Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

by Vera Khairifah on 9 Juli, 2020

Manfaat rumput laut sudah banyak dikenal dan dirasakan oleh semua masyarakat baik di Indonesia maupun mancanegara. Tanaman ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Berikut ini manfaat rumput laut yang wajib kamu ketahui.

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Produksi Rumput Laut Melimpah, Tingkat Konsumsi Rendah

Rumput laut adalah spesies tanaman laut yang termasuk ke dalam golongan ganggang besar. Rumput laut tumbuh liar di laut lepas, namun juga bisa dibudidayakan.

Negara pengonsumsi rumput laut didominasi oleh negara-negara Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Tiongkok. Namun, negara yang mengonsumsi rumput laut dalam jumlah besar dan dijadikan tujuan negara pengekspor adalah Australia, Filipina, Inggris, dan Tiongkok.

Indonesia sendiri mampu menghasilkan rumput kering dengan jumlah besar, bahkan mendominasi produksi rumput laut dunia yakni sebanyak 61,18 persen. Pada tahun 2017, produksi ini mencapai 328 ton rumput laut yang dikonsumsi di dalam negeri maupun diekspor ke luar negeri.

Sayangnya, di Indonesia, tingkat konsumsi dan pemahaman akan manfaat rumput laut masih tergolong rendah. Sebagian besar jumlah produksi diekspor ke luar negeri. Hal ini karena masih banyak orang yang enggan mengonsumsi rumput laut dengan pengolahan sendiri.

Mereka memilih produk rumput laut olahan pabrik yang siap saji, seperti produk agar-agar, rumput laut kering, bubuk rumput laut dan lain sebagainya. Sedangkan orang-orang yang mengonsumsi rumput laut secara langsung hanya masyarakat pesisir.

Padahal, ada banyak sederet manfaat rumput laut yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan otak.

Aktris Tara Basro Rajin Konsumsi Rumput Laut

Kamu pasti tahu kan akrtis kenamaan Tara Basro yang memerani berbagai film sukses di Indonesia? Gaya hidup dan konsumsi makanan sehat yang telah diterapkannya beberapa tahun terakhir membuat banyak orang menjadikannya sebagai panutan.

Nggak hanya dijadikan sebagai body goals karena bugar secara jasmani, kedisiplinan Tara dalam menerapkan pola hidup sehat juga banyak dikagumi orang.

Salah satu bahan makanan yang rajin dikonsumsi oleh Tara adalah rumput laut. Melalui postingan Instagram Stories di akun Instagramnya @tarabasro pada 9 Juli 2020, Tara menunjukkan bubuk rumput laut organik yang sering dikonsumsinya.

Perempuan yang lahir pada 11 Juni 1990 ini juga seolah mengajak followers-nya untuk rajin mengonsumsi rumput laut untuk mendapatkan manfaat rumput laut bagi kesehatan.

“Banyak banget health benefits dari seaweed,” tulis Tara dalam caption Instagram Stories miliknya.

Tara mencampurkan bubuk rumput laut dengan bahan lainnya yang di-blend menyatu menjadi smooties sehat yang dikonsumsi di pagi hari.

Kandungan Rumput Laut

Sebenarnya, rumput laut adalah bahan makanan yang bergizi dan ekonomis. Selain mengandung kandungan terbaik untuk kesehatan, rumput laut (terutama produk petani lokal) harganya lebih murah.

Jadi, saat kamu mengonsumsinya, kamu mendapat manfaat rumput laut untuk kesehatan sekaligus meyejahterakan petani rumput laut lokal Indonesia.

Masih kepo dengan kandungan baik rumput laut? Ini dia nutrisi yang terkandung di dalam rumput laut:

  • Karbohidrat
  • Serat Kasar
  • Air
  • Asam Amino
  • Asam Nukleat
  • Protein
  • Serat
  • Antioksidan
  • Vitamin A, B12, B6, C, D, E, dan K.
  • Magnesium
  • Mangan
  • Yodium
  • Kalium
  • Sodium
  • Folat
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Tembaga
  • Yodium

Perlu diketahui, mengonsumsi rumput laut harus tetap dalam batasan normal. Mengonsumsinya secara berlebihan berpotensi pada kelebihan yodium pada tubuh yang bisa memberi efek toksik.

Yakni menyebabkan tubuh mengidap gangguan auto imun yang menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit.

(Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan)
Manfaat Rumput Laut

Berikut ini beberapa manfaat rumput laut yang bisa menjadi pertimbanganmu agar mau mengonsumsi rumput laut.

1. Menangkal Radikal Bebas

Menangkal Radikal Bebas - Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Manfaat rumput laut yang pertama adalah penangkalan radikal bebas dengan kandungan antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan beragam vitamin lain.

Sel-sel yang rusak di dalam tubuh akan terbuang dan digantikan dengan produksi sel baru. Sehingga kamu akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan - Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Jenis rumput laut berwarna kecokelatan membantu proses metabolisme. Pembakaran lemak di dalam tubuh akan menjadi lebih maksimal, serta sistem pencernaan lebih lancar. Serat alginat pada rumput laut akan membuang zat racun di dalam tubuh melalui proses BAB yang lancar.

Nggak cuma itu, dengan mengonsumsi rumput laut, penyerapan lemak pada tubuh akan terhalang. Sehingga kamu bisa merasa kenyang tanpa ragu berat badan akan bertambah.

Saat diet, kamu bisa menjadikan rumput laut sebagai camilan yang dicampur ke dalam segelas kecil susu rendah lemak atau yogurt.

3. Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol - Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Kadar kolesterol jahat atau Low-density Lipoprotein (LDL) yang meningkat akan memicu timbulnya penyakit berbahaya. Nah, mengonsumsi rumput laut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat ini.

Sebaliknya, jumlah kolesterol baik atau High-density Lipoprotein (HDL) akan meningkat, dan memberikan manfaat untuk mencegah penyempitan pembuluh darah.

Hal ini terjadi berkat manfaat rumput laut dengan kandungan omega-3 asam lemak dalam jumlah yang tinggi.

4. Meningkatkan Stamina

Meningkatkan Stamina - Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Buat kamu yang memiliki kegiatan padat dan menguras energi, manfaat rumput laut yang satu ini bisa kamu ambil. Zat besi yang terkandung mampu mencegahmu dari rasa lesu dan lemah. Selain itu, tubuh akan menjadi lebih sehat, lebih kebal terhadap risiko penyebaran penyakit.

Untuk mengambil manfaat utuh, kamu bisa memasukkan rumput laut ke dalam ramuan jus sehat setiap pagi hari. Selain itu, kamu bisa memakan nasi dengan rumput laut sebagai lauk tambahan. Porsi semangkuk rumput laut masih aman dikonsumsi untukmencukupi kebutuhan zat besi.

(Baca Juga: Manfaat dan Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki)
5. Bikin Awet Muda

Bikin Awet Muda - Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Sebagian dari kamu pasti sudah mengetahui bahwa rumput laut dijadikan salah satu komposisi produk kosmetik dan skincare. Vitamin, antioksidan, asam amino, dan zat lainnya mampu memelihara kolagen di dalam kulit.

Efek dari manfaat rumput laut ini antara lain kulit akan terjaga kekenyalannya, tidak mudah keriput, mempertahankan kekencangannya, dan mempercepat proses regenerasi sel kulit mati dengan sel kulit baru.

6. Meningkatkan Kinerja Otak

Meningkatkan Kinerja Otak - Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Di dalam rumput laut, terdapat zat fucoidan, fucoxanthin, dan laminarin yang akan membentuk antioksidan kuat yang mampu meningkatkan kinerja dan daya ingat otak.

Konsumsi rumput laut sangat disarankan untuk mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit Parkinson (gangguan sistem syaraf pusat) dan Alzheimer. Kemudian, terdapat manfaat rumput laut lain yakni mengatasi inflamasi pada otak, menjaga kesehatan mental dan psikologis, serta membantu menjaga kesehatan sistem syaraf di dalam otak.

7. Melindungi Kesehatan Tulang dan Gigi

Melindungi Kesehatan Tulang dan Gigi - Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Manfaat rumput laut yang terakhir adalah melindungi kesehatan tulang. Sehingga kamu terhindar dari risiko penyakit yang berkaitan dengan kurangnya konsumsi kalsium, seperti osteoporosis misalnya.

Kadar kalsium sebanyak 60 miligram sebagai manfaat rumput laut juga baik untuk gigi. Cocok banget dikonsumsi sebagai sumber kalsium alternatif jika kamu tidak menyukai susu sapi atau susu kedelai.

Manfaat rumput laut kini bakal mudah kamu nikmati dengan berbagai resep yang tersedia di platform resep masakan online. Sedangkan untuk membelinya, sudah banyak petani rumput laut maupun perusahaan pengolah rumput laut yang menjual barang dagangannya secara online di berbagai aplikasi e-commerce.

Belanja online kini makin mudah dengan pembayaran kartu kredit yang memberikan banyak diskon menguntungkan. Yuk, miliki kartu kredit sesuai kebutuhanmu dengan cicilan ringan hanya melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast