Beragam Manfaat Micin Untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Manfaat micin untuk tanaman wajib diketahui oleh para petani atau penggiat budidaya berbagai tanaman. Selain dijadikan penambah rasa sedap pada masakan, micin juga bisa menyuburkan tanah dan tumbuhan yang ditanam. Kok bisa? Simak penjelasannya berikut ini.

Sejarah Lahirnya Micin

Micin sebagai penyedap rasa pertama kali ditemukan oleh seorang ahli kimia asal Jepang, bernama Kikunae Ikeda. Mulanya, Ikeda penasaran dengan rahasia di balik rasa enak pada kaldu khas Jepang yang biasa disebut dashi.

Dashi ini adalah kaldu populer yang digunakan sebagai penambah rasa pada berbagai sajian sup. Ternyata, dashi terbuat dari fermentasi rumput laut yang direbus dan ikan kering.

Pada 1908, Ikeda mencoba melakukan eksperimen dengan cara menguapkan rumput laut. Setelah beberapa hari lamanya, rumput laut yang diuapkan ini berubah bentuk menjadi kristal-kristal kecil yang terasa gurih, mirip dengan dashi yang Ikeda maksud.

Akhirnya, rasa gurih ini menjadi rasa baru yang ditemukan, dengan kandungan asam glutamat yang mendominasi kandungannya.

Mengenal Kandungan Micin

Micin atau yang memiliki nama Monosodium Glutamat (MSG) adalah zat penyedap rasa yang terbuat dari tetes tebu. Micin tidak termasuk zat kimia karena terbuat dari bahan alami melalui proses fermentasi.

Kandungan micin terdiri dari air, asam glutamat, natrium, karbon organik C, nitrogen, dan berbagai unsur hara lainnya.

Rasa khas pada micin dipercaya oleh orang-orang Asia sebagai penyedap rasa yang ampuh membuat makanan terasa lebih enak. Namun, ada beberapa kalangan yang meyakini bahwa mengonsumsi masakan yang ditambahkan micin bisa membuat kecerdasan menurun.

Padahal, hal ini tidak benar jika micin digunakan dalan takaran yang wajar alias tidak berlebihan,

Benarkah Micin Bisa Menyuburkan Tanaman?

Soal kebenaran hal ini, dapat dipastikan bahwa penggunaan larutan micin pada sebagai air siraman tanaman adalah benar. Hal ini dikarenakan kandungan unsur hara yang terkandung oleh micin, seperti Fe, S, Ca, Mo, Mg, C, Ha, Na, N, K, dan P.

Beberapa jurnal penelitian juga membuktikan bahwa larutan micin dapat menyuburkan tanaman-tanaman ukuran kecil dan sedang. Seperti tanaman pangan, sayur-sayuran, dan tanaman berbunga.

Sedangkan untuk tanaman ukuran besar seperti pohon mangga, durian, dan sejenisnya kurang cocok jika hanya diberikan larutan micin sebagai penyubur.

Selain itu, dari sisi ekonomi, penggunaan micin juga dirasa lebih mahal untuk dosis penggunaan tanaman sebesar itu.

Sebab, micin merupakan limbah organik yang mengandung beraneka zat yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Tanaman akan tumbuh subur dengan syarat pemberian larutan micin hanya secukupnya saja.

Untuk beberapa orang yang sudah merasakan langsung manfaat micin untuk tanaman, mereka hanya menyiram tanaman dengan larutan micin sebanyak satu atau dua kali dalam satu minggu. Tanaman menjadi cepat berbunga, subur dan daun terlihat lebih sehat.

Namun, perlu diketahui bahwa manfaat micin untuk tanaman hanya bersifat sebagai penyubur tambahan. Jadi, kamu tetap membutuhkan pupuk berkualitas sebagai penyubur utama tanamanmu.

(Baca Juga: 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Bermanfaat)

Manfaat Micin Untuk Tanaman

Untuk lebih jelasnya, simak berbagai manfaat micin untuk tanaman berikut ini.

1. Mempercepat Pembungaan

Manfaat micin untuk tanaman yang pertama adalah mempercepat pembungaan. Ini sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman berbunga atau berbuah. Seperti cabai, pepaya, tanaman bunga hias, dan lain sebagainya.

Pembungaan akan lebih cepat terjadi berkat kandungan nitrogen pada micin.

2. Membuat Warna Daun Lebih Hijau

Selain itu, manfaat micin untuk tanaman lainnya adalah mampu membuat warna daun lebih hijau. Zat hijau daun atau klorofil terbuat dari asam glutamat.

Jadi, wajar saja jika pemberian larutan micin pada tanaman hias daun (seperti tanaman gelombang cinta misalnya) akan membuat warna daun lebih hijau, segar dan cantik.

Tetapi, perlu dipahami bahwa perubahan warna daun ini tidak disertai dengan penambahan jumlah daun, ya. Untuk menambah jumlah daun, dibutuhkan perawatan khusus lain dan pemberian pupuk.

3. Mencegah Tanaman Menjadi Kering

Kemudian, ada senyawa natrium yang memberikan manfaat micin untuk tanaman agar tak menjadi kering. Kadar air pada tanaman dapat meningkat karena penyerapan air yang maksimal berkat larutan micin.

4. Menyuburkan Tanah

Manfaat micin untuk tanaman yang terakhir adalah dapat dijadikan sebagai pupuk penyubur tanah yang ramah lingkungan. Cairan limbah organik ini mengandung senyawa karbon, hidrogen, natrium, dan oksigen yang baik untuk meningkatkan kualitas tanah.

Sehingga pertumbuhan tanaman akan terproses dengan baik, dan tanaman pun semakin subur. Meskipun begitu, penggunaan pupuk lainnya juga tetap dibutuhkan, ya.

(Baca Juga: 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam)

Cara Membuat Larutan Micin untuk Tanaman

Setelah mengetahui manfaat micin untuk tanaman, maka kamu juga harus mengatahui cara membuat larutan micin untuk tanaman. Pelarutan micin ini cukup dilakukan sesuai dengan dosis penyiraman tanaman dengan larutan micin, yakni 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Berikut cara membuat larutan micin untuk tanaman.

Pertama, siapkan 25 gram micin yang kemudian dilarutkan ke dalam setengah ember air atau sekitar 3 sampai 5 liter air.

Kamu disarankan untuk menggunakan air sumur bersih dan masih mengandung zat-zat alami (bukan air hasil penyulingan).

Kemudian, larutan micin pun siap disiramkan pada tanaman yang baru ditanam sekitar 2 minggu. Larutan micin sangat cocok dijadikan nutrisi tambahan dalam budidaya tanamanmu.

Mau Mulai Bercocok Tanam? Beli Kebutuhannya dengan Pinjaman KTA di CekAja.com!

Di tengah isu akan terjadinya resesi ekonomi seperti sekarang ini, kegiatan bercocok tanam dirasa sangat bermanfaat untuk membuat masyarakat lebih mandiri memproduksi bahan panganannya sendiri.

Tak hanya masyarakat di pedesaan, masyarakat perkotaan juga kini mulai berbondong-bondong mencoba bercocok tanam dengan metode hidroponik untuk membudidayakan tanaman kesayangannya.

Kamu tertarik untuk ikutan tren bermanfaat ini? Yuk, mulai coba dengan membeli kebutuhan alat dan bibit tanaman dengan lengkap.

Jika usaha ini berhasil, kamu bisa mencukupi kebutuhan makanan harian di rumah, serta menjadikannya sebagai peluang usaha.

Tak usah khawatir soal modal, sebab CekAja.com bakal memberikan rekomendasi pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) cicilan ringan yang memudahkanmu.

Semuanya disesuaikan dengan besaran pinjaman yang ingin kamu dapatkan, serta kemampuan membayar.

Suku bunga dijamin kompetitif, dan pastinya kamu tak perlu menjaminkan aset apapun untuk mendapat pinjaman ini.

Yuk, mulai cek dan bandingkan berbagai produk KTA yang cocok untukmu hanya melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah