23 Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh, Kulit, Mata dan Rambut

9 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Meski memiliki rasa yang pahit dan kurang lezat, namun ternyata manfaat pare untuk kesehatan yang diberikan sangat banyak. Manfaat tersebut tentunya tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan kulit, mata dan rambut.

Sebagai salah satu buah dan sayuran herbal, pare merupakan tanaman tropis dan subtropis yang berasal dari famili cucurbitaceae.

Buah yang memiliki nama latin Momordica charantia L. ini, sejatinya banyak ditemukan di Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, China dan Karibea.

Di Indonesia sendiri, buah yang memiliki warna hijau ini secara umum dikenal dengan nama pare. Namun, di beberapa daerah, seperti Jawa, Sulawesi dan Sumatera pare memiliki nama yang berbeda.

Untuk daerah Jawa, pare kerap kali disebut dengan nama paria, pae, pepareh dan pare pahit. Di Sulawesi, pare tak jarang disebut dengan nama poya, pudu, pentu, palia dan paria belenggede.

Sedangkan di Sumatera, pare juga sering disebut dengan nama prieu, foria, peia, kambeh, prie, pepare dan paria. Sangat banyak bukan, sebutan untuk buah yang satu ini?

Kandungan Buah Pare

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat pare untuk kesehatan, ada baiknya kamu ketahui dulu kandungan yang dimiliki buah bercita rasa pahit ini.

Sebab, melihat banyaknya manfaat yang diberikan, sudah seharusnya buah pare memiliki kandungan nutrisi dan senyawa yang beragam.

Untuk tahu apa saja kandungan nutrisi dan senyawa dari buah pare, yuk simak uraiannya di bawah ini!

  • Gula
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Air
  • Lemak
  • Kalori
  • Protein
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B1 (Thiamine)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B3 (Niacin)
  • Vitamin B5 (Pantothenic Acid)
  • Vitamin B6
  • Vitamin B9 (Folat)
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Seng (Zinc)
  • Zat Besi
  • Manganese
  • Potassium (Kalium)
  • Sodium
  • Magnesium

(Baca Juga: 6 Sayur dengan Rasa Pahit yang Menyehatkan)

23 Manfaat Pare untuk Kesehatan

Jika berbicara tentang manfaat pare untuk kesehatan, sejatinya manfaat yang diberikan buah pare sangat banyak.

Pada pembahasan sebelumnya juga telah disinggung, kalau manfaat pare untuk kesehatan tidak hanya berlaku untuk kesehatan tubuh saja, melainkan juga berlaku untuk kesehatan kulit, mata dan rambut.

Agar tidak penasaran, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 23 manfaat pare untuk kesehatan, yang wajib diketahui. Adapun 23 manfaat tersebut, di antaranya:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat pare untuk kesehatan yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol.
Manfaat ini ditemukan dari hasil riset yang dilakukan pada tikus, bahwa pare dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida.

Dengan menurunkan kolesterol, maka kamu akan terhindar dari risiko penyumbatan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

2. Menurunkan Berat Badan

Selain rendah kalori, pare juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang membuat kamu cepat merasa kenyang, apabila mengonsumsi pare.

Pare juga dinilai mampu meningkatkan pembakaran lemak, serta mengurangi kadar lemak di perut.

Maka dari itu, pare kerap kali dijadikan sebagai menu untuk diet, karena secara tidak langsung mampu menurunkan berat badan.

3. Mengobati Diabetes

Buat kamu yang memiliki penyakit diabetes, jangan khawatir. Sebab, kamu bisa mengonsumsi pare sebagai cara alternatif untuk mengobat diabetes.

Pasalnya, manfaat pare untuk kesehatan yang satu ini sudah terbukti, karena ia memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar gula darah.

Cara kerjanya, yaitu pare akan menstimulasi produksi insulin, dan meningkatkan proses pencernaan gula dalam tubuh.

4. Membunuh Sel Kanker

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun manfaat pare untuk kesehatan yang satu ini, dipercaya mampu membunuh sel kanker yang ada di perut, paru-paru, usus besar dan nasofaring secara efektif.

Lebih dari itu, dengan mengonsumsi pare kamu pun dapat menmghambat pertumbuhan, serta penyebaran sel kanker payudara.

5. Menurunkan Demam

Biasanya, orang-orang menurunkan demam dengan cara mengonsumsi obat penurun demam, seperti paracetamol atau ibuprofen.

Namun ternyata, selain menggunakan obat-obatan, kamu bisa menurunkan demam dengan mengonsumsi pare.

Manfaat pare untuk kesehatan yang satu ini dapat dirasakan, karena pare memiliki kandungan charantin dan alkaloid pahit, yaitu momordisin yang merupakan zat penurun demam.

6. Mengobati HIV/AIDS

Dikenal sebagai penyakit yang berbahaya, orang-orang penderita HIV/AIDS sudah seharusnya mendapatkan penanganan khusus.

Tetapi disamping itu, penderita HIV/AIDS juga bisa mengonsumsi pare sebagai obat penunjang.

Hal tersebut dikarenakan, komposisi fitokimia yang terkandung dalam pare, mampu menghambat aktivitas virus HIV.

7. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat pare untuk kesehatan yang berikutnya adalah mampu mengatasi masalah pencernaan. Kemampuan ini disebabkan oleh rasa pahit yang dimiliki pare, mampu merangsang sekresi lendir.

Hal itulah yang nantinya membuat keseimbangan asam di dalam tubuh menjadi semakin baik. Sehingga, kemungkinan terjadinya tukak lambung dapat dicegah dan pencernaan pun menjadi lebih sehat.

8. Mengatasi Masalah Kulit

Mengonsumsi pare memang memberikan banyak manfaat. Tetapi, manfaat pare untuk kesehatan yang diberikan, tidak hanya untuk kesehatan tubuh, melainkan juga untuk kesehatan kulit.

Hal ini terlihat dari manfaat pare yang mampu membuat kulit tampak lebih cerah, serta terbebas dari noda dan bekas jerawat.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, kamu hanya perlu mengonsumsi pare secara teratur, baik dalam bentuk makanan maupun minuman, seperti misalnya jus pare.

9. Membantu Menurunkan Sensitivitas Tubuh

Siapa sangka, kalau mengonsumsi pare ternyata dapat membantu menurunkan sensitivitas tubuh terhadap beberapa jenis makanan.

Ya, manfaat pare untuk kesehatan yang satu ini bisa kamu rasakan, apabila kamu mengonsumsi pare secara rutin.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Disebut mampu menjaga kesehatan mata, manfaat pare untuk kesehatan yang satu ini terbukti. Sebab, pare memiliki kandungan beta karoten dan vitamin A, yang mampu menyehatkan mata.

Tidak hanya itu, beberapa gangguan kesehatan mata yang disebabkan oleh proses oksidasi pun dapat dicegah, karena pare juga kaya akan kandungan vitamin C.

11. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Perlu diketahui bahwa, mengonsumsi pare, khususnya bagian daunnya secara rutin juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, kamu hanya perlu merebus daun pare secukupnya, lalu minum air rebusan tersebut setiap hari untuk melawan infeksi dan meningkatkan imun tubuh.

12. Mencegah Penuaan

Siapa sih di antara kamu yang tidak ingin awet muda? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penuaan adalah dengan mengonsumsi pare.

Pasalnya, pare memiliki kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Nah, dengan mengonsumsi pare secara rutin, tubuh dapat membasmi radikal bebas yang mampu memicu penuaan dini.

13. Mengobati Rambut Rontok

Jika kamu memiliki masalah rambut rontok, jangan khawatir! Sebab, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan buah pare.

Caranya menggunakannya sangat mudah, karena kamu hanya perlu membuat jus pare, lalu mencampurkannya dengan sedikit gula.

Setelah itu, aduk jus pare dengan gula hingga tercampur rata dan mengental layaknya pasta, lalu aplikasikan ke seluruh bagian rambut pada saat keramas.

Jika pasta pare ini digunakan secara rutin, nantinya rambut akan semakin kuat, dan kamu pun tidak lagi memiliki masalah rambut rontok.

14. Membantu Mengatasi Masalah Pernapasan

Manfaat pare untuk kesehatan yang ke-14 adalah membantu mengatasi masalah pernapasan.
Seperti yang diketahui, masalah pernapasan ada banyak, mulai dari asma, bronkitis hingga demam atau rinitis. Semua masalah tersebut dapat diatasi dengan pare.

Karena, pare memiliki kemampuan sebagai anti-histamin, suppressant, anti-inflamasi, antivirus dan ekspektoran, yang membuatnya mampu menjaga kesehatan pernapasan secara efektif.

15. Mengatasi Ketombe

Ketombe memang membuat kepala menjadi gatal-gatal dan rambut berminyak. Namun, semua itu dapat diatasi dengan buah pare.

Yang mana, kamu hanya perlu membuat jus pare dan mencampurkannya dengan jintan.
Jika sudah tercampur rata dan membentuk tekstur layaknya pasta, selanjutnya kamu bisa langsung mengaplikasikannya ke seluruh bagian kulit kepala.

Cara ini terbukti ampuh mengatasi ketombe yang membandel. Kamu bisa melakukannya secara rutin, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat pare untuk kesehatan, nyatanya juga berlaku dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Sebab, pare dapat membantu melancarkan dan mengendalikan aliran darah serta pembekuan darah.

Sehingga, luka yang terjadi pada kulit akan lebih cepat sembuh, dan kemungkinan infeksi yang lebih parah dapat dicegah.

17. Menghilangkan Rambut Bercabang

Biasanya, orang-orang akan mengatasi rambut bercabang dengan cara memotongnya. Namun, kini kamu bisa mengatasi rambut bercabang tanpa perlu memotongnya, dan hanya menggunakan buah pare.

Cara yang perlu kamu lakukan sangat mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan jus pare pada ujung rambut bercabang secara merata, lalu sisir perlahan.

