Manfaat dari Pinjaman Cicilan Ringan KTA CTBC

7 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Jika boleh memilih, pasti tak ada orang yang ingin memiliki hutang dalam hidupnya, baik itu hutang budi, atau bahkan hutang uang. Karena berhutang memang tak menyenangkan. Bahkan ada mitos yang tersebar luas bahwa tidak ada hutang adalah hal yang terbaik. Ya, hidup menjadi lebih tenang dan santai tanpa hutang. Mengingat hal itu, jadi wajar setiap kali kita berbicara tentang berhutang uang saat ini, pasti selalu menjadi hal yang dianggap negatif oleh sebagian besar orang.

pinjaman cicilan ringan kta ctbc

Untuk kalangan bisnis, kebenaran tentang hutang jauh lebih menyenangkan. Seperti yang dipahami oleh ahli finansial, bahwa tidak semua pinjaman uang itu buruk. Untuk pemilik usaha kecil yang mungkin tidak memiliki gelar master di bidang keuangan, mengingat mengenai hutang dalam pikiran pasti akan sangat membuat pusing kepala. Meski pada dasarnya jika seseorang memiliki perhitungan dan sistem yang baik dalam usahanya, seorang pelaku bisnis atau usaha akan membantu mereka menggunakan uang hasil berhutang untuk mendapatkan peluang usaha yang lebih luas.

Namun, di tengah kebutuhan manusia memang seperti tak ada habisnya. Setiap hari ada saja kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi. Pemenuhan kebutuhan itu tentu saja memerlukan uang. Mulai dari belanja untuk makan sehari-hari, belanja kebutuhan sekolah anak, uang saku anak sekolah sampai cicilan yang tak kunjung selesai. Ini adalah contoh kebutuhan yang sifatnya tidak mendadak artinya setiap hari atau setiap bulan memang harus dipenuhi. Selain itu ada juga kebutuhan yang sifatnya mendadak atau darurat.

Biasanya kebutuhan mendadak jumlahnya lebih besar dari kebutuhan pokok. Misalnya saja kita mendadak sakit lalu dirawat di rumah sakit pasti mendadak dan juga butuh uang tak sedikit alias memerlukan uang banyak kan? Atau anak kita meminta uang untuk studi tour atau membayar uang gedung sekolah, buku, seragam, atau untuk merenovasi rumah yang sudah lama dan kini mulai bocor sana sini. Apalagi jika kita terkena musibah seperti kecelakaan sampai harus operasi. Itu akan membutuhkan biaya yang cukup besar, apalagi jika tak ada asuransi atau tanggung jawab dari pihak lain, bahkan mungkin jika kecelakaan tunggal. Pasti akan ada uang yang dibutuhkan untuk biaya perbaikan kendaraan atau pengobatan diri.

(Baca Juga: Siasati Keuangan Biar Gak Makin Tekor)

Maka dari itu kebutuhan mendadak dan darurat ini jika kita memiliki uang tabungan tidak akan menjadi masalah. Tapi bagaimana jika tidak punya uang tabungan? Untuk kebutuhan yang pokoknya saja pas-pasan apalagi untuk menabung. Ada banyak loh orang yang begitu, bulan tidak mungkin kita juga mengalaminya nanti. Beberapa solusi coba ditawarkan seperti menjual barang-barang berharga yang dimiliki. Ada juga yang mengambil solusi dengan pinjaman entah itu ke rentenir atau bank atau lembaga keuangan non-bank.

Pinjaman yang paling banyak dicari oleh masyarakat tentu saja yang gampang prosesnya dan cepat. Syarat-syaratnya juga harus mudah. Salah satu pinjaman yang memenuhi syarat tersebut adalah pinjaman cicilan ringan KTA CTBC.

Pinjaman KTA dari Bank CTBC ini menjadi salah satu andalan untuk membantu memenuhi kebutuhan yang jumlahnya banyak. Pinjaman cicilan ringan KTA CTBC ini berasal dari Bank CTBC. Mungkin masih asing di telinga beberapa orang karena tidak semua kota ada bank ini. Bank CTBC berasal dari Taiwan. Ini adalah bank besar penerbit kartu kredit terbanyak di Taiwan. Bank CTBC Indonesia adalah anak dari perusahaan CTBC Financial Holding Co, Ltd.

Perusahaan ini memiliki lebih dari 145 cabang di seluruh Taiwan dan 107 kantor cabang di luar negeri termasuk di Indonesia. Dengan reputasi yang cukup baik perusahaan ini menjadi salah satu bank di Indonesia yang cukup kompetitif. Produk pinjaman yang menjadi andalan dari Bank CTBC adalah KTA Dana Cinta. Ini adalah pinjaman cicilan ringan KTA CTBC. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pinjaman cicilan ringan KTA CTBC ini loh. Manfaatnya antara lain:

  • Membantu membiayai kebutuhan finansial jangka pendek dan jangka menengah

Semakin berkembangnya zaman kebutuhan manusia juga terus bertambah. Solusi untuk bisa membantu pembiayaan kebutuhan itu adalah dengan mengambil pinjaman cicilan ringan KTA CTBC ini. Kita bisa memakainya untuk kebutuhan biaya sekolah anak, biaya perbaikan rumah, biaya pengobatan, biaya pernikahan bahkan untuk modal usaha. Kebutuhan kebutuhan darurat dan jangka pendek memang sering kali membuat seseorang kelabakan mencari dana tambahan. Terlebih bagi mereka yang tak memiliki tabungan dana darurat.

  • Angsuran kompetitif

Di Indonesia daya saing ekonominya belum begitu bagus. Ini yang mempengaruhi penerapan suku bunga yang tinggi. Suku bunga yang tinggi tentu juga akan berpengaruh kepada aktivitas konsumsi masyarakat. Bahkan itu bisa sangat berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan kekhawatiran masyarakat akan suku bunga tinggi dari pinjaman kali ini KTA CTBC hadir dengan suku bunga flat yang kompetitif dan tidak memberatkan masyarakat. Pinjaman cicilan ringan KTA CTBC ini memberikan 2 tipe suku bunga yang bergantung kepada riwayat pinjaman dan pemohonnya

  • Jangka waktu pelunasan yang diberikan sangat fleksibel

Untuk ukuran sebuah KTA, memberikan jangka waktu pelunasan yang lama jarang terjadi. KTA ini memberikan waktu pelunasan mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan. Sungguh sangat fleksibel kan? Untuk lamanya waktu pelunasan ini tidak dibedakan antara karyawan/wiraswasta dengan profesional. Besarnya jumlah cicilannya tentu akan mengikuti besarnya jumlah dana yang kita pinjam.

  • Tanpa agunan

Seperti namanya, KTA ini tentu tidak memakai jaminan apapun. Produk KTA memang tidak mewajibkan adanya jaminan tapi bukan berarti tidak ada aturan-aturan lainnya ya. Pinjaman cicilan ringan KTA CTBC ini membolehkan peminjam untuk meminjam tanpa agunan atau jaminan dengan syarat dan ketentuan yang sudah diatur oleh Bank CTBC. Ini tentu akan memudahkan kamu yang tak memiliki aset berharga sebagai jaminan. Karena selama ini banyak nasabah yang ingin meminjam uang, namun terkendala oleh jaminan yang umumnya wajib diberikan saat mengambil pinjaman.

  • Proses cepat

Satu lagi manfaat dari pinjaman cicilan ringan KTA CTBC adalah prosesnya yang cepat. Mulai dari pengajuan sampai persetujuan dan pencairan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari saja. Karena untuk pengajuannya hanya 3 hari saja. Nah ini cocok untuk kamu yang membutuhkan dana secepat mungkin. Dan biasanya pengajuan tidak memerlukan survey yang mendetail seperti pinjaman dengan jaminan. Namun sayangnya, pinjaman tanpa agunan ini memiliki bunga yang cukup tinggi dibandingkan pinjaman dengan jaminan.

Pinjaman cicilan ringan KTA CTBC ini kita bisa meminjam mulai dari Rp5 juta sampai Rp200 juta Cicilannya juga sangat ringan apalagi jika kita mengambil jangka waktu yang panjang. Misalnya saja kita mengambil dana pinjaman minimal yaitu Rp5 juta maka cicilannya sebesar Rp506.500 untuk jangka waktu 12 bulan, Rp228.500 untuk 36 bulan dan Rp173.000 untuk jangka waktu 60 bulan. Lalu untuk jumlah pinjaman sebesar Rp50 juta maka cicilannya sebesar Rp5.011.667, untuk 12 bulan, Rp2.233.889 untuk 36 bulan dan Rp1.728.333 untuk 60 bulan.

Semakin banyak mengambil jumlah pinjaman maka nilai cicilannya juga akan bertambah. Tapi tenang saja karena bunganya dimulai dari 1,29% cicilannya juga tidak akan bertambah banyak.  Karena ini juga termasuk  bunga flat maka cicilannya akan tetap jumlahnya sampai masa pelunasan nanti. Maka dari itulah KTA Dana Cinta ini disebut juga sebagai pinjaman cicilan ringan KTA CTBC. Bunga tetap ini seringkali memang dipilih, karena akan membuat anggaran kita lebih teratur. Setiap bulan kita dapat menyiapkan jumlah uang yang sama untuk mencicil hutang yang kita miliki. Berbeda jika bunga floating atau bunga berjalan, maka bisa jadi bulan ini cicilannya lebih besar dari bulan lalu, dan kemudian akan lebih kecil di bulan berikutnya.

Syarat KTA CTBC

Nah untuk bisa mengajukan pinjaman cicilan ringan KTA CTBC ini kita harus memenuhi beberapa persyaratan dan dokumen seperti:

  • Berusia min 21 tahun dan maks 55 tahun saat waktu pelunasan bagi karyawan dan profesional
  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Memiliki penghasilan min Rp 2,5 juta untuk pemegang kartu kredit di wilayah Jabodetabek dan Rp 2,1 juta di wilayah non Jabodetabek (karyawan dan profesional)
  • Memiliki penghasilan min Rp 5 juta jika tidak punya kartu kredit di wilayah Jabodetabek dan Rp 4,3 juta di wilayah non Jabodetabek
  • Memiliki penghasilan min Rp 5 juta untuk wiraswasta pemegang kartu kredit
  • KTP
  • Slip gaji terakhir
  • Rekening koran 3 bulan terakhir
  • SIUP/ TDP/ Surat Ijin Praktek
  • NPWP pribadi (untuk pinjaman diatas Rp 50 juta rupiah)
  • Kartu kredit (bagi para pemegang kartu kredit)

Pinjaman cicilan ringan KTA CTBC ini bisa kamu ajukan secara online juga loh. Kemudahan inilah yang juga menjadikan KTA CTBC ini menjadi produk andalan. Seperti KTA lainnya, KTA ini juga tak lepas dari biaya administrasi. Biaya-biaya tersebut antara lain biaya proses sebesar 3% dari jumlah pinjaman yang disetujui dan akan dipotong langsung yang ditambah dengan uang materai Rp6.000. Jika kita terlambat membayar cicilannya ada biaya keterlambatan sebesar 5% dari jumlah tertunggak.

Nah jika kita mengambil cicilan ringan KTA CTBC ini setidaknya bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan mendadak dan darurat yang jumlahnya cukup banyak. Mencari pinjaman dengan cicilan ringan dan bunga flat adalah jalan terbaik agar kondisi finansial kita tidak menjadi lebih buruk karena hutang. Jadi saat mengambil pinjaman pikirkan apa kita bisa membayar cicilannya juga ya!

Ada banyak situasi ketika tidak masuk akal untuk berhutang. Namun, jika kamu melakukannya dengan cara yang benar, itu tidak perlu ditakuti. Sebaliknya, ini dapat digunakan sebagai alat strategis untuk menumbuhkan bisnis dan sering kali merupakan opsi pembiayaan yang jauh lebih murah daripada alternatifnya. Karena lingkungan yang kompetitif saat ini, lebih dari sebelumnya, saat kamu memiliki hutang untuk usahamu, kamu harus mahir menggunakan semua sumber daya yang kamu miliki untuk membantu bisnismu mencapai potensi penuh kesuksesan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu memilih KTA yang cocok dan tepat.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti