12 Manfaat Sari Tebu yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah pada

Manfaat sari tebu rupanya sangat banyak. Kesehatan tubuh, kecantikan tubuh dan kulit akan terjaga jika kamu mengonsumsi sari air tebu secara rutin dengan takaran yang pas. Berikut ini daftar manfaat baiknya yag patut kamu ketahui.

Tebu adalah tanaman yang masuk ke dalam jenis rumput-rumputan berukuran besar. Nama ilmiah dari tebu ialah Saccharum officinarum L yang berasal dari famili Poaceae atau kelompok rumput-rumputan.

Bagian daun tebu memiliki sisi yang sedikit tajam untuk melindungi dirinya dari serangan hewan pengganggu atau hama. Sedangkan batangnya menjadi tempat menyimpan makanan cadangan.

Maka dari itu, bagian batang tebu menggembung dan mengandung cairan manis yang biasa disebut dengan sari atau air tebu murni.

Tanaman yang satu ini ternyata hanya bisa hidup di negara dengan iklim tropis. Di Indonesia, perkebunan tebu banyak ditemukan di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Pemanfaatan tebu yang populer adalah diambil sarinya, kemudian diolah menjadi gula kristal (gula pasir).

Rasa manis alami dari sari tebu membuatnya disukai semua orang.

Namun, sebagian orang juga mengonsumsi langsung batang tebu dengan cara dikunyah dan dihisap sarinya.

Sari tebu murni juga enak dikonsumsi menjadi minuman dingin dengan campuran es batu. Di beberapa daerah, minuman sari tebu banyak dijual oleh pedagang kaki lima dan berbagai tempat makan.

Kandungan Sari Tebu

Sebagai tanaman yang memiliki sari dengan rasa manis yang menggiurkan, kandungan gula sudah pasti ada di dalam setiap tetes sari tebu.

Untuk info selengkapnya, berikut zat-zat yang terkandung di dalam sari tebu:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Zinc
  • Magnesium
  • Mangan
  • Kalium
  • Serat pangan
  • Sukrosa
  • Fruktosa
  • Aneka vitamin
  • Antioksidan
  • Senyawa polifenol
  • Asam amino

(Baca Juga: 11 Manfaat Buah Pir yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh)

Manfaat Sari Tebu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tak hanya rasanya yang enak karena manis serta sensasi segar yang ditimbulkan, sari tebu juga memiliki sederet manfaat untuk tubuhmu.

Berikut ini daftar manfaat sari tebu yang harus kamu ketahui:

1. Menambah Stamina Tubuh

Manfaat sari tebu yang pertama adalah menambah stamina tubuh. Kandungan gula alami seperti sukrosa dan fruktosa lebih mudah diserap oleh tubuh.

Sehingga bisa segera menggantikan energi yang hilang setelah beraktifitas.

Maka dari itu, sari tebu cocok dijadikan minuman pemuas dahaga sekaligus pengganti energi yang hilang setelah melakukan aktifitas fisik berat atau saat berbuka puasa.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Aneka vitamin seperti vitamin C bisa memberikan manfaat sari tebu sebagai peningkat kualitas sistem kekebalan tubuh.

Saat musim penghujan seperti sekarang, kita rentan mengalami penurunan kekebalan tubuh karena suhu udara yang menurun. Akibatnya, berbagai penyakit lebih mudah menyerang tubuh.

Atasi kondisi ini dengan minum minuman sehat seperti sari tebu murni. Campuran bahan lain seperti perasan lemon atau sari jahe juga bisa diberikan untuk memberi efek minuman yang lebih berkhasiat.

3. Melawan Radikal Bebas

Setiap hari, kita terpapar oleh radikal bebas yang bersumber dari polusi udara, radiasi ion, asap rokok, sinar UV matahari, dan gaya hidup tak sehat yang membuat kerusakan pada jaringan DNA tubuh.

Paparan radikal bebas dalam jangka waktu yang lama akan menjadi pemicu timbulnya aneka penyakit berbahaya, mulai dari flu sampai kanker.

Manfaat sari tebu yang mengandung antioksidan mampu melawan radikal bebas, sehingga menjadikan tubuh lebih segar dan sehat.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selanjutnya, manfaat sari tebu juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ini karena sari tebu mengandung kalsium, zat besi, magnesium, dan mangan.

Asupan kalsium sangat penting bagi semua orang, terutama pada anak-anak yang sedang dalam usia pertumbuhan, ibu hamil, dan para lansia yang rentan terkena osteoporosis.

5. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh harus kita turunkan dengan makanan dan minuman sehat yang memberi efek nyata, salah satunya dengan minum sari tebu.

Konsumsi air tebu akan menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga risiko terserang penyakit jantung dan masalah pembuluh darah pun menurun.

Para orang dewasa dan lansia yang memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya wajib memasukkan sari tebu sebagai minuman yang rutin dikonsumsi.

6. Menstabilkan Tekanan Darah

Tak hanya kolesterol, tekanan darah juga bisa distabilkan dengan manfaat sari tebu.

Kalium berperan dalam mengendalikan tekanan darah, sehingga ketegangan pada pembuluh darah dapat berkurang secara bertahap.

Tekanan darah yang stabil dan dalam kategori normal akan mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan gangguan kesehatan pada pembuluh arteri.

7. Melancarkan Pencernaan

Saat kita meminum sari tebu, berbagai senyawa baik yang terkandung di dalamnya akan melakukan proses detoksifikasi alias pembuangan racun di dalam tubuh secara alami.

Tidak heran jika pencernaan akan lancar setelah meminum sari tebu, sehingga intensitas BAB akan lebih teratur. Manfaat sari tebu ini bukan hal sepele karena sangat menyehatkan tubuh.

8. Mengatasi Stres dan Masalah Sulit Tidur

Sari tebu juga memberi manfaat baik pada kesehatan psikis manusia.

Asam amino dapat mengandalikan kadar hormon stres yang kerap membuatmu merasa dalam tekanan, dan sulit tidur di malam hari.

Minum sari tebu hangat di malam hari bisa membantumu merasa lebih rileks dan pikiran pun lebih tenang, sehingga masalah stres berlebih dan sulit tidur bisa teratasi.

(Baca Juga: 6 Manfaat Mie Shirataki yang Rendah Kalori dan Baik untuk Kesehatan Tubuh)

9. Mengurangi Mual pada Ibu Hamil

Manfaat sari tebu yang satu ini tak boleh dilewatkan para ibu hamil, khususnya yang sedang berada pada usia kehamilan trimester pertama.

Gangguan morning sickness seperti mual dan muntah bisa teratasi dengan meminum sari tebu murni yang memberi efek detoksifikasi.

Saluran pencernaan akan dibersihkan secara meluruh, dan hormon penyebab mual bisa berkurang. Ibu hamil juga akan lebih bertenaga karena kandungan gula alami yang mudah diserap tubuh.

10. Mencegah Penuaan

Antioksidan yang terkandung juga memberikan manfaat sari tebu sebagai pecegah penuaan. Laju pertumbuhan kerutan-kerutan halus pada kulit bisa dicegah jika meminum sari tebu secara rutin.

Daripada kamu mengonsumsi obat-obatan atau skincare berbahan kimia secara berlebihan, lebih baik berikan selingan dengan rajin minum sari tebu.

11. Mengatasi Infeksi Kulit

Manfaat sari tebu untuk kesehatan kulit memang sangat bagus. Peradangan dan infeksi kulit akan dibersihkan oleh kandungan antioksidan.

Kulitmu akan lebih sehat, dan terkesan lebih terawat dengan cara yang alami.

Sehingga masalah kulit seperti jerawat, noda hitam, warna kulit yang tidak rata akibat paparan sinar matahari, ataupun alergi kulit bisa berkurang.

12. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat sari tebu yang terakhir ialah mampu menjaga kesehatan rambut.

Buat kamu yang memiliki masalah rambut rontok, bercabang, rusak karena styling, dan keluhan lainnya, sebaiknya segera meminum sari tebu.

Sebab, kerusakan rambut juga bisa disebabkan karena kualitas sistem kekebalan tubuh yang menurun serta kekurangan asupan antioksidan.

Dengan meminum sari tebu, maka pemenuhan atas senyawa-senyawa tersebut terpenuhi dan rambut akan menjadi lebih sehat serta kuat.

Aturan Minum Sari Tebu

Itulah pemaparan soal berbagai manfaat sari tebu yang harus kamu ketahui. Kamu bisa maksimal meminum segelas sari tebu murni setiap hari atau setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Kebutuhan glukosa setiap orang bisa saja berbeda-beda. Bagi penderita diabetes tipe 2, konsumsi sari tebu harus dikonsultasikan ke dokter ahli terlebih dulu.

Kemungkinan adanya efek samping dari minum sari tebu juga bisa saja terjadi pada sebagian orang, seperti keluhan sakit kepala, sakit perut, mual, dan lain-lain.

Jika kamu merasakan keluhan efek samping ini, sebaiknya hentikan konsumsi sari tebu dan periksakan kondisi kesehatanmu ke dokter.

Bagaimanapun juga, menjaga kesehatan sudah menjadi hal wajib yang kita lakukan agar bisa beraktifitas dengan nyaman.

Lindungi dirimu dan keluarga dengan memiliki jaminan layanan kesehatan yang diberikan asuransi kesehatan.

Sistem perbandingan canggih di CekAja.com akan membantumu mendapatkan rekomendasi produk asuransi terbaik dengan premi terjangkau.

Pengajuan asuransi dari berbagai merk terpercaya juga bisa dilakukan secara online. Kamu cukup mengisi data diri dalam formulir pengajuan online, dan membayar premi bulan pertama.

Seluruh transaksi pengajuan produk finansial di CekAja.com dijamin aman, karena CekAja.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Segera cek perbandingannya dan ajukan asuransi kesehatan hanya lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah