radang Sendi

Pengobatan tradisional ini pun dipilih sebagai alternatif obat untuk mengurangi bengkak, kram, radang sendi dan meningkatkan kualitas tidur.

Cara kerja dari khasiat terapi ini pun sama untuk masalah satu ini, merendam kaki di air garam bisa memberikan ketenangan otot dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Sebelum Meredamkan Kaki, Perhatikan Hal Ini

  • Jenis Kulit: Apabila jenis kulit kamu super kering, sebaiknya jangan terlalu lama berendam dengan air hangat. Pasalnya, hal itu bisa menambah efek kering dan menimbulkan sensasi gatal setelahnya. Mengatasi hal tersebut, aplikasikan pelembab pada kulit kaki yang kering dan jangan menggaruknya sebab akan menyebabkan iritasi dan masalah kulit yang lebih parah.
  • Kebersihan Air: Pastikan kebersihan dan keamanan air hangat dan garam yang kamu gunakan untuk rendam kaki. Jangan dianggap sepele, sebab hal ini dapat menyebabkan penyakit dermatologis yang ditandai dengan ruam, nyeri, perih, hingga demam yang berkepanjangan.
  • Memastikan Tidak Ada Penyakit Menular: Adakah penyakit bawaan yang serius, seperti diabetes dan infeksi menular. Terapi merendam kaki di air garam ini sangat aman dilakukan siapa saja, bahkan ibu hamil.

Namun, untuk menghindari kemungkinan efek samping yang tidak diinginkan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Untuk kamu yang memiliki luka di kaki, sebaiknya sembuhkan dulu sebelum kamu merendam kaki di air garam, jika dipaksakan akan terasa sangat perih.

(Baca Juga: Tips Mengatasi Kaki Lecet saat Pakai Sepatu)

Nah, itu dia beberapa manfaat terkait merendam kaki di air garam . Namun, penanganan ini bersifat membantu ya, bukan menjadi pengobatan atau terapi utama.

Jadi, jika kamu memiliki keluhan kesehatan tertentu atau bahkan lebih serius, kamu perlu segera menanganinya dengan tenaga ahli medis secara profesional di rumah sakit terpercaya.

Jangan ragu untuk menjamin proteksi kesehatan kamu dari sekarang, sebab di Indonesia ada banyak penawaran asuransi kesehatan yang aman, nyaman, dan terpercaya.

Melalui CekAja.com, berbagai pilihan asuransi kesehatan terbaik Indonesia bisa menjadi solusi untuk jaminan jangka panjang kondisi kesehatan kamu dan orang tersayang.

Jangan khawatir, berbagai penawaran asuransi terbaik bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu ya! Yuk, hubungi CekAja.com untuk pengajuan pilihan asuransi terbaikmu.