Setelah itu, diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan hal ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

18. Sebagai Obat Cacing

Memiliki efek antihelmintiak, buah pare ternyata bisa dijadikan sebagai obat cacing, karena mampu melawan cacing secara efektif.

Selain itu, kamu pun bisa menjadikannya sebagai obat untuk melancarkan pencernaan dan meredakan kembung.

19. Menangani Rambut Berminyak

Salah satu penyebab rambut berminyak adalah makanan berminyak yang dikonsumsi secara berlebihan. Tetapi, kamu bisa mencegahnya dengan mengoleskan rambut menggunakan pasta pare.

Kamu bisa membuatnya dengan cara mencampurkan jus pare dengan cuka sari apel, lalu mengaduknya hingga tercampur rata dan mengental.

20. Mengobati Sariawan

Selain menggunakan obat tetes atau obat kumur, kamu juga mengobati sariawan menggunakan pare, khususnya bagian daunnya.

Sebab, daun pare sangat kaya akan vitamin C dan senyawa aktif yang mampu mengobati sariawan secara efektif.

21. Mengatasi Rambut Beruban

Pada orang yang sudah lanjut usia, munculnya uban adalah hal yang biasa. Namun bagaimana, jika uban muncul pada orang yang masih muda? Mungkin akan terlihat berbeda dan tidak biasa.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan rambut uban dengan jus pare secara merata. Agar hasil yang didapatkan maksimal, kamu bisa melakukannya secara rutin, setidaknya setiap sepuluh hari sekali.

22. Mengobati Kulit Kepala yang Kering dan Gatal

Manfaat pare untuk kesehatan yang ke-22, yaitu mengobati kulit kepala yang kering dan gatal.
Untuk kulit kepala kering, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengoleskan jus pare ke seluruh bagian kulit kepala, lalu pijat dengan gerakan memutar.

Sementara untuk kulit kepala yang gatal, kamu bisa mengoleskan kulit kepala, menggunakan campuran jus pare dan pisang atau alpukat secara merata.

Kedua cara tersebut bisa kamu lakukan secara rutin, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setidaknya satu kali dalam seminggu.

23. Membuat Rambut Jadi Berkilau

Manfaat terakhir yang bisa kamu rasakan dari pare adalah mampu membuat rambut jadi lebih berkilau.

Manfaat pare untuk kesehatan rambut yang satu ini, bisa kamu dapatkan dengan cara mengaplikasikan jus pare yang telah dicampur yogurt, ke seluruh bagian rambut secara merata.

Setelah itu, diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Agar hasil yang didapatkan maksimal, kamu bisa melakukannya secara rutin.

Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit

Pare memang sudah sangat dikenal dengan cita rasanya yang sangat pahit. Namun, ternyata kamu bisa menghilangkan rasa pahit tersebut, dengan cara mengolahnya secara benar.

Kali ini CekAja.com akan memberikan tips, atau cara mengolah pare agar tidak pahit yang bisa kamu lakukan, yang di antaranya seperti berikut ini.

  • Pilih pare berukuran sedang. Sebisa mungkin hindari pare ukuran besar, karena biasanya memiliki rasa yang lebih pahit
  • Pilih pare dengan warna hijau tua, sebab pare dengan warna tua memiliki rasa yang tidak terlalu pahit
  • Sebelum dimasak, biasakan mencuci pare hingga bersih dan meremasnya dengan garam, untuk menghilangkan rasa pahit
  • Rebus pare dengan jambu biji selama kurang lebih lima menit, untuk menetralisir rasa pahit
  • Jika ingin mengolahnya, sebisa mungkin kombinasikan pare dengan makanan asin, untuk mengurangi rasa pahit dari pare
  • Kamu bisa mengolah pare menjadi tumisan, dan mencampurkannya dengan telur agar lebih lezat. Telur sendiri, dipercaya mampu menetralisir rasa pahit dari pare yang sangat tajam.

(Baca Juga: Daftar Penjual Sayur dan Buah Online)

Beberapa manfaat pare untuk kesehatan sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya. Semua manfaat pare tersebut tentunya dapatkan dengan cara yang sangat mudah.

Kamu hanya perlu mengolahnya menjadi sebuah makanan, minuman ataupun masker rambut untuk menjaga kesehatan rambut.

Dengan mengonsumsi buah pare secara rutin, kamu bisa mendapatkan semua manfaatnya secara maksimal.

Namun tetap saja, kamu harus memperhatikan waktu konsumsinya, agar tidak menimbulkan efek samping.

Maka dari itu, selain mengatur waktu konsumsi, untuk mencegah risiko timbulnya efek samping, kamu juga bisa menggunakan asuransi kesehatan, sebagai bentuk perlindungan kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya perawatan dan pengobatan selama kamu sakit.

Jadi, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, tunggu apalagi? Segera ajukan asuransi kesehatan terbaikmu melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Terlebih, proses pengajuannya mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, yuk ajukan sekarang juga asuransi kesehatan terbaikmu, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal.

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani